Wednesday, September 28, 2016

Cara Mengganti Alamat Postingan/URL di Blogspot

Cara Mengganti Alamat Postingan/URL di Blogspot
Credit pic: Freepik.com

Kemana aja ya saya selama ini? Baru tau kalau alamat postingan/URL di blogspot itu bisa diganti pas ngobrol-ngobrol dengan sesama member Tapis Blogger hari Minggu lalu. Selama ini memang sering merasa sayang karena URL postingan di blogspot itu hanya terdiri atas beberapa kata saja, tidak sama dengan judul alias seperti terpotong gitu deh. Misalnya nih, postingan saya yang berjudul 7 Tips Merencanakan Liburan Akhir Tahun Nyaman dan Ceria Bersama Anak, kalau dicek URLnya hanya http://www.henipuspita.net/2016/09/7-tips-merencanakan-liburan-akhir-tahun.html Padahal URLnya bisa dibuat lebih panjang dengan kata-kata sesuai judulnya lho. Caranya bagaimana?


Saya beri contoh saat saya membuat postingan untuk Dapur Imut ya. Nah kalau saat membuat postingan untuk blog yang satu ini, saya maunya URLnya mengandung kata 'resep', tapi untuk judulnya sendiri jangan ada kata resepnya. Semacam bosan aja gitu kalau semua postingan diawali dengan kata 'resep' he he. Lagi-lagi ini juga bisa diakali dengan mengganti alamat postingan/URLnya. Simak caranya yuk.

1. Pertama tentu buat dulu isi postingannya ya, lihat nih saya juga sudah menulis judulnya.



2. Setelah itu lihat ke sisi kanan postingan, di opsi 'Tautan Permanen' pilih 'Tautan Permanen Khusus', sebelum diubah isinya masih sesuai dengan judul yang saya tulis.


3.Sekarang edit sesuai URL yang kita inginkan. 



4. Setelah pengaturan kita simpan dan postingannya kita publikasikan, lihat deh linknya, sudah sesuai yang diinginkan.


Ada contoh lainnya nih, di postingan saya yang berjudul 3 Tips Sederhana yang Bisa Diterapkan Saat Memotret Makanan aslinya linknya tidak sepanjang ini lho http://www.henipuspita.net/2016/09/3-tips-sederhana-yang-bisa-diterapkan-saat-memotret-makanan.html tapi sebelum postingan saya publikasikan, saya ganti dulualamat postingan/URLnya dengan menggunakan cara seperti di atas. URL untuk postingan tips ini juga saya ganti dulu lho sebelumnya.



Apakah kalau postingan sudah dipublikasikan, alamat postingan/URLnya bisa diganti? Sayangnya tidak. Jadi kalau ingin mengganti alamat postingan/URL di blogspot lakukan sebelum mempublikasikan postingannya ya. Semoga infonya bermanfaat.

13 comments:

  1. nice inpo mbak, penting buat males ngeblog kyk saya...

    ReplyDelete
  2. Waaah berguna banget nih infonya buat aku yg gaptek hihhi. Thank you mba, aku simpen nih :)

    ReplyDelete
  3. Wah, ternyata begitu ya. Saya juga baru tahu lho mba kalau bisa diubah-ubah begitu.

    Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  4. Wah sudah menjadi master nih, kereeeen

    ReplyDelete
  5. Coba bagi pengalaman ya mbak... Apakah kalau postingan sudah dipublikasikan, alamat postingan/URLnya bisa diganti? Jawabannya Bisa! Hanya saja, artikel di blogspot yang sudah dipublikasikan tersebut harus dikembalikan ke draft. Nah, selanjutnya sama seperti langkah di atas untuk mengubah urlnya... Tapi harus diingat, mengganti judul artikel yang sudah dipublikasikan bisa memengaruhi SEO artikel tersebut, untuk mengatasinya kita perlu menghapus url artikel dengan judul lama yang telah terindex oleh google melalui webmaster tool :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi saya nggak mau pakai cara ini kecuali yakin URL lama tidak pernah saya gunakan saat blogwalking, Mas. Bisa jadi broken link :D

      Delete
  6. Aku sering banget lakuin teknik SEO ini.. Nice sharing mba^^
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  7. Tambahan, kalo judulnya pake "&" akan otomatis hilang di tautan. Jadi kalo misalnya judul postingannya "Aku & Kamu" URL-nya akan otomatis jadi aku-kamu[dot]html. Terus setau saya kalo udah telanjur dipost, nggak bisa diubah lagi sesuai kemauan kita. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, di paragraf terakhir sudah disebutkan kalau sudah dipublikasikan URLnya tidak bisa diubah :)

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29