Tuesday, November 8, 2016

4 Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit Saat Hamil

4 Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit Saat Hamil
Credit pic: Pixabay.com

Orang hamil memang banyak tantangannya ya. Setiap ibu hamil punya cerita tersendiri. Saat hamil Rayyaan dulu yang sempat mengganggu adalah batuk. Kebayang dong kalau tenggorokan gatal dan batuk-batuk selama beberapa menit sampai perut terguncang sakit. Ada juga teman yang saat hamil beberapa kali sakit gigi. Badan pegal-pegal, nyer-nyeri? Yah itu biasanya pasti dialami terutama saat kandungan makin besar. Selain itu ada hal lain yang biasanya mengganggu ibu hamil, yaitu konstipasi alias sembelit.



Kebayang nggak kalau perut makin besar dan terasa makin pengap bin sesak. Makan sedikit saja rasanya sudah full dan masih ditambah ada sembelit atau susah buang air besar. Duh nggak nyaman banget deh. Kalau sehari apalagi dua hari nggak BAB, di hari selanjutnya yang ada kalau mau makan tuh kepikiran. Tapi nggak makan ya laper plus lemes he he. Sembelit saat hamil ini ternyata terjadi karena perubahan hormon juga. 

Baca: 20 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan.

Hormon progesteron yang memperkuat dinding rahim ternyata mengakibatkan melambatnya gerak otot usus. Selain itu makin besar janin, makin besar pula tekanan pada rahim dan lambung. Pantas aja ya kalau ibu-ibu yang hamil besar sering mengeluh sembelit. Konsumsi suplemen seperti yang mengandung asam folat dan zat besi juga ternyata bisa menyebabkan tinja jadi mengeras. Nah, kalau ada yang sedang hamil dan mengalami sembelit seperti saya, 4 Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit Saat Hamil ini bisa membantu:

1. Banyak minum air putih. Buat ibu hamil ini sih wajib ya, jangan sampai kekurangan cairan. Kalau orang biasa disarankan minum 2 liter air per hari, kalau saya berusaha minum lebih dari itu deh. Meski di trimester ketiga ada juga si konsekuensinya, jadi lebih sering buang air kecil he he. Tapi lebih baik daripada terkena dehidrasi, bisa mencegah sembelit juga karena air yang kita minum bisa membantu memperlunak tinja.

Konsumsi cairan terutama air putih harus cukup ya.
Credit pic: Pixabay.com

2. Tetap beraktivitas/bergerak. Ternyata meski hamil tua tidak bisa jadi alasan untuk bermalas-malasan. Tetap harus bergerak Buuu, yang penting tidak berlebihan dan tidak terlalu capek. Kurang gerak ternyata bisa jadi penyebab timbulnya sembelit. Yang paling mudah dilakukan adalah jalan pagi saat udara masih sejuk.

Kurang gerak juga bisa menyebabkan sembelit.
Credit pic: Pixabay.com

Baca: 5 Alasan Ibu Hamil Wajib Makan Semangka.



3. Memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain karena kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk janin, buah dan sayur juga mengandung serat alami yang bisa membantu mengatasi sembelit. Kalau buah sih saya lebih suka memakannya secara langsung dibandingkan dijus. Saya makan buah bisa tiga kali sehari bahkan lebih. Soalnya selain enak juga lebih sehat dijadikan camilan. Buah yang kandungan vitamin Cnya tinggi juga bisa meringankan sembelit. Untuk sayuran supaya tidak bosan selain ditumis kita bisa memasaknya menjadi pecel atau urap, enak deh nyam nyam.

Buah yang tinggi kandungan vitamin Cnya bisa membantu
mengatasi sembelit.
Credit pic: Pixabay.com

4. Minum yoghurt atau susu fermentasi. Ada ibu hamil yang takut mengonsumsi yoghurt atau minuman susu fermentasi. Ternyata aman-aman saja lho buat ibu hamil malah bermanfaat sekali. Karena yoghurt mengandung protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk ibu hamil. Selain itu yoghurt juga mengandung bakteri baik yang bisa membantu proses pencernaan dan mencegah sembelit. It works for me. Saat agak banyak mengonsumsi makanan yang berlemak (misalnya kalau ada hajatan keluarga hi hi) dan kurang makan sayur, saya langsung minum yoghurt deh supaya sembelit teratasi.

Yoghurt aman kok untuk ibu hamil.
Credit pic: Pixabay.com

Baca: Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan.

Selain 4 Tips Mencegah dan Mengatasi Sembelit Saat Hamil  tadi ada hal lain yang bisa dilakukan misalnya mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjaga agar pola makan tetap teratur, dan hindari stres. Semoga bermanfaat ya.

1 comment:

  1. wah nice info... bermanfaat sekali infonya

    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29