Wednesday, October 11, 2017

Promo Harbolnas dan Hal yang Harus Dipersiapkan E-Commerce

Gambar: Pixabay.com

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini tidak sedikit orang yang memilih untuk berbelanja secara online dibandingkan dengan belanja secara. Salah satu waktu atau saat yang paling ditunggu oleh masyarakat adalah adanya harbolnas atau hari belanja online nasional. Di waktu tersebut, terdapat banyak promo Harbolnas yang menarik minat dari para konsumennya. Bahkan menurut salah satu survey yang dilakukan menyebutkan jika promo dan diskon (43,4%) adalah alasan mengapa masyarakat melakukan belanja saat Harbolnas. 

Ada beberapa kategori yang diincar yang didapatkan oleh salah satu hasil survey yang pernah dilakukan selama harbolnas di tahun 2016 yaitu:

Gadget dan aksesoris sebesar 63,9%.
Item fashion sebesar 52,3%.
Keperluan rumah tangga sebesar 50,7%.
Makanan dan minuman sebesar 28,3%.
Kecantikan dan kesehatan sebesar 26,7%. 
Tiket dan travel sebesar 17,6%.
Otomotif sebesar 10,3%. 

Harbolnas ternyata tidak hanya ditunggu oleh para konsumen namun juga oleh e-commerce terutama e-commerce yang menerapkan bisnis C2C. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan untuk mengikuti harbolnas selain harus menyiapkan diskon dan promo Harbolnas yang bisa menarik konsumen dan meningkatkan produk penjualan. Persiapan yang harus dilakukan oleh situs e-commerce yaitu:

Pertama adalah strategi penetapan diskon. Butuh komunikasi yang baik antara pihak penyedia situs jual beli online terpercaya seperti marketplace terpercaya dengan penjual yang ada di situs tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tidak hanya kerugian yang akan ditanggung oleh pihak marketplace sendiri namun juga pihak penjual yang ada di marketplace tersebut dan pembeli yang melakukan pembelian. Ada banyak strategi diskon yang bisa diberikan misalnya beli 2 gratis 1 atau diskon hingga 80%. Karena hal tersebut, pengelola harus mempertimbangkan strategi yang tidak hanya bisa menguntungkan semua pihak apalagi penjual yang menjual barang di marketplace tersebut namun juga untuk keuntungan marketplace sendiri.


Kedua adalah benahi kapasitas server. Ketika Harbolnas berlangsung, pasti tidak sedikit konsumen yang akan datang ke website jual beli yang dimiliki sehingga pengunjung situs akan meningkat drastis. Jika sebelumnya server yang digunakan bisa menampung seluruh pengunjung dalam waktu yang bersamaan maka kita  harus menambahkan kapasitas server sehingga saat konsumen berkunjung dan membeli barang di online shop tersebut, website jual beli tersebut tidak hang atau not responding yang akan berujung kerugian bagi e-commerce, penjual dan pembeli. 

Persiapan lainnya yang harus dilakukan oleh e-commerce selain harus menyiapkan promo harbolnas,  adalah:

Pilih kategori yang akan kita jadikan sebagai penarik. Kita bisa meletakkan list produk gadget dan aksesoris di posisi teratas dengan tulisan yang menarik dan mudah untuk dibaca dan dilihat langsung sehingga konsumen bisa langsung klik atau masuk ke list produk di kategori tersebut. 
Membuat website kita menjadi mobile friendly. Bukan hanya harus disesuaikan untuk pengunjung lewat website, namun juga yang lewat aplikasi karena saat ini banyak yang sudah menggunakan aplikasi untuk berbelanja secara online. Sehingga jika situs tersebut mobile friendly, konsumen yang belanja lewat gadget seperti smartphone akan lebih nyaman. 
Menggunakan sosial media untuk promosi maksimal sehingga akan semakin banyak konsumen yang tahu mengenai promo yang akan kita berikan di online shop saat harbolnas. 
Perketat keamanan dan mudahkan transaksi misalnya bisa melakukan transaksi secara langsung di minimarket, atau yang lainnya. 

1 comment:

  1. konsumen menyiapkan dananya utk belanja, e commerce menyiapkan iklannya ya... :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29