Tuesday, April 19, 2016

Nabung Uang Dua Puluh Ribuan

Nabung Uang Dua Puluh Ribuan.

Menabung itu wajib hukumnya bagi saya dan suami. Iyalah, punya tabungan kan banyak manfaatnya. Misalnya biar belajar hidup lebih hemat dan supaya punya dana di waktu-waktu tertentu seperti kalau ada anggota keluarga yang sakit dan saat butuh biaya melahirkan. Biasanya memang kami punya target tertentu berapa jumlah yang harus ditabung tiap bulannya. Besar atau kecil bisa relatif bagi tiap orang ya. Tapi yang penting ada yang di tabung.

Tasty Korean Food di Warung Oppa, PKOR Way Halim.

Awal tahun ini kami tertarik untuk nabung ala masa kecil dulu. Maksudnya uangnya nggak di bank tapi disimpan di celengan. Ada beberapa cara yang kami baca, salah satunya menabung uang mulai dari Rp 1.000/hari di minggu pertama, lalu Rp 2.000/hari di minggu ke dua dan seterusnya. Tapi ternyata ribet ya hehe, at least bagi kami. Jadi akhirnya kami pilih cara yang lebih mudah yaitu menabung uang dua puluh ribuan. Jadi kapan aja dapat uang Rp 20.000 misalnya saat belanja & dapat kembalian, uangnya harus disisihkan dan ditabung. Celengannya si sederhana aja, cuma dari botol bekas air mineral. Sambil nabung sambil mengurangi keinginan untuk jajan. Misalnya nih keinginan jajan es teh saat ngemall hehe. 


Kalau dikumpulkan ternyata per bulan hasilnya lumayan juga lho bagi kami. So far si nggak pernah tergoda buat ngebongkar celengannya (itu sih kerjaan pas kecil haha). Yang ada justru setiap ngeliat si duit ijo langsung buru-buru sisihkan dan begitu sampai di rumah langsung dimasukkan ke dalam botol. Akhir tahun nanti rencananya baru deh uangnya dikeluarkan dari celengan. Buat apa? Insyaa Allah buat beli emas. Beli emas juga salah satu cara menabung favorit bagi kami. Karena nilainya kan bisa dibilang makin lama makin tinggi. 


Oh iya saya juga pernah membaca beberapa cerita tentang orang yang menerapkan metode nabung uang dua puluh ribuan ini. Ada yang nabung dengan cara ini karena mau ngumpulin uang untuk biaya traveling akhir tahun, ada yang berhasil ngumpulin uang selama beberapa tahun untuk biaya naik haji, ada yang sambil nabung sambil berusaha melepaskan diri dari kecanduan merokok. Alhamdulillah ya. Ada yang mau nyobain nabung uang dua puluh ribuan juga? Tapi apapun cara menabung yang dirasa paling cocok untuk kita yang penting intinya nabung dan jangan sampai nggak punya tabungan hehe. Nabung yuuuuuk!

6 comments:

  1. ihhhh saya juga nyobain nabung duwit 20rebuan inih... dan tiap kali liat botolnya saya tergodaaaaa untuk ngambilin duwitnya hahahaahaha... jadi sekarang botolnya disembunyiin di laci biar gak terlalu keliatan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi aku ga tergoda buat ngebongkar karena kusimpen di lemari hihi. Kalo jaman kecil nabung recehan ada mamang bakso Malang lewat aku langsung buka celengan hihiy

      Delete
  2. Kalau aqu nabungnya sesuai tanggal mak tpi dibalik misal tanggal 1 y nabungnya 31rb sampe nti tgl 31 nabung cmn 1 rb alhamdulilah praktekin lumayan loh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak telaten kalau jumlahnya beda-beda gitu huhuhu. Suka lupaan ntr hari ni dan nabung belum. Tapi bisa pake coret kalender ya buat ngingetin heheh. Eh iya klo dihitung lumayan ya hasil nabunngya. Tambahin 100rb lg bs beli emas batang yg 1 gram hehehe

      Delete
  3. gitu ya... patut dicoba nih. tapi memang godaannya luar biasa...

    ReplyDelete
  4. aku dari kemarin kemarin kemarin kapan tau itu pengen memulai nya.. duh berat ya bu, kalau udah isi pengen ngintip dan bongkar terus

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29