Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Belajar Tentang Tata Surya Lewat Petualangan Seru Ke Planet Mochi Bersama Paddle Pop



Salah satu tema yang menarik bagi Rayyaan dan Razqa adalah luar angkasa dan tata surya. Mereka senang kalau diajak melihat buku tentang luar angkasa dan foto berbagai planet dan benda langit lain. Saat diajak pergi Observatorium Bosscha di Lembangpun mereka gembira. Karena bisa melihat dari dekat teropong bintang berukuran besar. Beberapa kali juga saya mengajak mereka melakukan kegiatan dengan tema tata surya. 

Nah saat dapat info kalau ada event Paddle Pop dengan tema seputar planet, saya ajak deh anak-anak untuk ikut serta. Sekaligus untuk mengisi waktu liburan kemarin. Karena ada pandemi kan kita jadi tidak bisa berpergian ya. Orang tua harus memutar otak untuk mencari ide kegiatan bagi anak.



Event yang diadakan Paddle Pop ini berjudul Liburan Ke Planet Mochi: Main Ke Planet Uranus Bareng Mungilmu dan Nana Mirdad. Wah jadi mainnya bareng Tante Nana Mirdad dan dua anaknya yaitu Kak Jason dan Kak Sarah. Ada juga Bu Guru Azka dan Kak Arina dari Mungilmu yang akan memandu peserta bermain bersama. 



Sebelum bermain kami sudah menyiapkan printable dari Paddle Pop. Peralatan lain yang diperlukan untuk bermain adalah gunting, sedotan, dan double tape. Setelah sesi pembukaan dan perkenalan, Bu Azka membacakan cerita untuk para peserta. Walaupun Bu Azka membacakan ceritanya secara daring, tapi anak-anak menyimak lhoo. Apalagi ceritanya dibacakan secara interaktif. Selain itu ilustrasi ceritanya juga menarik.


Sambil menyimak anak-anakpun membayangkan, wuih bagaimana kalau beneran ada pak pos yang datang pakai baju astronot ya? Apalagi pak posnya datang naik roket. Pak posnya datang membawakan kotak berisi perlengkapan untuk bermain. Sejumlah peserta memang mendapatkan kit bermain gratis dari Paddle Pop yang dikirim ke rumah masing-masing. Buat yang nggak dapat ya nggak perlu sedih. Kan ada printable yang bisa diunduh dan dicetak sendiri di rumah.




Nah selanjutnya waktunya untuk menyusun gambar-gambar planet tadi membentuk tata surya. Gambar planetnya lucu-lucu ya. Selain lucu, gambarnya juga canggih lho! Kalau gambar ini kita scan menggunakan aplikasi Assemblr Edu, muncul gambar planet 3 dimensi disertai keterangan tentang masing-masing planet! Keren kaaaan!






Tapi setelah selesai menyusun tata suryanya, hmm... Kayaknya ada yang kurang nih. Kok planet uranusnya nggak ada ya??? Bu Azka, Kak Arina, gambar di printablenya kurang niiih!!!


Ternyataaaaa planet uranusnya adalah es krim Paddle Pop Mochi!!! Waah waktunya keluarkan es krim dari kulkaaas! He he. Tau nggak kenapa es krim Paddle Pop Mochi ini bisa diibaratkan sebagai planet Uranus? Pertama karena Uranus adalah salah satu dari "raksasa es" di tata surya kita selain Neptunus. Kedua, karena Uranus adalah planet terdingin di tata surya. 




Setelah berhasil menemukan planet yang hilang, anak-anak diajak berkreasi dengan gambar lain di printable dari Paddle Pop. Rayyaan dan Razqapun asyik membuat roket yang bisa ditiup dengan sedotan. Selain itu peserta juga diajak berkreasi dengan menggunakan es krim Paddle Pop Mochi. Jadi es krimnya bisa diberi hiasan meises warna-warni. Lalu tempelkan tusuk sate ke gambar singa Paddle Pop dan tusukkan ke es krim mochinya. Singa Paddle Popnya seperti sedang berpetualang ke Planet Mochi. 



Anak-anak juga bisa membuat roket dari es krim Padde Pop Mochi. Caranya dengan menumpuk tiga buah es krim mochi dan hias dengan gambar ujung roketnya. Roket siap terbang! Kalau sudah mendarat, roketnya bisa dimakan he he. Saya sih nggak khawatir kalau anak-anak makan es krim Paddle Pop dari Walls. Sejak kecilpun saya suka es krim ini karena selain enak, es krimnya juga bersih dan higienis. 




Bagaimana pendapat Rayyaan, Razqa, dan Papa tentang event ini? 

"Kakak suka karena seru! Ceritanya bagus dan asyik, bisa sambil berpetualang mencari planet mochi. Gambar-gambarnya juga keren karena bisa 'hidup'. Es krimnya juga enak, Kakak langsung makan dua!" - Rayyaan. 

"Adek suka, karena bisa main sama Mama, Papa, dan Kakak. Adek suka bikin roketnya. Adek juga suka es krimnya." - Razqa.

"Eventnya seru dan bagus. Senang karena melihat anak-anak menikmati acaranya. Apalagi Papa juga bisa makan es krimnnya he he." - Papa. 

Bagaimana pendapat saya tentang Petualangan Seru Ke Planet Mochi Bersama Paddle Pop?

Event ini adalah acara yang keren untuk mengenalkan tata surya pada anak-anak karena lewat cerita dan permainan. Menggunting printable yang disediakan juga bisa melatih motorik halus anak. Tidak hanya mengenalkan tata surya tapi juga mengasah imajinas,i seolah anak benar-benar berpetualang ke angkasa luar. Apalagi ada gambar-gambar augmented reality yang bisa discan. Selain itu, es krimnya juga nggak hanya enak untuk dimakan. Tapi bisa menjadi bahan kegiatan sensori juga untuk anak karena teksturnya, aroma, rasa, warna, serta suhunya. Yang terpenting adalah kegiatan yang bagus  banget untuk mengisi waktu liburan di rumah saja karena orangtua diajak bermain dan berkreasi bersama anak. We really enjoyed it!

Bagi yang ingin menonton keseruan kami bermain dan berpetualan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop, tonton video ini ya!



Comments

back to top