Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Nulis Blog Dibayar Pakai Dolar, Gimana Caranya?


Beberapa waktu ini beranda Facebook dihebohkan dengan monetisasi lewat Facebook Pro. Monetisasi apaan sih? Monetisasi adalah proses mengubah sesuatu menjadi pendapatan bagi diri sendiri. Menurut Wikipedia, ini adalah cara halus untuk berbicara tentang bagaimana dapat membuat sesuatu yang dikomersialkan.

Jadi kalau di Facebook itu ya bagaimananya main FB, bikin konten, dapat uang. Nggak heran ya kalau banyak yang lantas beralih ke profil Facebook Pro dan lebih rajin membuat konten. Siapa tau bisa mendulang dolar, begitu katanya.



Monetisasi ini nggak hanya ada di Facebook. Di media sosial lainpun monetisasi sudah banyak dilakukan penggunanya. Misalnya di Instagram, TikTok, atau Youtube. Makanya banyak juga orang yang berprofesi sebagai Youtuber, jadi selebgram atau seleb TikTok. Nah tau nggak sih kalau hobi menulis blog juga bisa dimonetisasi lho, bahkan bisa dibayar pakai dolar. Gimana caranya ya?

Ada banyak cara monetisasi blog, antara lain:

1. Menggunakan Google Adsense.

Caranya dengan memasang kode iklan Adsense di blog. Setiap ada pengunjung blog melakukan klik iklan maka kita bisa mendapatkan bayaran. Besarnya bisa berbeda-beda setiap kliknya. 

2. Menjual Produk Fisik

Kalau sebuah blog sudah banyak pembaca setianya, pemilik blognya bisa menjual produk fisik ntah itu buku, merchandise, atau produk lain yang sesuai dengan tema blognya.

3. Menjual Produk Digital

Cara ini mirip seperti cara di atas hanya saja yang dijual adalah produk digital misalnya buku digital, software, atau tema untuk mempercantik blog seperti tema blog yang saya pakai sekarang.

4. Program Afiliasi

Mungkin Teman-teman nggak asing dengan istilah ini. Cara kerjanya adalah dengan mempromosikan produk orang lain dan kita bisa mendapatkan komisi dari penjualan produk tersebut.



5. Menulis Sponsored Post

Cara ini adalah salah satu yang banyak dilakukan para blogger. Yang kita lakukan adalah menulis artikel di blog yang tujuannya adalah mempromosikan suatu produk atau jasa. Bedanya dengan afiliasi apa? Kalau afiliasi kita mendapat komisi setiap ada produk atau jasa yang terjual. Kalau menulis sponsored post, kita dibayar setelah menulis dan menerbitkan artikel tentang produk dan jasa tersebut di blog kita.




Nah bisa dapat tawaran sponsored post begitu darimana ya? Kita bisa mendaftarkan blog kita ke situs yang akan menghubungkan kita dengan pihak yang butuh dipromosikan produk atau jasanya. Salah satunya adalah di Intellifluence. Jadi Intellifluence ini semacam marketplace untuk para konten kreator dan pihak yang membutuhkan jasanya. 

Karena Intellifluence ini adalah marketplace yang berbasis di Arizona, maka transaksi pembayaran dilakukan dengan kurs dollar Amerika. Singkat kata, kalau ada lowongan pekerjaan pembuatan konten yang sesuai, kita bisa membuat penawaran untuk mengerjakan tugas tersebut. Setelah hasil kerja kita disetujui, kita akan dibayar pakai dolar.



Tapi apa benar ya dibayar pakai dollar? Nah ini ada contoh transaksi pembayaran dari Intellifluence ke akun PayPal saya. Cara membuat akun PayPal juga mudah kok sekarang. Untuk transfer uang dari akun PayPal kita ke rekening bank Indonesia juga mudah dan potongannya administrasinya kecil. Gimana, mulai tertarik?



Setelah buat blog apa langsung bisa mendaftar di Intellifluence dan dapat dolar? Yah mau dapat hasil dari membuat konten di media apapun memang nggak ada yang instan ya. Hal-hal yang bisa dilakukan kurang lebih seperti ini:

1. Buat blog dulu, baca tutorialnya di Cara Membuat Blog untuk Pemula dan Cara Membuat Postingan di Blog Lewat Smartphone.

2. Ubah blog kita menjadi Top Level Domain, baca Keunggulan Top Level Domain

3. Rajin menulis blog, baca Belajar Tips Membangun Personal Branding dan Menulis Konten Kreatif bersama Kumpulan Emak Blogger.

4. Ikut komunitas dan grup WA blogger, baca Keseruan Milad Ke-6 Tapis Blogger.

5. Membuat akun di Intellifluence.

Nah jadi mau membuat konten di media apapun ntah itu blog ataupun Facebook salah satu eh salah dua kuncinya adalah konsisten dan belajar membuat konten yang lebih oke. Kalau blognya sudah dibuat, jangan lupa bagikan tulisannya di medsos dan colek-colek ya supaya kita bisa saling berkunjung! Selamat mencoba! 




Comments

  1. Wah terima kasih sharing infonya mba..jadi pengen nyoba juganih. Tetapi saya sedang bermasalah dg pencairan dana dari Paypal ke Bank kita nih .. ada tips nya gak ya utk memperlancar hal ini?

    ReplyDelete
  2. Asik ya kalau nulis di blog dibayar dengan Dollar. Aku juga hepi banget karena bisa nulis di blog dan dibayar dengan Dollar. Jadi semakin semangat untuk tetap terus ngeblog ya, Mbak!

    ReplyDelete
  3. Jadi semakin semangat menulis. Senang sekali when passion meets fortune.
    Lancar membuat konten, lancar juga rejekinya.

    ReplyDelete
  4. Udah lama nggak buka fb langsung bingung waktu pada bikin status ttg fb pro. Sampai skrg belum paham karena memang sudh jarang banget buka fb. Masih enak cari duit dari blog heheee

    ReplyDelete
  5. Betuuul mbak, sekarang banyak yang memanfaatkan facebook pro untuk mendapatkan penghasilan. Intinya media sosial kini bukan hanya sebagai media posting foto atau interaksi sesama pengguna saja, namun bila dimonetisasi dengan benar bisa membuat pemilik akunnya dibayar. Termasuk blog, saya pun juga pernah merasakan digaji dari sponsored post dan intellifluence...rasanya menjadi pemacu supaya kita rajin ngeblog ya mbak.

    ReplyDelete
  6. Intelinflunce memang terbaik ya, selalu kasih job yang menarik dengan fee yang lebih manusiawi.

    Bikin makin semangat konsistensi ngeblognya.
    Jadi bisa gajian pakai dolar soalnya 😊

    ReplyDelete
  7. Cuss dimanfaatkan, asik juga kan dapat dolar.
    Paling tinggal rajin mantau juga sih ya ada job barunya atau nggak

    ReplyDelete
  8. Aku gagal terus dapatin job intellinfluence. Mungkin karena aku kurang paham bahasa inggris kali ya.

    ReplyDelete
  9. Meski FB dan medsos juga sudah bisa dimonetisasi, tapi saya masih lebih nyaman untuk nyari cuan dari ngeblog.
    ngonten di sosmed itu berasa kejar tayang dan kejar target, gak sanggup rasanya untuk ikutin instruksi Mbak Meta tuk ini itu, hihihih. Masih lebih nyaman ngeblog apalagi kalau udah daftar di Intelinfluence kita juga bisa kok dapat dollar :D

    ReplyDelete
  10. Entah kenapa sampai sekarang belum tertarik cari cuan dollar di FB even udah beralih juga ke FB pro. Masih lebih nyaman di blog aja sih, apalagi ada banyak jalan juga yang bisa ditempuh kalau mau cari dollar lewat blog, seperti yg udah diulas di atas

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top