Membuat Ricotta Cheese bersama Hometown Dairy


Sabtu, 5 Oktober lalu adalah hari yang spesial untuk Rayyaan. Tepat pada hari itu Rayyaan berusia 7 tahun. Yang bikin happy nih, hari itu Mama sudah janji mau ajak Rayyaan ke mall.

Mau belanja ya?

Bukaaaan. Di Mall Boemi Kedaton ada acara belajar membuat keju untuk anak-anak. Tau dong bahannya dari apa? Keju kan terbuat dari susu. 


Nah susu yang akan diolah menjadi kejunya ini susu kesukaan Rayyaan (dan juga Razqa), yaitu susu Hometown Dairy.


Banyak juga anak teman-teman Mama yang mau ikut. Tapi sayangnya tempatnya memang terbatas. Jadi nggak semua yang mendaftar lewat admin IGnya Hometown bisa ikut jadi peserta.

Tapi jangan sedih ya, Rayyaan dan Mama mau bagi-bagi cerita dan cara membuat kejunya di tulisan ini. Jadi baca sampai selesai, okeeeeh.

Baca: Ternyata Susu Hometown Dairy Nggak Seperti yang Saya Kira.

Definisi Keju


"Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi.

Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara." - Wikipedia.

Keju itu banyak jenisnya lho. Konon sampai ada lebih dari 400 jenis keju di dunia. Wow banyak sekali ya.


Tapi yang dibuat Rayyaan hari itu adalah keju Ricotta. Keju ini adalah salah satu jenis keju segar. Tidak memiliki kulit, memiliki kandungan air yang tinggi dan tidak melalui proses pematangan.

Keju Ricotta berasal dari Itali. Memiliki rasa yang tidak terlalu manis dengan tekstur yang lembut dan warna yang putih seperti salju.


Cara Membuat Keju Ricotta


Hari itu Rayyaan dan anak-anak lain membuat keju Ricotta dengan ditemani oleh Chef Gaby. Sudah kenal Chef Gaby kan? Chef yang murah senyum ini yang hari sebelumnya memandu acara demo masak kreasi Bakso Sapi Bonanza.


Ternyata membuat keju Ricotta itu tidak sulit ya. Anak-anak bisa membuatnya dengan ditemani oleh orang tua masing-masing. Caranya bagaimana? Siapkan dulu alat dan bahannya ya.

Bahan:

1. 1 liter susu Hometown Dairy
2. 1 sdt garam.
3. 3 s.d 4 sdm lemon peras.


Alat:

1. Kompor.
2. Panci stainless steel.
3. Pengaduk kayu.
4. Mangkuk.
5. Kain untuk menyaring keju/cheese cloth.


Pelengkap:

1. Madu.
2. Irisan buah, misalnya buah pisang.


Cara Membuat:

1. Panaskan susu hingga suhunya mencapai kurang lebih 90 sambil terus diaduk.
2. Saat susu mulai mendidih dan berbuih, tambahkan garam dan air lemon sambil terus diaduk.
3. Diamkan susu selama kurang lebih 10 menit. Susu akan mulai memisah menjadi curd (gumpalan/dadih keju) dan whey (bagian yang cair).
4. Siapkan mangkuk dan letakkan cheese cloth di atasnya.
5. Ambil gumpalan yang mulai terbentuk dengan sendok, letakkan di atas cheese cloth.
6. Tuang susu dan saring dengan cheese cloth.
7. Peras cheese cloth, tapi peras bagian atasnya ya. Jangan langsung memeras bagian yang ada dadih kejunya.
8. Masukkan curd keju ke dalam wadah bersih. Jadi deh keju Ricottanya.


Di acara hari itu, Rayyaan tidak ikut memanaskan susunya. Chef Gaby hanya memberikan demo lalu anak-anak langsung diajak menyaring dadih kejunya dengan bahan yang sudah disiapkan oleh Hometown.

Tapi nggak susah kan ya cara pembuatannya. Keju yang sudah dibuat kemudian dicampur madu dan irisan pisang. Dimakan langsung boleh. Tapi kalau didinginkan dulu lebih enak lho.


Bahan-bahan untuk membuat keju Ricotta mudah di dapat ya. Hanya susu, garam, dan perasan jeruk lemon. Namun susunya nggak boleh sembarang susu lho. Harus susu segar atau susu pasteurisasi.

Apa Bedanya Susu Pasteurisasi dengan Susu Jenis Lain?


Istilah susu ini mengacu pada definisi proses pasteurisasi, yaitu pemanasan yang bertujuan untuk membunuh mikroorganisme. Pemanasan dilakukan pada 72°-75°C selama 15 detik. Dari proses ini dihasilkan susu yang bebas mikroorganisme patogen (mikrooganisme berbahaya).


Proses ini adalah proses paling sederhana agar susu bisa dikonsumsi namun bisa mempertahankan citarasa khas susu segar. Selain itu hanya ada sedikit penurunan kualitas nutrisi dibanding saat sebelum dipasteurisasi.

Baca: Susu UHT dan Susu Pasteurisasi, Apa Bedanya?

Susu pasteurisasi punya kelebihan dan kekurangan. Kalau kelebihannya adalah bebas mikroorganisme berbahaya tapi citarasa dan nutrisinya lebih terjaga. Namun daya simpan memang lebih singkat dan harus disimpan dalam kulkas bersuhu 0°-4°C.


Dalam kulkas yang suhunya stabil 0°- 4°C, susu pasteurisasi bisa tahan 7-11 hari asal kemasan tidak rusak dan segel tidak terbuka.

Nggak usah bingung ya mencari susu pasteurisasi yang cocok untuk membuat keju. Jawabannya sudah jelas dong. Terbukti Hometown Dairy cocok banget diolah menjadi keju.


Susu Hometown Dairy


Di rumah kami, biasanya Hometown Dairy dikonsumsi dengan cara langsung diminum. Rasanya segar, sedikit gurih, tidak terlalu manis, tapi enaaaaak. Nggak hanya Rayyaan, Razqapun doyan.

Sebagai orang tuapun saya nggak perlu was-was. Karena tidak ada tambahan pengawet, gula, atau zat aditif lainnya. Vitamin dan mineralnya asli, bukan premiks or tambahan. Yang tak kalah penting, susu ini juga HALAL.



Ngomong-ngomong, ternyata Hometown Dairy juga sama seperti Bakso Sapi Bonanza. Yaitu sama-sama produk dari Great Giant Livestock.

Baca: Kreasi Masakan Enak dan Mudah dari Bakso Bonanza.

Sapi-sapinya sendiri dirawat di peternakan yang terintegrasi dan yang pertama di dunia yang berada di daerah dataran rendah di negara tropis.


Harga Susu Hometown Dairy


Di Bandar Lampung, kita bisa membeli susu ini dengan harga Rp 29.000 per kemasan 1 liter atau Rp 54.000 per kemasan 2 liter. Susu Hometown Dairy bisa didapatkan di

1. Chandra Supermarket: Antasari, Bandar Jaya, Mall Boemi Kedaton, Metro, Natar, Pringsewu, Tanjung Karang, Teluk Betung.
2. Chamart: Kemiling, Way Halim.
3. Gelael Lampung.
4. Indomaret Plus: Ryacuduu Korpri 2, Villa Citra, Gatot Subroto, Antasari 2, Citra Garden.



19 comments on "Membuat Ricotta Cheese bersama Hometown Dairy"
  1. Kakak Rayyan seru banget ya acaranya... Makasih mama Heni, Mutiara sudah difotoin. Seneng banget bisa bikin keju sendiri. Susunya enak lagi. Mmmm... Yummy. Produk lokal pula. Pas banget

    ReplyDelete
  2. Acaranya mmg seru, yg pasti yg ultah juga happy ...😘

    ReplyDelete
  3. Mbaaa, seru bangeett! Aku juga mau belajar bikin keju kayak Kak Rayyaan. Dan sekarang makin paham bgt seputar susu pasteurisasi. Makasiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ada 200 jenis keju. Kebayang fresh nya susu ini dan lezatnya saat diolah jadi keju

    ReplyDelete
  5. ahhh seru banget acaranya. Apa lagi bisa bikin ricotta cheese. Itu favorit aku banget :)

    ReplyDelete
  6. Nampak lezat dan cara membuatnya juga mudah ya mbak, hometown dairy ini susunya enak banget.. aku kalo beli satu botol yang ukuran kecil bisa dua kali aja.. pagi dan sore hehe karena anak anak juga kadang suka minum.. jadi ada ide nih buat ricotta cheese pakai hometown dairy juga

    ReplyDelete
  7. Seru banget ikut acara bikin ricotta cheese. Saya suka deh acara begini, anak tuh jadi tahu darimana asal makanannya dan karena tahu proses pengolahannya jadi lebih menghargai makanan.

    ReplyDelete
  8. suka banget sama kejuuuu...mau deh coba bikin

    ReplyDelete
  9. Belum pernah nyobain si kecil susu hometown ini. Baca postingan Mbak jadi tertarik apalagi kandungan susunya tanpa bahan pengawet, gula dan zat adiktif lainnya.

    ReplyDelete
  10. Wah mudah ya ternyata. Kami sekeluarga suka susu & olahannya. Mungkin penggila susu juga ding hihiii

    ReplyDelete
  11. wahhh banyak ya 200 keju... nggak terbayang..

    btw acaranya seru banget gitu anak2 pasti happy ya

    ReplyDelete
  12. Ternyata jenis keju banyak banget ya. Btw anakku suka banget nih sama keju sama cheese cream juga sih kayaknya perlu coba nih bikin Ricotta Cheese.

    ReplyDelete
  13. Waah...Rayyaan asyik banget ya bisa belajar bareng buat keju. Nanti ajarin Tante ya...hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah ada resepnya untuk bikin ricotta cheese. Aku mau coba ah bikin sendiri. Belum familiar dengan susu hometown. Mau coba juga kapan-kapan.

    ReplyDelete
  15. Baru ngeh lho kalau keju tuh ternyata macam-macam juga hehehe... dan tidak semua susu ya bisa digunakan untuk membuat ricotta cheese. Duuuh ga pernah tau nih makanan gini, kebanyakan nguplek sama makanan tradisional Indonesia soalnya hehehe.. Harus perluas wacana perkulineran dunia nih aku.

    ReplyDelete
  16. Keju salah satu cemilan favoritku.
    Seru banget ya acara ini mba Hen, jadi pengen ikutan kalo di desaku ada. Terima kasih telah berbagi.

    ReplyDelete
  17. Wah kegiatan positif nih untuk anak anak
    Jadi pengen ngincipin kejunya juga soalnya anak saya juga #cheeselover banhet

    ReplyDelete
  18. Asik banget mbak cara buatnya dan seru bisa buat ini dan produk lokal juga.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9