Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Tips Perawatan Motor Agar Liburan Bebas Hambatan


Warga Bandar Lampung beruntung nih karena banyak tempat wisata yang jaraknya cukup terjangkau dari pusat kota. Di Taman Wisata Wira Garden kita bisa bermain di sungai. Ingin mengajak keluarga ke kebun binatang sekaligus bermain air di waterboom? Pergi saja ke Lembah Hijau. Ingin bermain pasir dan air di pantai? Berkunjung saja ke Pantai Mutun yang jaraknya kurang lebih 15 km dari Bandar Lampung. 

Ingin suasana yang lebih adem? Ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di seputaran kawasan Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman yang berjarak 20 menit perjalanan dari pusat kota. Jika ingin berkendara agak jauh, banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di kabupaten di Lampung dan bisa dilakukan PP dari Bandar Lampung, bahkan bisa ditempuh dengan motor. 

Saat musim liburan kan biasanya tempat wisata memang ramai. Kelebihan menggunakan sepeda motor adalah kita tidak perlu terlalu pusing dengan lahan parkir atau terkena macet, karena motor kan ukurannya lebih kecil he he. Tapi sebelum melakukan perjalanan terutama ke tempat yang jauh, jangan lupa cek kondisi motor dulu ya. Nah sebagian perempuan termasuk para mama biasanya baru jadi pemakai kendaraan aja nih (toss he he). Untuk yang masih awam mengenai perawatan motor ada tips dari Planet Ban nih tentang apa saja yang sebaiknya diperiksa sebelum berlibur:

1. Aki Motor

Fungsi aki adalah sebagai baterai yang menyediakan daya listrik untuk menghidupkan mesin motor dan menyimpan energi. Aki motor bisa mengalami kerusakan, kebocoran, dan kerusakan. Karena itu sangat penting untuk mengecek kondisi aki secara rutin terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Jika motor kita menggunakan aki basah, jangan lupa cek kondisi air aki. Pengecekan aki secara berkala membuat kita mengetahui apakah aki dalam kondisi baik atau sudah harus diganti. 

2. Ban Motor

Salah satu komponen vital dalam ban adalah motor. Ban motor dapat mengalami kerusakan seperti retak, sobek, menipis, dan bergelombang. Jika pada ban sudah ada tanda-tanda kerusakan, sebaiknya segera diganti yang baru. Di Planet Ban ada berbagai ukuran dan merk ban yang bisa disesuaikan dengan motor kita. Jika ban sudah diganti atau masih dalam kondisi yang baik, pastikan tekanan udaranya sudah sesuai sebelum digunakan untuk perjalanan.



3. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang melindungi komponen mesin yang saling bergesekan saat mesin motor bekerja. Selain itu oli juga melindungi mesin dari karat. Tidak hanya itu, oli mesin juga berfungsi sebagai pembersih dalam mesin dan sekaligus menjadi pendingin saat komponen mesin bergesekan. 

Oli mesin harus rutin diganti secara berkala untuk menjaga kinerja mesin. Dalam memilih oli, cek juga kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan ester dalam oli mesin bisa menjaga suhu mesin tetap stabil dan cocok digunakan untuk perjalanan jauh.




Bagi yang khawatir tentang harga oli mesin yang bagus, Planet Ban menyediakan oli X-Ten dengan kandungan ester yang mampu menjaga mesin motor secara stabil meski dalam torsi (dorongan) tinggi dan bisa digunakan hingga 5.000 kilometer. 

4. Rem 

Saat melakukan perjalanan terutama ke tempat wisata, tak jarang kita harus melalui medan yang berbeda-beda seperti tanjakan atau turunan. Saat melewati medan tersebut, kondisi rem motor harus dalam keadaan prima. Rem berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan perputaran roda. Jika rem terasa terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak maka kampas rem harus sudah diganti. 



Tandam rem aus juga bisa dicek pada indikator penunjung yang terdapat pada setiap dinding tromol. Apabila dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas, maka bagian kampas tromol harus segera diganti. Pada rem jenis cakram, kita bisa memeriksa ketebalan kampas dan piringan rem untuk mengetahui apakah sudah harus diganti.

5. Busi

Fungsi utama busi adalah untuk mengubah energi listrik yang datang dari koil pengapian menjadi percikan api dan memulai proses pembakaran di ruang pembakaran mesin. Busi motor bisa menjadi kotor dan perlu dibersihkan. Busi juga bisa menjadi aus dan harus diganti dengan yang baru. 

Kondisi busi yang tidak optimal bisa mengganggu kinerja motor sehingga perjalanan liburanpun bisa terhambat. Karena itu penting untuk mengecek kondisi busi sebelum berlibur.



6. Sistem Pendingin

Sistem pendingin ini terletak di tempat yang tidak bisa dilihat mata secara langsung. Akibatnya sistem pendingin jadi jarang terpantau. Sebelum menggunakan motor untuk berlibur, jangan lupa cek sistem pendinginnya dulu ya. Karena sistem pendingin yang tidak baik akan membuat panas tidak teredam dengan baik dan akhirnya mesin bisa mengalami overheat atau terlalu panas. 

7. CVT dan Rantai

CVT merupakan singkatan dari Continuously Variable Transmission. CVT berfungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan mesin motor pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan. Pada motor bebek dan motor sport, sistem penggeraknya berupa rantai motor. Jika CTV dan rantai motor tidak bekerja dengan optimal, liburan kitapun bisa terganggu karena kinerja motor terhambat. Karena itu sebelum berpergian, cek juga kondisi CTV dan rantai motor kita.

Pengecekan dan penggantian suku cadang motor bisa dilakukan di Planet Ban terdekat. Selain itu kita bisa berkonsultasi tentang perawatan motor lewat layanan GRATIS dari Planet Ban di WA dengan cara mengeklik gambar ini.



Kalau sudah melakukan konsultasi dan pengecekan atau penggantian komponen motor di Planet Ban, artinya sudah siap liburan naik motor nih. Semoga liburannya menyenangkan dan bebas hambatan ya! 



Comments

  1. Asyik seneng banget ada tempat service motor matic yang super lengkap, biasanya yang rutin itu ganti oli dan ganti filter udara. Dari sekarang kayaknya harus ke Planet Ban

    ReplyDelete
  2. Wah insight bagus nih tentang perawatan motor. Kan nggak happy ya masa liburan tapi motornya mogok atau bermasalah di jalan huhu. Jadi harus servis rutin deh ke tempat terpercaya, terutama sebelum perjalanan jauuh. Di kotaku juga ada Planet Ban untungnya :)

    ReplyDelete
  3. Wah, bisa mengunjungi tempat-tempat wisata dengan motor ya, Kak. CUma motornya kudu diperhatikan sebelum diajak jalan. Bawa ke Planet Ban biar aman terkendali saat melaju bersama

    ReplyDelete
  4. Kalau mau aman memang harus rutin cek kesehatan motor ya sebelum melakukan pejalanan jauh. Biar liburan bebas dari hambatan, perjalananpun jadi lebih aman dan nyaman.

    ReplyDelete
  5. asyik banget ya kalau banyak tempat wisata di sekitar kita, jadi kalau pas liburan gak perlu pusing lagi mau ke mana, tinggal cuss aja motoran biar lebih praktis.
    eitss tapi sebelum berangkat liburan dengan motor jangan lupa periksa dan rawat motor dulu dong ya.

    ReplyDelete
  6. Iya sih, mending bawa ke bengkel seperti Planet Ban buat ngecek2 kondisi kendaraan. Apalagi klo mau liburan jauh bawa motor ya mbak.

    ReplyDelete
  7. memang paling enak kalau ke tempat wisata naik motor biar sat set, tapi juga ada minusnya, kalau musim hujan kudu siap-siap pakai jas hujan
    Tapi kalau rombongan sama keluarga memang enakan pake mobil
    aku sendiri ga teratur untuk check kondisi motor, padahal tinggal dateng aja ke tempat servis, kadang mau berangkat udah mager duluan.
    kalau motor udah terasa nggak enak, baru deh ke tempat servis

    aku terakhir ke planet ban waktu mau ganti ban dalam mbak, dan ternyata cepet pelayanannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top