Kreasi Masakan Enak dan Mudah dari Bakso Bonaza


Kalau diminta menyebutkan salah satu makanan paling favorit orang-orang se-Indonesia, maka jawaban saya adalah bakso yang bulat seperti bola pingpong. Yang auto nyanyi berarti kita seumuran, eeeeh he he. 

Tapi lagu ini nggak hanya dikenal anak-anak tahun 90an lho. Anak jaman sekarangpun tahu lagu ini. Mungkin inilah salah satu pembuktian bahwaaaa, bakso adalah jajanan yang tak lekang dimakan waktu. Tetap jadi favorit sepanjang jaman.

Kata bakso sendiri konon berasal dari bahasa Hokkien yang secara harfiah artinya adalah ‘daging giling’. Di Indonesia sendiri umumnya bakso terbuat dari daging sapi.

Disajikan bersama kuah kaldu sapi, dilengkapi dengan mie kuning, mie putih (bihun), tahu, taoge, sawi, irisan seledri dan taburan bawang goreng. Tak lupa kecap manis dan sambelnya. Apalagi kalau pakai kerupuk putih atau kerupuk pangsit. Sampai sini sudah ngiler??? He he.


Baca: Resep Crispy Onion Rings

Di Lampung sendiri, penggemar bakso itu tuh banyaaak. Karena bakso memang pas dimakan bareng teman sambil ngobrol. Atau disajikan dalam acara seperti arisan keluarga. Bahkan banyak juga orang yang baruuu pulang kondangan, eh mampir dulu ke warung bakso (berdasarkan hasil pengamatan).

Ngomong-ngomong, sebenarnya sih bakso nggak melulu bisa disajikan dengan kuah ya. Bisa dikreasikan jadi berbagai macam makanan. Tapi ada syaratnya sih. Apa tuh? Baksonya harus enak dan komposisi dagingnya banyak. 



Kalau baksonya udah enak, dimasak apa aja enak deh. Contohnya seperti saat saya mengikuti demo masak bakso hari Jumat (4/10) lalu di Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung.

Saat saya sampai di lokasi kira-kira jam 13.30, sebagian besar peserta demo masak lain sudah berkumpul. Sudah siap juga Chef Gaby yang akan mengajari peserta membuat tiga jenis olahan super mudah, dengan bahan dasar Bakso Sapi dari Bonanza Beef. Mari dicek ya, dan saya juga akan membagikan satu resep modifikasi dari masakannya Chef Gaby.


Baca: Tips Membuat Bakso Ayam Kenyal

Bakso Kuah


Bakso kuah ini wajib deh ya. Karena ini adalah penyajian bakso paling umum di Indonesia. Tapi siapa sangka kalau membuat kuah bakso yang enak itu bisa dilakukan dengan cara yang mudah?


Kalau nggak mau ngulek, siapkan aja bumbu dalam bentuk bubuk. Selain garam, gula, dan lada tentu saja. Kita bisa menggunakan bawang putih bubuk supaya kuah lebih sedap. 

Bakso Bakar


Salah satu varian olahan bakso yang banyak ditemukan sekarang adalah bakso bakar. Ternyata tidak sulit juga lho membuatnya. Selain margarin, yang kita gunakan adalah saus. Boleh saus barbeque boleh juga saus lain seperti saus bulgogi. Yummy!


Chef Gaby memang mau membuat bakso bakar ala ala Korea. Dan setelah baksonya matang, dilapisi lagi dengan keju mozarella yang meleleh setelah dipanaskan. Bikin ngiler maksimal!

Bakso Crispy


Selain dibakar dan direbus, bakso juga bisa digoreng. Tapi supaya lebih spesial, digoreng crispy pakai tepung ya. Gunakan tepung terigu dicampur dengan sedikit tepung maizena. Tak lupa beri juga beri garamnya ya.


Kita juga bisa menambahkan bumbu bubuk lain, misalnya bumbu paprika. Oh iya, gunakan telur yang dikocok lepas juga supaya tepungnya menempel pada baksonya. 

Jadi olahan mana yang paling favorit??? Hmm… Bingung deh. Semuanya enak sih. Ada peserta demo masak yang paling suka bakso yang berkuah, ada yang paling suka yang kriuk kriuk crispy, ada juga yang paling suka bakso bakar dengan keju yang lumer. Tapi lagi-lagi nih, kuncinya adalah bahan bakunya memang enak, jadi diolah apapun hasilnya enak.


Baca: Buat Tteokbokki Sendiri, Yuk!

Bakso Sapi Bonanza Beef Berprotein Tinggi


Apa sih yang membuat Bakso Bonanza ini jadi enak banget? Salah satunya adalah karena baksonya terbuat dari 84% daging sapi, jadi kandungan proteinnya tinggi.

Bahan 16% yang lain apa? Ya tepung dan bumbu dong. Karena tepung diperlukan untuk mengikat dagingnya sehingga bisa dibentuk bulatan, dan bumbunya ya supaya rasanya lebih enak.


Oh iya, daging sapi untuk bakso ini berasal dari peternakan sendiri. Warga Lampung pasti tidak asing dengan nama Great Giant ya. Great Giant Livestock (GGL) merupakan perusahaan penggemukan sapi terbesar ketiga di Indonesia. Berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung Tengah, perusahaan ini sudah berdiri sejak 1987.

Baca: Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira.

Sejujurnya sih, saya lebih dulu familier dengan pengolahan nanasnya. Peternakan sapinya ternyata terletak di tengah-tengah perkebunan nanas milik Great Giant Pineapple. Sapi-sapinya sendiri dirawat dengan baik dan diberi pakan yang bernutrisi.


Selain itu yang tidak kalah penting terutama bagi umat Muslim, sapinya dipotong dan dagingnya diolah dengan cara yang sesuai syariat Islam. Jadi Bakso Sapi Bonanza Beef ini HALAL ya, sudah mendapatkan sertifikat dari MUI.

Bakso Sapi Bonanza Beef Bebas Bahan Pengawet


Saat mengonsumsi makanan olahan terutama yang beku seperti bakso, kita sering khawatir mengenai keamanannya. Terutama tentang kandungan bahan pengawet dalam suatu produk beku.


Nah, mengonsumsi Bakso Bonanza ini kita bisa tenang. Karena bakso ini tanpa pengawet. Jadi nggak perlu was-was ya. 

Tidak perlu heran juga kalau rentang waktu produksi bakso dengan masa kadaluarsanya singkat. Kira-kira hanya 6 bulan. Semua ini karena bakso ini bebas pengawet. Jadi pastikan baksonya selalu disimpan dalam keadaan beku jika belum digunakan.

Baca: Susu Pasteurisasi dan Susu UHT, Apa Bedanya?

Rasa Bakso Sapi Bonanza Beef


Lalu bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti enak dong. Meski baksonya kenyal, tapi tidak keras bin alot. Kalau digigit terasa kress gitu deh. Kita juga bisa melihat serat di dalam baksonya, ini artinya kandungan daging sapinya memang tinggi.


Bumbu baksonya sendiri terasa pas. Kalau yang terlalu berlebihan buat saya bisa menimbulkan rasa eneg. Apalagi kalau yang diberi tambahan MSG terlalu banyak.

Bakso ini saat dikreasikan menjadi berbagai makananpun tidak perlu tambahan MSG lagi. Karena daging sapi sendiri sebenarnya mengandung MSG alami.

Baca: Masak Praktis dan Mudah dengan Bumbu Inti.

Harga Bakso Sapi Bonanza Beef


Lalu berapa harga bakso ini? Di Bandar Lampung, harga untuk kemasan 180 gram harganya Rp 34.500 per bungkus. Sementara kemasan 500 gram harganya Rp 75.900 per bungkus. Bakso Bonanza bisa dibeli di:

1. Chandra Supermarket: Bandar Jaya, Mall Boemi Kedaton, Metro, Tanjung Karang, Teluk Betung.
2. Chamart: Kemiling dan Way Halim.
3. Gelael Lampung.


Lalu bagaimana dengan di daerah lain? Tenang saja, Bakso Sapi Bonanza Beef ini tersedia kok di Jabodetabek, Bandung, dan Jawa Timur. Ada juga layanan Home Delivery untuk wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan BSD.


Untuk info lebih lengkap mengenai supermarket mana saja yang menjual Bakso Sapi Bonanza Beef, kita bisa mengunjungi akun Instagram @bonanzabeef.id Selain itu ada juga berbagai resep dan ide kreasi bakso yang dibagikan di akun resmi Bonanza Beef. 

Eh saya juga punya resep modifikasi dari resep yang dibagikan Chef Deby nih!


Resep Bakso Goreng Crispy ala Mama 2R


Bahan:

1. 1 bungkus Bakso Bonanza 180 gr.
2. 5 sdm tepung terigu.
3. 1 sdm tepung beras.
4. 2 sdm tepung tapioka.
5. 1 sdt garam.
6. Ketumbar, lada bubuk, dan gula pasir secukupnya.
7. 1 butir telur, dikocok lepas.
8. Minyak untuk menggoreng.


Cara Membuat:

1. Keluarkan bakso sapi Bonanza Beef dari freezer, biarkan hingga bakso tidak lagi beku.
2. Campur terigu, tepung beras, tapioka, garam, ketumbar, lada bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
3. Gulingkan bakso pada campuran tepung.
4. Celupkan bakso ke dalam telur, balur lagi dengan tepung. 
5. Ulangi langkah 3 dan 4.
6. Diamkan bakso selama 5 menit supaya tepung lebih menempel.
7. Panaskan minyak, goreng bakso dengan api sedang hingga tepungnya berwarna kuning keemasan.
8. Angkat dan sajikan dengan saus sambal dan saus tomat.

Selamat mencoba!


4 comments on "Kreasi Masakan Enak dan Mudah dari Bakso Bonaza"
  1. Keren dan lengkap banget mbak hen infonya 😀

    ReplyDelete
  2. Ih mba, keren bangettt... Fotonya juga bagus.. ^_^

    ReplyDelete
  3. wahhh kalau udah bakso saya suka mbak, semuanya, mau itu dibakar, bakso kuah, goreng cryspi bahkan disambel. sedapnya luar biasa...

    ternyata bakso Bonanza 84% daging asli ya, jadi lebih mudah kalo mau beli bakso yang sehat dan asli

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9