Menu Buka Puasa Praktis, Resep So Good Chicken Karage Saus Asam Manis

Menu Buka Puasa Praktis,
Resep So Good Chicken Karage Saus Asam Manis

Ramadhan tahun 2018 ini terasa lebih spesial dibanding tahun lalu. Pertama karena alhamdulillah ibu saya sudah jauh lebih sehat setelah April 2017 terkena stroke. Selain itu anak-anak terutama Rayyaan juga sehat dan sudah mulai belajar berpuasa. Tahun lalu kurang lebih sebulan sebelum Ramadhan kan Rayyaan sempat dirawat di rumah sakit. Aah sedih deh kalau diingat-ingat. Makanya saya bersyukur banget tahun ini keluarga saya sehat semua, termasuk Razqa yang makin lincah dan suka menjelajah kemana-mana.

Beribadah di bulan puasa dengan masih harus momong dua anak laki-laki yang aktif terus terang lumayan membuat energi terkuras he he. Karena itu kalau memasak menu buka puasa atau menu sahur ya sebisanya aja deh. Kalau masak yang praktis-praktis aja jadi lebih hemat energi dan waktu. Kadang-kadang saya memanfaatkan frozen food untuk diolah menjadi menu buka puasa praktis. Frozen food merk apa nih? Ya So Good dong. So Good Chicken Nugget Stick yang original itu favoritnya Rayyaan banget. Kalau saya lebih suka So Good Chicken Karage. 

Sebelumnya saya cerita sedikit ya tentang karage. Karage adalah teknik memasak ala Jepang. Bahan makanan seperti ayam dibumbui lalu dibalur tepung terigu atau tepung kentang dan digoreng dalam minyak goreng yang banyak. Oooh jadi chicken karage itu ayam goreng tepung ya? Iyaaa!


Eh Rayyaan juga suka dengan chicken karage ini. Tapi kalau si kakak lebih suka yang digoreng begitu aja, saya lebih suka kalau chicken karagenya diolah lagi. Jadi apaan? Jadi Menu Buka Puasa Praktis, Resep So Good Chicken Karage Saus Asam Manis. Simak resepnya yaaa!

So Good Chicken Karage Saus Asam Manis


Bahan:

1. 1 pack So Good Chicken Karage (kemasan 400 gram).
2. 1/2 bagian nanas madu, potong kecil-kecil.
3. 1 buah tomat, buang bijinya, iris-iris.
4. 1/2 bagian bawang bombay, iris-iris.
5. Minyak untuk menumis dan menggoreng.

Bahan Saus:

1. 5 sdm sambal Bangkok.
2. 2 sdm saus sambal.
3. 2 sdm saus tomat.
4. 2 sdm kecap manis.
5. 2 sdm gula pasir.
6. 50 ml air.
7. 2 sdm bumbu dasar putih, atau haluskan 2 siung bawang putih dan 2 siung bawang merah.
8. 1 sdm tepung maizena, encerkan dengan air.


Cara Membuat:

1. Goreng So Good Chicken Karage hingga matang dan berwarna kecokelatan, angkat, dan tiriskan.
2. Campur semua bahan saus kecuali air, bawang yang dihaluskan, dan tepung maizena.
3. Tumis bawang yang dihaluskan serta bawang bombay hingga harum.
4. Masukkan campuran saus, tambahkan air, masak hingga saus meletup sambil terus diaduk-aduk.
5. Masukkan potongan nanas dan tomat, masak hingga nanas matang.
6. Masukkan So Good Chicken Karage yang sudah digoreng, aduk rata.
7. Tambahkan maizena yang sudah diencerkan hingga saus terlihat lebih kental, aduk rata.
8. Angkat dan sajikan.

Saya suka banget ayam goreng tepung yang dicampur saus asam manis. Pernah makan masakan serupa di sebuah restoran, trus jadi pengen bikin sendiri di rumah. Pas masak menu ini buat keluarga besar, adik saya bilang "Wah kayak masakan di restoran lho, Mbak." Wuiihihi senengnyah. Tapi memang memasaknya butuh waktu. Soalnya fillet ayamnya harus dipotong-potong dan direndam bumbu. Sambil menunggu bumbu meresap, saya harus meracik campuran tepung. Lalu potongan daging ayamnya dibalur tepung dan digoreng.


Praktisnya So Good Chicken Karage


Kalau pakai So Good Chicken Karage gimana? Ya lebih praktis. Daging ayamnya kan sudah dibalur tepung. Tinggal buka kemasannya trus goreng ayamnya. No potong-potong dulu, nggak perlu racik tepung dan bumbu, nggak perlu membalur daging ayam dengan tepung. Praktis, hemat waktu, dan energi. Cucian peralatan bekas masak juga berkurang. 

Rasa dan Tekstur So Good Chicken Karage


Meracik tepung dan bumbu sendiri memang membuat kita lebih leluasa menentukan mau segurih apa sih ayamnya? Kalau membeli produk frozen food kadang ada rasa khawatir rasanya teralu asin atau terlalu gurih hingga memberikan after taste yang nggak enak di lidah dan kerongkongan.

Tapi kalau menggunakan produk siap masak dari So Good saya nggak perlu khawatir dengan rasanya. Chicken nugget favoritnya Rayyaan aja rasanya pas. Bumbunya nggak terlalu berlebihan. Nggak terlalu asin dan nggak terlalu gurih. Demikian juga dengan So Good Chicken Karage ini. Rasanya pas nikmaaat!

Menu Buka Puasa Praktis,
Resep So Good Chicken Karage Saus Asam Manis

Buat yang takut So Good Chicken Karage nggak krispi saat digoreng. Enyahkan ketakutan Anda! Karena tanpa perlu repot-repot racik tepung dan bumbu plus tanpa mengotori tangan dengan adonan tepung, kita sudah bisa dapat ayam goreng tepung yang krispi kriuk-kriuk. Tinggal digoreng aja sampai ayamnya matang dan berwarna kecokelatan. Sengaja saya sisihkan juga beberapa potong untuk Rayyaan, si kakak suka banget!

Mengolah So Good Chicken Karage dengan Saus Asam Manis


Trus gimana kalau si chicken karage ini sudah diolah dengan saus asam manis? Tambah enak dong. Sebenarnya cukup pakai campuran aneka saus aja sudah enak, tapi dengan tambahan tomat dan nanas rasanya jadi lebih spesial. Eh, apa ayam goreng tepungnya nggak jadi lembek ya kalau kena saus?

Asal penggunaan airnya nggak terlalu berlebihan (50 ml saja cukup) dan kita tambahkan tepung maizena yang sudah diencerkan ke sausnya, sauspun akan jadi lebih kental. Jadi chicken karagenya akan terbalut saus tanpa menjadikannya mudah lembek. Oke punya deh So Good Chicken Karage ini kalau dimasak dengan saus asam manis apalagi yang spesial pakai potongan nanas dan tomat.


Nggak butuh waktu lama, So Good Chicken Karage Saus Asam Manis sudah terhidang di meja dan si Papa juga suka. Nggak butuh waktu lama, menu buka puasa inipun ludes juga he he. Oh iya selain Chicken Karage, So Good juga punya Fish Karage. Bisa juga nih dimasak pakai saus asam manis. Selain itu ada juga aneka produk siap masak lain seperti So Good Bakso Kuah Sapi, Sausage Premium Original, Ebi Katsu, Chicken Nugget, dan lain-lain.

Pastinya halal semua ya karena sudah ada serifikat dari MUI jadi umat Muslim nggak perlu khawatir mengonsumsi produk ini. Aah jadi pengen berkreasi dengan produk So Good siap masak yang lain. teman-teman ada yang punya ide? 

2 comments on "Menu Buka Puasa Praktis, Resep So Good Chicken Karage Saus Asam Manis"
  1. Saus ini emang andalan banget untuk berbagai jenis olahan. Mau ikan, daging, nugget atau karage, mantab mantab aja diguyur pakai saus asam manis. Tapi kalau pakai So Good pastinya lebih praktis ya, Mbak. JAdi pengin coba

    ReplyDelete
  2. Wuiih ... menarik untuk dicoba resepnya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9