Tuesday, June 26, 2018

Cara Masak Ketupat dengan Mudah dan Praktis


Salah satu hidangan yang biasanya wajib terhidang saat Idul Fitri adalah ketupat. Memasak ketupat memang butuh waktu lama. Namun kini ada cara masak ketupat dengan mudah dan praktis yang bisa kita terapkan.

Oh iya, sebelumnya saya ucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H dulu ya. Taqobbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir batin dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadhan dan Idul Fitri di tahun berikutnya. Bagaimana suasana Idul Fitri di tempat tinggal atau kampung halaman teman-teman semua? Pasti meriah dan menyenangkan ya. Termasuk saat berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan spesial di hari raya.

Ngomong-ngomong soal hidangan spesial, tahun ini saya dan ibu memutuskan untuk tidak memasak sendiri aneka hidangan seperti rendang, semur ayam, ayam goreng, dan sambal kentangnya. Kenapa? Alasan utamanya ya karena nggak mau repot he he. Soalnya suasana pasar menjelang Idul Fitri itu luar biasa ramainya. Jadi sayapun minta tolong ke kenalan keluarga kami untuk membeli bahan makanan di pasar sekaligus memasaknya. 

Memasaknya sih tetap di rumah kami dan alhamdulillah cukup setengah hari saja sudah beres urusan belanja, masak, plus membereskan peralatan masaknya. Aman sudah menu untuk hari raya.

Eh tapi kalau mau mencicipi makanannya setelah waktu berbuka puasa, belum ada ketupatnya nih. Makan rendang dan teman-temannya itu paling pas pakai ketupat, iya kaaan? Tapi masak ketupat kan butuh waktu lama. Berapa lama merebus ketupat dengan kompor gas? Pasti bikin gas cepat habis deh karena lama.

Sementara memasak ketupat dengan tungku dan kayu bakar juga butuh persiapan ekstra. Cara memasak ketupat dengan panci presto? Ngg saya juga nggak paham karena nggak punya pancinya he he. Ada nggak ya cara masak ketupat dengan mudah dan praktis tapi menghasilkan ketupat yang empuk, enak, dan tahan lama?

Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Ada dong! Kalau yang dimasak adalah Pat-Pat Ketupat Mini K-Link, kita bisa hemat waktu, tenaga, juga gas. Nah karena semua kompor di rumah sedang dipakai untuk memasak rendang dan kawan-kawannya, sayapun mencoba cara lain untuk memasak ketupatnya.

Kantung kemasan ketupat mini.

Cara Masak Ketupat dengan Magic Com


1. Buka kotak kemasan Pat-Pat Ketupat Mini K-Link dan buka plastik kemasannya, ada 20 bungkus ketupat mini di dalamnya.
2. Cuci bersih bungkus ketupat mini dengan air mengalir.
3. Masukkan ketupat mini ke dalam panci magic com, isi panci dengan air hingga ketupat mini terendam.
4. Beri selembar daun pandan yang sudah dicuci bersih.
5. Nyalakan magic com, masak ketupat selama 60 s.d 90 menit.
6. Matikan magic com, angkat ketupat, dan tiriskan.
7. Tunggu hingga ketupat agak dingin untuk membuka bungkusnya.
8. Sajikan dengan aneka hidangan khas hari raya seperti rendang atau opor ayam.

Cara masak ketupat dengan magic com.


Keunggulan Pat-Pat Ketupat Mini K-Link


Setelah dielus-elus bungkusnya, dimasak, dan dicobain, saya mau berbagi review tentang produk ketupat mini ini ah. Ada beberapa keunggulan dari ketupat mini K-Link ini ditinjau dari berbagai segi (wuih bahasannya he he):

1. Kemasan Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Kotak kemasannya hijau khas warna ketupat. Cocok juga untuk dijadikan isi parcel Lebaran baik untuk teman, kerabat, dan keluarga. Ketupat mini didalamnya dikemas lagi dengan plastik kedap udara sehingga lebih higienis dan aman dari kebocoran atau kerusakan termasuk jika kita ingin mengirimnya lewat kurir. Satu kemasan berisi 20 kantong ketupat mini yang masing-masing isinya 20 gram beras pulen. 

2. Keamanan Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Dalam hal merebus makanan dengan plastik ibu-ibu selalu concern dengan keamanannya. Karena nggak semua plastik cocok dipakai untuk memasak makanan. Dikhawatirkan ada komponen plastiknya yang terurai saat dipanaskan, lalu masuk ke makanan, dan ikut termakan serta bisa mengganggu kesehatan. Namun plastik yang digunakan untuk ketupat mini K-Link ini adalah plastik food grade dan BPA free yang sudah teruji aman dipakai untuk merebus ketupatnya.

Pat-Pat Ketupat Mini K-Link setelah matang.

3. Pat-Pat Ketupat Mini K-Link Praktis

Praktisnya ketupat mini ini karena kita nggak perlu repot menakar berasnya. Waktu memasak ketupat mini K-Link hanya 60 s.d 90 menit. Bisa dimasak dengan kompor, panci presto, rice cooker, juga magic com seperti yang saya coba. Saat saya cek di menit ke 60, ketupatnya juga sudah matang. 

Plastiknya juga mudah dibuka saat ketupat sudah agak dingin. Nggak perlu dipotong lagi dengan pisau, tinggal diletakkan di piring, potong dengan pisau, dan dimakan dengan rendang he he.

4. Rasa, Aroma, dan Teksur Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Setelah memasak ketupat, sampailah kita ke bagian yang paling menyenangkan yaitu makan ketupatnya he he. Ketupat Mini K-Link terbuat dari beras yang pulen. Setelah dimasak, jadilah ketupat yang empuk dan enak. Penambahan daun pandan saat merebusnya juga bisa membuat ketupatnya lebih wangi. Razqa juga doyan lho ketupat ini, karena memang empuknya pas. Nggak terlalu lembek dan nggak terlalu padat. Rasanya ada sedikiiiit asin-asinnya karena sesuai info di kemasan memang ketupat mini ini komposisinya terbuat dari beras dan garam.

5. Keawetan Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Kalau belum dimasak, produk ini tahan sampai 3 tahun setelah produksi (cek tanggal kadaluarsanya ya). Tapi ketupat mini ini free dari bahan pengawet lho. Kalau sudah dimasak, bisa tahan hingga 1 bulan asal disimpan di dalam kulkas. Saat ingin dimakan, kita tinggal merendamnya dalam air panas selama beberapa menit. 

Kalau di suhu ruang bagaimana? Saya sengaja menyisakan 1 buah dan ternyata dua hari kemudian ketupatnya masih bagus dengan catatan bungkusnya belum dibuka ya.

Nikmat disantap dengan kerupuk dan rendang.

6. Harga Pat-Pat Ketupat Mini K-Link

Ada yang nyaris lupa ditulis nih, padahal penting juga terutama buat para ibu, yaitu harga produknya he he. Harga ketupat ini terjangkau sekali yaitu Rp 30.000 per kotak isi 20 ketupat mini. Kalau saya kira-kira, 20 bungkus ketupat mini ini sama dengan 10 ketupat biasa ukuran normal yang harganya Rp 3.500 - Rp 4.000 per buah kalau di Bandar Lampung. 

Bisa lebih murah lagi lho kalau kita jadi member K-Link karena dapat diskon 20% untuk setiap pembelian produknya. Eh harganya bisa lebih murah ya dibanding membeli ketupat jadi he he. Yang ingin menjadi member K-Link dan mendapatkan diskon untuk pembelian semua produknya bisa mengisi form ini.

Cara masak ketupat dengan mudah dan praktis
pakai ketupat mini K-Link.

Pat-Pat Ketupat Mini K-Link, Recommended Nggak?

Kalau dari ulasan saya di atas sudah bisa nebak dong ya kira-kira recommended atau nggak. Ya pasti recommended dong. Saya pribadi punya pengalaman merayakan hari raya di perantauan. Bukan Idul Fitri sih, tapi Idul Adha. Meski jauh dari keluarga kan tetap pengen menyantap hidangan yang spesial. Waktu itu saya bikin lontong pakai plastik dan merebusnya di panci. 

Ya lumayan lama gitu deh plus honestly agak deg degan juga soal plastiknya hi hi. Kalau sudah tau ada produk ini ya lebih baik beli ketupat mini K-Link ini laah. Tinggal dimasak pakai magic com sudah dapat ketupat yang enak, empuk, dan tahan lama. Nah buat Idul Adha nanti saya sudah punya solusinya kalau mau cara masak ketupat dengan mudah dan praktis. Beli Pat-Pat Ketupat Mini K-Link aja trus dimasak pakai magic com he he. Man-teman cobain juga ya!

2 comments:

  1. simple banget iniii.. masak ketupat kan luamaa bisa seharian, hihihi, ngerebus nya aja harus berjam-jam

    ReplyDelete
  2. Praktiiiisssss.
    Harganya jg terjangkau di kantong. Sm lah yah seperti harga ketupat pd umumnya.
    Boleh2 nih. Mksih sharenya ya mbk

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29