Sunday, August 7, 2016

Resep Kwetiaw Goreng

Resep Kwetiaw Goreng.

Dalam waktu dua minggu ini sudah tiga kali saya mendadak kepengen makan kwetiaw goreng. Belinya di salah satu restoran cepat saji. Harganya memang lebih mahal sih dibanding harga kwetiaw goreng di warung tenda. Tapi rasanya memang kebetulan lebih enak dibanding rasa kwetiaw goreng di warung-warung tenda terdekat. Porsinya juga lumayan banyak. Pernah saya makan kwetiaw goreng sepiring berdua suami. Takut kekenyangan. Tapi lama-lama pengen juga memasak kwetiaw goreng sendiri. Sudah lama sekali nggak pernah memasak menu yang satu ini.


Jadi dua hari lalu saat berbelanja saya nggak mau tergoda mampir ke restoran cepat saji itu. Langsung ke atas aja untuk beli bahan ini itu. Awalnya saya ingin membeli kwetiaw dalam bentuk kering. Tapi dengan berbagai pertimbangan saya pilih kwetiaw basah saja. Per bungkus harganya sekitar Rp 5.000an dan beratnya sekitar 150 gram. Selain kwetiaw basah bahan lain yang saya beli adalah sawi , bakso sapi, dan telur. Untuk bahan-bahan lain masih tersedia di rumah. Ini dia resep yang saya gunakan:

Baca: Resep Crispy Onion Rings Gurih yang Bikin Nagih.

Bahan:

1. 150 gram kwetiaw basah.
2. 10 buah bakso sapi, diiris.
3. 2 butir telur.
4. 1 ikat sawi, potong, cuci, tiriskan.
5. 50 gram tauge, cuci, tiriskan.
7. Bawang goreng.
8. 5 sdm minyak goreng.

Bahan yang dihaluskan:

1. 3 siung bawang putih.
2. 2 butir kemiri sangrai.
3. 1/2 sdt merica (mau pakai yang bubuk juga bisa).

Bumbu lain:

1. 1/2 sdt garam halus.
2. 5 sdm kecap manis.
3. 1/2 sdm minyak wijen.
4. 1 sachet saus tomat.
5. 1/2 sdm saus tiram.

Baca: Resep Sambal Dadak.

Kwetiaw goreng untuk makan malam (dengan suwiran ayam).

Cara membuat:

1. Pertama kali saya memotong, mencuci, dan meniriskan sayurannya dulu supaya kwetiaw gorengnya tidak basah dan lembek karena sayurannya masih terlalu basah.
2. Haluskan bawang putih, merica, dan kemiri, sisihkan.
3. Rebus kwetiaw sebentar dalam air mendidih (saya tambahkan sedikit minyak goreng saat merebus), karena kwetiaw basah biasanya masih menempel satu sama lain, jangan merebus terlalu lembek ya, lalu tiriskan.
4. Buat telur orak-arik tapi tak perlu sampai matang, sisihkan.
5. Iris-iris baksonya, sisihkan.
6. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bakso, masak hingga matang,
7. Masukkan garam halus, kecap manis, minyak wijen, saus tomat, dan saus tiram.
8. Masukkan sawi dan telur orak-arik, masak hingga sawi setengah matang.
9. Masukkan kwetiaw, aduk sebentar hingga bumbu tercampur rata.
10. Masukkan tauge, aduk-aduk, dan masak hingga matang.
11. Angkat kwetiaw, sajikan dalam piring atau mangkuk, beli taburan bawang goreng.
12. Sajikan dengan sambal ulek cabe rawit dan acar timun.

Baca: Resep Roti Sayur Ikan.

Acar timun.

Kalau mau saat memasak kita juga bisa menambahkan suwiran daging ayam. Kebetulan nih masih punya dua potong ayam goreng jadi saya tambahkan deh saat memasak kwetiaw pada malam hari. Menambahkan beberapa ekor udang kupas atau irisan cumi juga pasti membuat kwetiawnya makin enak (menambahkan ayam atau udangnya bersamaan dengan memasukkan bakso). Jadi kwetiaw goreng seafood deh. 

Sambal super pedas.

Selain itu, kwetiaw goreng ini kalau ditaburi kerupuk juga enak. Tapi jangan lupa acar timun dan sambelnya ya. Sambelnya sengaja saya buat dari cabe yang warnanya sama dengan warna sambal di restoran cepat saji itu. Cuma bedanya di tempat itu cabenya dihaluskan lalu diberi air yang banyak. Sementara saya hanya merebus cabenya sebentar lalu saya ulek dengan sedikit garam halus. Dengan sambal seuprit saja sudah pedas sekali deh he he. Untuk acar timunnya saya buat yang mudah saja. Dengan dua buah timun dipotong, lalu siapkan sedikit air gula plus 1 sdm cuka makan. Acarnya lebih asam dibanding acar yang biasa dibuat ibu saya. Lagi-lagi mau meniru yang di restoran 'S' itu. Kombinasi acar timun yang asam terasa pas dengan bumbu kwetiaw gorengnya, jadi ada seger-segernya.

Baca: Resep Homemade Burger Patty.

Kwetiaw goreng untuk sarapan (tanpa suwiran ayam). Sarapan berat nih he he.

14 comments:

  1. enakkk banget...... mau nyobain resepnya..

    ReplyDelete
  2. Akkkkk...jadi makin pengin cepet sehat dan makan beginiaaaan. catet, ah.

    ReplyDelete
  3. duuh kwetiaw, salah satu makanan favorit saya :D
    boleh dicoba juga nih resepnya :D hihihi
    thanks mbak

    ReplyDelete
  4. Enak nihh, saya minta ya .. hehe

    ReplyDelete
  5. Ya ampuuuun mba e.... baru liat fotonya aja aku udh kriuk2 -__-.. coba bsk pagi minta si mbak ART bikin ini ah... kalo kwetiau aku lbh suka sambelnya itu dr cabe rawit yg dipotong2 ;p.. biar kegigit mantep gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau cabe rawitnya macam yang di foto itu aku nggak berani Mbak. Klo kegigit dalam bentuk aslinya bisa bikin berlinang air mata hi hi.

      Delete
  6. keliahatannya mudah Mba, nanti tak coba di rumah ah..makasih resepnya Mba :)

    ReplyDelete
  7. Suka banget sama kwetiau. Kadang saya kasih sea food.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29