Sunday, June 4, 2017

Cara Membuat Soto Ayam ala Mama 2R

Cara Bikin Soto Ayam ala Mama 2R

Alhamdulillah sudah bulan Ramadan lagi (sudah dari minggu lalu, Buuuu he he). Ramadan tahun ini sudah pasti ada yang berbeda. Biasanya saya dan ibu membuat hidangan sahur dan berbuka bersama, tapi tahun ini saya masak sendiri karena ibu sedang dalam pemulihan pasca stroke. 

Salah satu masakan ibu yang menjadi favorit saya adalah soto ayam. Saya bisa khilaf deh kalau makan soto ayam buatan ibu. Apalagi kalau ditambah sambal cabe rawit yang pedas. Makan soto ayamnya jadi nambah deh. 


Hari Jumat 26 Mei lalu akhirnya sayapun membuat soto ayam untuk menu sahur. Enak kan kalau sahur makan soto ayam yang berkuah hangat. Cara bikin soto ayam ini tidak susah. Apalagi kalau sudah punya stok bumbu kuning di kulkas. Mau resep bumbu kuningnya? Sekalian deh ya saya tulis di postingan ini.



Bumbu Kuning ala Mama 2R

Bahan:

1. 20 siung bawang merah.
2. 20 siung bawang putih.
3. 3 cm lengkuas.
4. 6 cm jahe.
5. 6 cm kunyit.
6. 2 batang serai.
7. 1 sdm lada bubuk.
8. 1 sdm ketumbar.
9. Air secukupnya.
10. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat:

1. Iris bahan no 1 s.d 6.
2. Blender bawang merah dan bawang putih dengan sedikit air hingga halus, sisihkan.
3. Blender lengkuas, jahe, kunyit, dan serai dengan sedikit air hingga halus, sisihkan.
4. Campur bahan yang dihaluskan dengan lada bubuk dan ketumbar.
5. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu hingga air berkurang.
6. Dinginkan dan simpan dalam botol kaca.

Baca: Resep Sayur Lodeh Tahu Tempe.


Nah sekarang mari simak resep dan cara membuat soto ayamnya.

Soto Ayam ala Mama 2R

1. 4 sdm bumbu kuning.
2. 1.250 ml air.
3. 250 gram ayam (saya pakai fillet dada ayam), rebus sebentar, buang air rebusan pertamanya.
4. Soun secukupnya, rendam sebentar dalam air mendidih hingga lunak, tiriskan.
5. Kol diiris tipis, rendam sebentar dalam air mendidih, tiriskan.
6. Tauge pendek, rendam sebentar dalam air mendidih, tiriskan.
7. 2 sdt garam halus.
8. 1 sdm gula pasir.
9. 1 sachet kaldu jamur.
10. Bawang goreng secukupnya.
11. Irisan daun bawang dan daun seledri.
12. Cabe rawit secukupnya.
13. Kerupuk dan kecap untuk pelengkap.
14. Minyak untuk menggoreng.
15. Cabe rawit secukupnya, rebus dan haluskan.
16. 2 lembar daun salam.
17. 3 lembar daun jeruk.

Baca: Resep Kwetiaw Goreng.

Cara membuat:

1. Rebus ayam dengan 1.250 ml air, 4 sdm bumbu kuning, daun salam, dan daun jeruk hingga mendidih.
2. Tambahkan garam halus, gula pasir, dan kaldu jamur, rebus lagi sebentar.
3. Matikan api, koreksi rasa apakah sudah sesuai selera.
4. Angkat ayam, goreng, angkat, dan suwir-suwir.
5. Siapkan mangkuk, beri isian soun, kol, dan tauge.
6. Siram dengan kuah soto.
7. Beri suwiran ayam goreng, irisan daun bawang dan daun seledri, serta bawang goreng.
8. Terakhir tambahkan kerupuk.
9. Sajikan dengan kecap manis dan sambal rawit.

Catatan: untuk membuat sambalnya, cabe rawit yang sudah dihaluskan diberi sedikit garam lalu diencerkan dengan kuah soto secukupnya.

Itu dia cara bikin soto ayam ala Mama Rayyaan dan Razqa. Supaya lebih mudah membuatnya selalu buat bumbu kuning dalam jumlah agak banyak. Sisanya bisa disimpan di dalam kulkas. Bisa untuk membuat soto ayam lagi, bisa digunakan untuk mengungkep tahu dan tempe. Selain itu saya gunakan fillet ayam supaya supaya lebih praktis. 

Kita juga bisa membuat soto ayamnya pada sore hari sebelum berbuka puasa. Siapkan soun, kol, dan tauge dalam jumlah agak banyak (untuk dua kali makan, makan malam dan sahur) dan simpan sebagian di dalam kulkas. Jadi saat sahur kita tinggal menghangatkan kuahnya saja. Seperti pagi ini nih, saya telat bangunnya hehe. Untung masih punya soun, kol, dan tauge. Tinggal panaskan saja kuahnya. Ayamnya lupa disuwir hihi, jadi makan soto ayamnya sekalian sama ayam goreng deh.

Oh iya, Eyangtinya anak-anak juga ikut makan soto ayamnya lho. Jadi sebagian kuah saya sisihkan dulu sebelum diberi garam, gula, dan bubuk kaldu jamur. Begitu pula dengan ayamnya. Jadi Eyangti bisa menikmati soto ayam meski tanpa garam.






11 comments:

  1. aku suka banget soto...bisa nyobain nih pas puasa gini

    ReplyDelete
  2. Rasanya kok bikin ngiker dan lapar 😷

    ReplyDelete
  3. Soto favorit saya banget. Emang enak makan yg berkuah2 gini saat buka atau sahur ya mbak :-)

    ReplyDelete
  4. Wah ada resepnya. Aku biasanya beli Soto ayam ini. Anakku yang ketiga dan keempat sangat suka. Kalo makan bisa nambah berkali2. Nyobain ah. Semoga rasanya bisa kayak Soto ayam langgananku. :D

    ReplyDelete
  5. Wah ini nih, kananan yang paling saya suka :-)

    ReplyDelete
  6. ngebacanya bkin ingat masa di asrama dlu mbak...apalagi nambah ilmu buat bikinnya... :D

    ReplyDelete
  7. Wah asyik ya ini bumbunya bisa disimpan. Serai dan segala macemnya ikut diblender juga. Jadi bisa untuk ungkepan bumbu kuning lainnya. Penggunaan bawang yang banyak yang bikin kuahnya berasa ya, Mba :D

    ReplyDelete
  8. Kyaaaaaaaa soto ayam... enak banget maaaak, seger lagi dikasih perasan jeruk purut dan ditambah ceker 2 biji.. wkwkwkwk.. pas banget makan panas2 yaaa..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  9. Soto ayam menu berkuah yang seger banget bila disantap saat berbuka puasa...

    ReplyDelete
  10. Mbaaakk Kayaknya enak...mau coba resepnya yaaak :)

    ReplyDelete
  11. Kuahnya itu nggak nahan liatnya mbk Heni, Bener2 godaan puasa nih..

    Salam kenal dari Bengkulu mbk.
    Blog mbk sudah saya Follow, ditunggu Follbacknya ya mbk. Heee

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29