Friday, October 14, 2016

20 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan

20 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan
Credit pic: Freepik.com

Selain perlengkapan untuk bayi ada perlengkapan lain yang harus dipersiapkan lho, yaitu perlengkapan ibu menjelang persalinan. Sebelum HPL sebaiknya ibu hamil harus sudah mempersiapkan tas berisi barang-barang yang akan dibawa ke tempat persalinan. Jadi sewaktu-waktu ada tanda-tanda mau melahirkan semuanya sudah siap dibawa.



20 Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan Menjelang Persalinan
1. Kemeja (kancing full bukaan depan).
2. Sarung.
3. Bra menyusui.
4. Celana dalam ibu hamil.
5. Handuk.
6. Waslap.
7. Sabun dan sampo.
8. Sisir, bedak, sabun muka, pembersih, penyegar, dan kapas.
9. Jilbab lebar.
10. Pompa ASI.
11. Breast pad.
12. Plastik ASIP.
13. Sabun cuci pompa ASI.
14. Tisu basah.
15. Sabun bayi.
16. Bedong, baju, sarung tangan, kaus kaki, topi, dan selimut bayi.
17. Pembalut (khusus nifas atau yang ukuran panjang).
18. Kapsul atau minuman pelancar ASI.
19. Cooler bag dan ice gel.
20. Pospak (popok sekali pakai) untuk newborn.

Credit pic: Freepik.com

Karena kelahiran Rayyaan dulu melalui operasi Caesar jadi saya pakai diinfus segala deh. Kalau kita diinfus kan lebih enak kalau pakai kemeja ya. Selain itu setelah melahirkan kan kita harus menyusui bayi, jadi perlu baju dengan bukaan depan dan bra khusus menyusui. Di rumah sakit biasanya kita diberikan paket berisi handuk kecil, waslap, dan sabun. Tapi lebih baik siapkan juga perlengkapan mandi sendiri. Kok perlu bawa sisir, bedak, dan lain-lain? Ya supaya muka kelihatan segar sehabis melahirkan.

Credit pic: Freepik.com

Meski ada teman dan kerabat yang lebih suka menjenguk ibu dan bayinya beberapa hari kemudian saat sudah pulang ke rumah (supaya ibu bisa beristirahat dulu dan memulihkan tenaga plus bayi tidak merasa terganggu dengan keramaian), biasanya ada juga yang memilih langsung menjenguk ke rumah sakit. Jadi kita bisa merapikan diri sedikit supaya terlihat lebih fresh. Bagi muslimah, jilbab lebar juga perlu nih kalau-kalau ada tamu laki-laki yang datang menjenguk. Meski kita menggunakan kemeja lengan pendek, lengan bisa tertutupi dengan jilbab lebar.

Credit pic: Freepik.com

Selain itu siapkan juga pompa ASI dan plastik ASIP (ASI perah). Hari-hari pertama setelah melahirkan biasanya memang ASI belum terlalu deras, tapi bukan berarti ASI tidak keluar lho. ASI keluar dan insyaa Allah cukup untuk kebutuhan lambung bayi yang masih keciiiil sekali. Selain menyusui bayi, memompa ASI juga bisa merangsang produksi ASI supaya lebih lancar. Siapkan juga plastik khusus untuk menyimpan ASI perah dan simpan ASIP di kulkas yang ada di kamar rumah sakit yang kita tempati. Saat pulang kita bisa membawa ASIP tersebut dengan cooler bag dan ice gel. 


Perlu kapsul atau minuman pelancar ASI? Ada yang bilang hal-hal semacam itu sifatnya sugestif saja. Tapi kapsul atau minuman pelancar ASI kan memang terbuat dari bahan-bahan yang bisa bermanfaat untuk melancarkan ASI ya, jadi tidak ada salahnya dicoba. Selain itu jangan lupa juga untuk makan makanan yang sehat supaya ASI lebih lancar. Ibu menyusui nggak lantas harus makan sayur saja lho. Protein seperti tahu, tempe, telur, ikan, dan daging juga perlu. Asal tidak ada alergi, tidak ada pantangan soal apa yang boleh dimakan, yang penting sehat dan halal.


Di rumah sakit bersalin biasanya bayi tidur di ruangan yang sama dengan ibunya, hanya sesekali dibawa perawat untuk dimandikan atau diperiksa oleh dokter. Saya dulu melahirkan Rayyaan di rumah sakit umum dan saat itu harus ada permintaan khusus dari keluarga untuk rooming in (bayi tinggal bersama ibu di kamar). Pada malam hari Rayyaan tinggal bersama saya di kamar, tapi saat ia buang air besar atau harus ganti popok, jadi Papanya deh yang harus mengganti popoknya (saat saya belum bisa bangun dari tempat tidur). Untuk kelahiran kedua rencananya saya akan memilih melahirkan di rumah sakit bersalin saja. Saya belum mencari info sih kalau bayi pup pada malam hari apakah popoknya akan digantikan perawat atau tidak. Tapi lebih baik siapkan juga beberapa perlengkapan bayi seperti baju, bedong, dan pospak. Nah itu dia 20 perlengkapan yang harus dipersiapkan menjelang persalinan. Ada yang mau menambahkan daftarnya?

8 comments:

  1. Jadi pengen nanya mamakku dulu pas ngelahirin aku bawa apa aja ke RS, hehehe

    ReplyDelete
  2. Persiapan memang harus mateng banget ya mbak, kalo suami pasti ikut berpartisipasi dalam mempersiapkan perlengkapan kan mbak..?

    ReplyDelete
  3. Mamaaakkk... Banyak juga ya persiapannya... Dipi udah jalan 6 bulan nih, sebulan lagi sdh hrs siap2... Huhuhu. #singsingkan lengan baju.
    Mkasih infonya yaa... :*
    Salam
    Dipi,Bandung, www.dipiwarawiri.com

    ReplyDelete
  4. Kapan yaaaa, nyiap2in gini lagi. Jadi pingin punya baby, hihihi...

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29