Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Aplikasi Rental Mobil Online TRAC To Go Dukung Pekerja Sektor Essensial dan Kritikal Selama PPKM


Siang ini saya keluar untuk pergi ke apotek dan supermarket membeli kebutuhan untuk keluarga yang sedang isolasi mandiri. Saat pulang, saya melihat ada penyekatan di beberapa ruas jalan. Kota Bandar Lampung memang salah satu daerah yang menerapkan PPKM level 4. Bagaimana ketentuan di daerah yang menerapkan PPKM ini?


Sumber: suaralampung.id

Pertama, kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring atau online. Seluruh tempat ibadah dilarang mengadakan kegiatan ibadah berjamaan selama PPKM. Kegiatan di sektor non-essensial diwajibkan menerapkan WFH atau work from home 100 persen. Untuk kegiatan essensial dapat berjalan dengan kapasitas maksimal 50 persen. 

Contoh sektor essensial misalnya keuangan, perbankan, pasar modal, teknologi informasi, perhotelan non penanganan karantina, dan industri yang beriorientasi ekspor. Sektor essensial pemerintahan yang memberikan pelayanan bagi publik dan tidak bisa ditunda pelaksanaannya memberlakukan WFO atau work from office 25 persen. 

Pasar tradisional, toko kelontong, serta pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari hanya boleh beroperasi sampai jam 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen. Tempat-tempat makan hanya diizinkan menerima delivery dan take away. Namun apotek dan toko obat diizinkan beroperasi selama 24 jam. 




Sektor yang diizinkan beroperasi 100 persen adalah sektor kritikal. Misalnya kesehatan, penanganan bencana, energi, keamanan dan ketertiban masyarakat, logistik, transportasi dan distribusi terutama untuk kebutuhan pokok, dan utilitas dasar seperti listrik, air, dan penanganan sampah. 

Selama pandemi ini memang otomatis saya dan keluarga jadi jarang berpergian ya. Suami saya sempat pergi dinas luar ke Kabupaten Pesisir Barat. Namun karena penerapan PPKM ini dan mengingat kasus Covid-19 di Bandar Lampung sedang meningkat, sementara ya tidak ada perjalanan dinas ke daerah lain. Terlebih memang pekerjaan suami termasuk dalam sektor pemerintahan non-essensial.


Sumber: lampung.tribunnews.com

Lalu bagaimana para pekerja di sektor essensial dan kritikal apabila memang harus pergi ke luar kota ya? Surat tugas tentu wajib dong. Selain itu sesuai peraturan, sertifikat vaksinasi menjadi syarat bagi orang yang harus melakukan perjalanan jauh baik dengan transportasi pribadi maupun umum. 

Saat suami masih boleh melakukan perjalanan dinas, biasanya ia dan teman satu timnya menggunakan jasa rental mobil. Jenis mobil yang digunakan seperti Toyota Avanza dan Toyota Innova yang bisa memuat 4 orang ditambah koper baju dan seabrek kotak dokumen. Mobil yang digunakan tentu saja harus dalam kondisi fit. 

Bagi pekerja essensial dan kritikal yang harus berpergian ke luar kota dan butuh informasi jasa rental mobil terpercaya, ternyata ada lho aplikasi onlinenya yaitu TRAC To Go. TRAC To Go menyediakan layanan rental mobil dan airport transfer. Untuk rental mobil terdapat pilihan dengan pengemudi maupun self drive.



Dengan adanya aplikasi TRAC To Go, proses reservasi tentunya jadi lebih mudah, nyaman, dan hemat waktu. Pemesan juga bisa menemukan berbagai jenis mobil sesuai pilihan seperti Toyota Fortuner, Avanza, Innova, Alphard, Daihatsu Ayla, dan Gran Max. 

TRAC To Go bisa diunduh di Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone. 



Kelebihan aplikasi ini di antaranya adalah:

• Tampilan lebih clean & simple yang membuat proses reservasi lebih mudah.

• Opsi metode pembayaran yang beragam : Virtual Account, Kartu Kredit, E-payment.

• Multiple service order yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan lebih dari 1 layanan dalam 1 kali transaksi.

• Extend order - perlu tambahan waktu sewa? Perpanjang masa sewa tanpa harus melakukan proses reservasi dari awal.

• Real time notifikasi memungkinkan kita memantau status order dan perjalanan.

• Cancel order – berubah jadwal atau rencana? Pemesan dapat melakukan pembatalan langsung dari aplikasi dan dana akan dikembalikan penuh dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 



Kelebihan lain dari TRAC To Go, yaitu:

• Akses Mudah & Jaringan Luas

Reservasi mudah dan aman. Cukup dilakukan melalui aplikasi dan website untuk kebutuhan transportasi di berbagai kota. TRAC To Go juga didukung oleh jaringan layanan yang tersebar di lebih dari 18 kota di Indonesia.

• Jaminan Proteksi & Layanan Prima

Demi ketenangan dan rasa aman selama perjalanan, TRAC To Go melindungi pemesan dengan proteksi asuransi dan jaminan kondisi armada prima dan telah menerapkan protokol kesehatan. Pengemudinyapun terlatih secara profesional dan memiliki izin resmi sesuai jenis kendaraan yang dikemudikan.

• Andal dengan Teknologi Teruji

Sistem TRAC To Go telah terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution sehingga mampu memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan secara akurat setiap saat. Teknologi ini juga membantu merespon kondisi darurat dengan cepat.

• Layanan Pelanggan 24/7

TRAC To Go siap membantu pemesan setiap hari selama 24 jam di nomor 1500009.



Nah tadi saya menuliskan tentang protokol kesehatan yang diterapkan oleh TRAC To Go kan. Ternyata TRAC To Go memiliki program WE SHARE WE CARE. Program ini adalah bentuk dukungan kepada seluruh pekerja profesional yang masuk ke dalam sektor essensial dan kritikal.


Tujuannya supaya mereka bisa mendapatkan kemudahan transportasi dengan aman dan nyaman selama perjalanan di masa PPKM darurat.

Untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19, TRAC menerapkan SMART PROTOCOL seperti berikut:

1. Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.

2. Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.

3. Menerapkan jaga jarak (social distancing) di seluruh unit yang mengangkut penumpang.

4. Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang.

5. Setiap pengemudi yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.

6. Setiap pengemudi yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

7. Pengemudi tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.



Layanan ini dapat bersifat harian maupun bulanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau kantor. Untuk waktu antar jemput dan titik kumpul pun bisa menyesuaikan dengan permintaan dari pemesan. 

Di masa PPKM ini kita memang harus membatasi mobilitas. Ingin jalan-jalan ke luar kota? Sama! Tapi bersabar dululah ya. Bagi pekerja sektor essensial dan kritikal, you're truly a hero.


Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan, kesabaran, dan kemudahan dalam menjalankan tugas. Termasuk saat harus pergi keluar kota. Pastikan menggunakan jasa rental mobil yang aman dan terpercaya yaitu TRAC To Go dengan program WE SHARE WE CARE

Comments

back to top