Monday, August 3, 2015

Jalan-Jalan ke Bumi Wisata Kedaton, Bandar Lampung

Jalan-Jalan ke Bumi Wisata Kedaton, Bandar Lampung.

Penghujung liburan Idul Fitri lalu kami pergunakan untuk mengajak Rayyaan jalan-jalan, mumpung Papanya masih cuti. Ke mana? Ke mall? Wah nggak deh. Mall masih penuh sesak he he. Jadi jalan ke tempat wisata yang masih ada di wilayah kota Bandar Lampung saja. Di Bandar Lampung ada semacam kebun binatang mini. Saya pernah ke sana sekitar 6-7 tahun lalu. Sudah lama sekali ya? 



Lahan parkir cukup luas.

Karena perginya dadakan, saya dan suami memang tidak sempat tanya-tanya dulu jalan ke arah tempat tersebut. Akhirnya sempat salah belok. Yang harusnya belok kiri, eh malah belok kanan. Akhirnya nyasarnya jauh deh ha ha. Ujung-ujungnya minta petunjuk dari penjual durian di pinggir jalan. Terima kasih ya Pak.

Ada fasilitas musholla kecil.

Tempat yang kami tuju ada di wilayah Batu Putu, Teluk Betung Utara. Perjalanan ke tempat ini memakan  waktu kurang lebih 20 menit dari Tugu Adipura di pusat kota Bandar Lampung. Hati-hati ya saat berkendara, karena mendekati kawasan wisata ini ada beberapa bagian jalan yang berlubang. 

Gerbang bagian dalam.

Saat sudah tiba saya sempat heran, sepertinya ada yang berubah deh dengan tempat ini. Tapi tetap saja, tanya ke petugas di loket masuknya dulu. Si Mbak-Mbak di loket masuk langsung bertanya apa kami mau ke waterpark atau mau lihat-lihat binatang saja. Kalau mau lihat-lihat binatangnya bisa berjalan kaki atau naik mobil. Sambil mendengarkan si Mbak, saya sambil mengamati tempatnya dan tersadar, ini bukan tempat yang saya datangi dulu deh he he.

Kudanya sedang makan siang nih.

Ya rupanya sudah ada tempat baru di kawasan wisata itu, nah tempat baru ini namanya Bumi Wisata Kedaton. Karena sudah terlanjur mampir, hayoklah dijajal dulu. Tiket masuknya Rp 7.000/orang. Tapi ini tiket hanya untuk jalan-jalan lihat binatang saja. Untuk masuk ke waterpark harga tiketnya berbeda.

Baca: Servis Berat di Bengkel Perut d'Sawah, Metro.

Burung merak.

Daerah Batu Putu itu semacam wilayah perbukitan dengan sungai dan lembah. Jadi di Bumi Wisata Kedaton rupanya sebagian kandang binatang diletakkan di sisi kanan kiri sebuah jalan menurun yang ada di sini. Mau lihat binatangnya sambil berjalan kaki boleh. Tapi lebih enak lagi kalau naik mobil wisata yang ada di tempat ini. 

Kandang siamang. Bagian bawahnya banyak sampah :(

Koleksi binatang di Bumi Wisata Kedaton tidak banyak. Hanya ada beberapa jenis burung, lalu ada siamang, orang utan, buaya, penyu, dan kuda. Ada delman dan kuda yang bisa disewa juga, tapi Rayyaan masih belum mau diajak naik delman atau kudanya. Ada restoran di tempat ini namun sepertinya sudah tutup. Jadi sebaiknya kalau ke tempat ini jangan lupa membawa bekal. Tapi kalau hanya sekedar ingin mengobati haus, ada minuman kemasan yang bisa dibeli di sini kok. Karena tempatnya tidak besar, jadi tidak butuh waktu lama untuk mengelilinginya. Namun banyaknya pepohonan memang membuat suasanya jadi sejuk dan teduh. Enak deh kalau gelar tikar dan tidur siang di sini hi hi. Rayyaan sih senang banget diajak ke sini. Bisa naik mobil sambil lihat beberapa binatang secara live he he. Apalagi tempatnya juga memungkinkan untuk bisa lari-lari sana sini.

Baca: Nyaris Kehilangan Motor di Masjid.

Bisa foto-foto di dekat beberapa mobil tua.

Hal yang sebaiknya lebih diperhatikan pengelola dan pengunjung adalah masalah kebersihan toilet dan beberapa kandang binatangnya. Saya lebih baik masuk ke toilet yang pakai tarif alias bayar tapi bersih daripada yang gratis tapi kebersihannya pas-pasan. Dan saya menyayangkan kandang siamang yang banyak sampahnya. Mungkin ada pengunjung yang iseng memberi makanan dan minuman sisa untuk para siamang. Tapi di tempat ini kan tidak boleh memberi makan binatang. Yah sebagai pengunjung jangan serta merta mengandalkan petugas kebersihan saja. Di tempat ini disediakan tong sampah kok, jadi mari buang sampah pada tempatnya. Tapi tentu saja pihak pengelola juga tidak boleh lupa akan tugasnya merawat tempat ini terutama binatang-binatangnya.
Ada jembatan melengkung.
Cukup banyak pepohonan.
Ada waterparknya nih.

Foto dulu yuk!

Ini bunga dari tanaman apa ya?

Batu Wisata Kedaton.
Jalan W.A. Rahman No 1, 2, 3, Batu Putu, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung. 
Petunjuk arah: dari pertigaan PDAM Way Rilau, ambil jalan ke kiri ya. Jalan terus hingga sampai di sebuah perempatan lalu ikuti petunjuk ke arah wilayah Batu Putu.




8 comments:

  1. Kayaknya tempat wisatanya belum rame yah. Tapi enak sih, gak banyak orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena sudah akhir liburan Lebaran Mbak. Orang-orang sudah mikirin beli alat tulis hi hi

      Delete
  2. Wah iya thanks loh buat rekomendasinya... ini bisa buat next weekend maen kesini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  3. Wah lengkap yah, ada kebun binatang, ada waterpark, mobil tua :D
    Salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak. Iya tinggal pengelolaannya aja yang lebih ditingkatkan, plus pengunjungnya juga lebih jaga kebersihan :)

      Delete
  4. Halooo, Kak! Mau jadi bagian tim jelajah Kalimantan GRATIS dan dapetin MacBook Pro? Ikuti lomba blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure" di sini http://bit.ly/terios7wonders2015 #Terios7Wonders

    Jangan sampai ketinggalan, ya!

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29