Sunday, April 10, 2016

Resep Roti Sayur Ikan

Roti Sayur Ikan.

Lagi pengen ngotak-ngatik roti tawar, diapain yah biar nggak cuma dipanggang trus dikasi meises aja. Pengen yang ada sayur-sayurnya gitu tapi bukan dibuat sandwich yang pakai selada, dan kawan-kawannnya. Akhirnya jadi bikin Roti Sayur Ikan, lumayan banget buat ngganjal perut di pagi hari. 



Bahan: 

1. 4 lembar roti tawar.
2. 1/4 bagian bawang bombay, cincang kasar.
3. 1 sdm terigu, larutkan dengan air.
4. 50 ml air.
5. 1 buah wortel, potong dadu kecil.
6. 10 batang buncis, potong kecil-kecil.
7. 100 gram fillet ikan dori, potong dadu kecil.
8. 1 sdt garam halus.
9. 1 sdt gula pasir.
10. 1 sdt merica halus.
11. Minyak sayur secukupnya.
12. 1 sdm bumbu inti putih (baca resepnya di Masak Praktis dan Cepat dengan Bumbu Inti).

Baca: Resep Homemade Burger Patty.


Bahan celupan:

1. 2 butir telur, kocok lepas.
2. Tepung panir secukupnya.

Baca: Resep Tteokbokki (Korean Spicy Rice Cake).

Cara membuat:

1. Rebus wortel dan buncis yang telah dipotong-potong hingga setengah matang, angkat dan tiriskan.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu inti putih dan bawang bombay hingga harum.
3. Masukkan ikan dori, masak hingga berubah warna.
4. Masukkan sayur dan air, masak hingga sayur empuk.
5. Masukkan larutan tepung, garam, gula, dan merica.
6. Aduk terus hingga larutan tepungnya mengental dan matang.
7. Angkat dan dinginkan.
8. Olesi sepotong roti dengan campuran sayur dan ikan, tutup dengan selembar roti lain.
9. Potong roti secara diagonal menjadi 4 bagian.
10. Celupkan dalam kocokan telur, balur dengan tepung panir, diamkan sebentar.
11. Goreng dengan minyak di atas api sedang hingga roti menjadi kuning kecoklatan.
12. Kalau masih ada sisa campuran sayur-ikan, simpan dalam kulkas dan bisa digunakan keesokan harinya setelah didiamkan sejam sebelum membuat Roti Sayur Ikan lagi.

Baca: Tips dan Resep Membuat Bakso Ayam Kenyal.


4 comments:

  1. Asyiik nih. Bisa jadi salah satu ide bekal buat anak :)

    ReplyDelete
  2. Ihhh gampang banget #sok hahaha cobain ah makasih mak resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe tapi emang lumayan simpel kok bikinnya

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29