Wednesday, October 12, 2016

Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan

Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan
Credit pic: Pixabay.com

Akhirnya beberapa hari lalu saya dan suami ke baby shop juga untuk beli perlengkapan bayi. Menurut perhitungan tinggal 9 minggu 5 hari lagi HPLnya insyaa Allah. Mesti mulai nyicil beres-beres, nyuci baju bayi (baik baju lamanya si kakak atau baju yang baru dibeli), sambil ngecek kalau-kalau ada perlengkapan lain yang harus dipersiapkan juga.


Meski ini kehamilan kedua, tapi ternyata perlu juga ya membuat daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan. Soalnya bisa jadi ada bekas si kakak dulu yang ternyata sudah kurang layak pakai. Kasian juga kan kalau adiknya harus pakai baju yang sudah mbladus semua hi hi. Biar lebih mudah saya buat aja deh daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan. Semoga bermanfaat juga buat ibu-ibu lain terutama calon ibu baru yang sedang mempersiapkan kelahiran bayi pertamanya. Gambar yang berisi daftar lengkapnya bisa dilihat dan disave di bagian bawah postingan ini ya.

Baju Bayi
1. Setelan baju lengan pendek & celana pendek.
2. Setelan baju lengan panjang & celana panjang.
3. Baju tanpa lengan.
4. Baju untuk berpergian.
5. Setelan sarung tangan & kaus kaki.
6. Kaus kaki bayi.
7. Topi bayi.
8. Bedong.
9. Pospak (popok sekali pakai) atau clodi.
10. Jaket bayi.

Saat ke baby shop hari Minggu lalu yang kami beli adalah baju untuk bayi 3-6 bulan. Seingat saya baju newbornnya si kakak masih cukup bagus sih dan nggak begitu lama dipakai. Sebentar saja sudah pakai baju bayi 3 bulanan. Kalau di baby shop langganan, baju bayi yang dijual sudah berlabel SNI. Ada keterangan bebas dan aman dari bahan kimia berbahaya. Si kakak juga dulu pakai baju merk yang sama. Bahannya memang lembut dan nyaman dipakai.

Baca: 7 Perlengkapan Bayi Usia 0-6 Bulan yang Jarang Terpakai.

Harganya mahal? Reasonable price sih soalnya memang bagus dan awet. Satu stel baju & celana panjang Rp 33.000 dan satu stel baju dan celana pendek Rp 27.000. Kami beli masing-masing 3 stel. Baju tanpa lengan harganya lebih murah lagi. Rayyaan mulai sering pakai baju ini sejak usia 3 bulanan kalau udara terasa panas. Ada juga toko grosiran yang menjual baju bayi yang harganya lebih murah. Tapi bahannya memang beda sih. Kami juga ada rencana pergi ke toko grosir he he. Yang penting pilih-pilih dulu baju yang bahannya adem dan nyaman dipakai. Sebelum dipakai dicuci dulu dan pastikan semua kancing terjahit dengan kuat.

Credit pic: Pixabay.com

Ada bayi yang sejak lahir nggak dipakaikan sarung tangan. Saya juga maunya begitu sih. Soalnya supaya sejak awal indera peraba di bagian tangannya terlatih. Tapi pengalaman saat si kakak bayi dulu, tangannya sering banget ngucek-ngucek mata dan muka hu hu. Jadi si new Mom ini khawatir mata si kakak kecolok ha ha. Setelan sarung tangan dan kaus kaki yang dibeli nggak banyak sih, cuma 3 stel juga. Kalau sarung tangan dan kaus kakinya si kakak tampaknya sudah nggak lengkap pasangannya. Selain itu kami juga membeli kaus kaki yang tanpa setelan sarung tangan. Bahannya juga pilih yang nyaman. Kadang ada yang bikin gatal dan karetnya terlalu kencang. Ada juga yang dilengkapi rattle doll alias kalau digerakkan bonekanya bisa berbunyi kricik kricik gitu. Barang-barang buat bayi memang lucu-lucu he he. 

Bedong bayi kami sengaja nggak beli. Masih ada punya si kakak dan bedongnya juga tidak dipakai lama. Selebihnya banyak dipakai untuk alas perlak. Topi bayi dan jaket juga belum beli he he. Cek dulu punya si kakak masih ada atau tidak. Mau pakai pospak atau clodi ya? Lihat kondisi aja deh. Dulu Rayyaan pakai clodi saat usia sudah 2 bulanan. Tapi saat dibawa ke Manado dan belum punya mesin cuci ya beralih ke pospak he he.

Baca: Pilih Memakaikan Clodi atau Pospak?

Perlengkapan Mandi
11. Bak mandi bayi.
12. Handuk.
13. Waslap.
14. Baskom besar.
15. Perlak.
16. Sabun dan sampo.
17. Minyak telon.
18. Tisu basah.
19. Sisir.
20. Mainan mandi.

Dulu Rayyaan mandi dengan bak mandi yang bisa dipompa. Sekarang baknya tersimpan di kotaknya. Belum dicek sih apakah masih oke atau tidak. Bak mandi model ini memang ukurannya tidak terlalu besar. Rencananya sih mau beli juga bak mandi plastik. Harganya sekitar Rp 65.000 per buah dan plastiknya bagus. Saya akui sih bak mandi plastik memang lebih mudah dibersihkan dan dikeringkan.

Credit pic: Pixabay.com

Kami juga perlu membeli handuk baru dengan bahan bagus, menyerap air, dan awet. Sampai sekarang punya si kakak masih bagus dan masih erpakai. Waslap juga perlu untuk mengelap tubuh bayi. Saya pernah membaca kalau menyeka tubuh bayi sebelum jam tidurnya bisa membuatnya tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Baby toilettries berdasarkan pengalaman kami yang banyak terpakai hanya sabun dan sampo. Jadi kami nggak merasa perlu membeli yang sepaket dengan isi macam-macam. By the way kalau baskom buat apa? Untuk membawa air kalau-kalau malam hari si bayi mpup.

Perlengkapan Tidur
21. Bantal dan guling.
22. Kelambu.
23. Selimut.
24. Sarung bantal dan guling.

Dulu Rayyaan pernah dapat kado bantal dan guling yang nyaman banget dipakai, jadi tinggal beli sarung bantal dan gulingnya deh buat ganti-ganti. Selimut juga nggak perlu beli lagi karena si kakak punya selimut bayi hasil rajutan temannya Mama. Kelambu perlu untuk menjaga si bayi dari gigitan nyamuk, terutama sih siang hari karena kalau malam hari kami sekeluarga juga tidur pakai kelambu.

Perlengkapan Lain
25. Kain kasa.
26. Kapas.
27. Alkohol.
28. Termometer.
29. Gendongan bayi.
30. Tas.
31. Gunting kuku.
32. Sabun cuci baju bayi.
33. Sabun cuci pompa ASI & botol ASIP.
34. Sikat botol ASIP.
35. Panci kecil.

Kain kasa, kapas, dan alkohol biasanya diperlukan di hari-hari pertama bayi terutama saat pusarnya belum puput. Kalau termometer sih setiap saat perlu ya jadi kalau merasa suhu badan bayi naik, bisa diukur secara akurat. Untuk gendongan bayi pilih yang nyaman baik untuk ibu dan bayi. Saya nggak bisa pakai gendongan model jarik. Sementara saya belum pernah menggunakan baby wrap dengan posisi untuk new born. Jadi kemungkinan mau nyobain gendongan model sling. Tas bayi rasanya nggak perlu beli baru karena sudah ada 2 tas di rumah. Tapi ada satu yang jadi favorit karena isinya banyak dan bahannya waterproof.

Untuk mencuci baju bayi saya menggunakan sabun khusus. Begitu pula saat mencuci pompa ASI dan botol ASI perah. Panci kecil saya gunakan untuk merebus air untuk mensterilkan pompa dan botol.

Baca: 9 Perlengkapan Menyusui yang Wajib Dimiliki dan Bisa Dipakai Berulang Kali.

Opsional 
36. Baby bouncer.
37. Stroller.
38. Car seat.
39. Box tempat tidur bayi.
40. Playmat.

Keempat perlengkapan ini sifatnya opsional ya, karena harganya memang lumayan juga sih he he. Bouncer ukuran besar bisa digunakan saat menjemur bayi di pagi hari, tapi beri alas koran supaya bagian bawah bouncer tidak kotor. Bouncer biasanya juga dilengkapi mainan dan musik yang bisa menstimulasi kecerdasan bayi. Selain itu getaran pada bouncer bisa membantu bayi merasa rileks, seperti diayun-ayun. Kalau Mama mau ngeblog sambil selonjoran dan menemani si kakak main sekaligus menjaga adik, ya pakai saja bouncer ini he he. Untuk stroller sepertinya tidak perlu membeli lagi, masih ada stroller kecil si kakak. Lumayan kalau mau membawa bayi keliling halaman di pagi hari. Tapi ada juga ibu yang memang butuh stroller kalau mengajak anak berpergian. Memang enak sih ya, jadi kalau si bayi tidur ya bisa tidur nyaman di stroller.

Credit pic: Pixabay.com

Car seat sebenarnya nggak hanya perlu kalau ibu mau berpergian hanya berdua dengan si bayi, ada baiknya walau bukan ibu yang menyetir, si bayi juga ditidurkan saja di car seat. Untuk yang satu ini juga tidak perlu membeli lagi car seatnya si kakak bisa untuk new born. Sementara untuk box tempat tidur bayi masih pikir-pikir mau beli atau tidak. Dulu sih dapat pinjaman hi hi. Jadi mau pinjam lagi? Belum tau siiih karena kalau tahun depan pindah rumah lebih enak pnya box tempat tidur bayi sendiri, jadi siang hari si adik bisa aman di box sementara Mama beraktivitas di rumah. Playmat bisa digunakan untuk tummy time kalau bayi mulai tengkurap-tengkurap. Sifatnya juga opsional sih karena kita juga bisa menggunakan kasur tipis. Tapi gambar di playmat memang lebih menarik untuk bayi dan biasanya juga disertai mainan seperti rattle doll dan mainan yang berbunyi.

Baca: Menabung Uang Dua Puluh Ribuan.

Lumayan banyak ya perlengkapan yang harus dipersiapkan. Untungnya nih masih banyak perlengkapan si kakak yang masih bisa dipakai. Supaya tidak memberatkan kantong, sejak awal kehamilan kita bisa menabung untuk membeli perlengkapannya. Selain itu kita juga bisa membeli perlengkapan sesuai kemampuan. Kalau di mall-mall biasanya harga perlengkapan dengan jenis yang sama bisa lebih mahal atau baju-bajunya dari brand yang harganya wow hi hi. Selain memilih berdasarkan model, motif, dan harga, yang penting aman dan nyaman digunakan.




13 comments:

  1. Wah semoga sehat selalu ya mbak sama bayinya..
    Ilmu bagi saya nanti nih mbak apa aja yang harus dipersiapkan.. hehe..

    ReplyDelete
  2. Anak kedua saya banyak yang pakai punya kakak. Tapi tetep dibelikan yang baru, karena kasihan dong masa dikasih bekas semua adeknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyalah, kasian kalau pakai bekas semua hi hi

      Delete
  3. Terima kasih mba, jadi ada pandangan apa yang harus di persiapkan.. :)

    ReplyDelete
  4. ini dia nih daftar perlengkapan bayi yg sy cari2
    maklum calon papah muda :)

    ReplyDelete
  5. Lengkap kap. Ntar anak kedua dst udah enak tinggal lungsurannya saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,meski tetap dibelikan yang baru tapi lumayan banyak yang masih bisa dipakai :D

      Delete
  6. cocok nih buat saya yang belum tau apa-apa hehe

    ReplyDelete
  7. Bagus sekali kakak, buat inspirasi sebagai persiapan sebelum menikah ini. hehehe Udah nggak sabar.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29