Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Foto Produk: Gudeg Ria, Sajikan Kuliner Jogja di Bandar Lampung



Saat membaca kata-kata 'kuliner Jojga', apa yang pertama kali terbayang di dalam pikiran? Biasanya salah satunya adalah gudeg. Gudeg merupakan hidangan khas Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan selama berjam-jam. Warnanya cokelat karena dimasak bersama daun jati. Biasanya gudeg disajikan dengan nasi, sambal goreng krecek, kuah santan kental (areh), dan lauk lain seperti tahu, telur, tempe, dan ayam kampung.



Di Yogyakarta gudeg adalah hidangan yang banyak di jual mulai dari di kaki lima, warung makan, hingga restoran. Bagi warga Bandar Lampung yang ingin menyantap makanan ini, tidak perlu harus liburan ke Yogyakarta dulu lho. Kalau ingin makan malam dengan gudeg misalnya, bisa langsung pesan dari rumah dan tinggal tunggu gudegnya datang. 

Baca juga: BTS Apple in Dark Mood

Di Bandar Lampung ada Ria Catering yang selain menerima pesanan makanan untuk berbagai acara, juga menjual menu gudeg dan beberapa menu lainnya di Go Food, yaitu:

  1. Paket Gudeg Berempat - Rp 55.000
  2. Nasi Gudeg Ria - Rp 15.000
  3. Nasi Ayam Goreng Laos Sambal Bajak (Paha) - Rp 23.000
  4. Nasi Ayam Goreng Laos Sambal Bajak (Dada) - Rp 23.000
  5. Nasi Ayam Suwir - Rp 15.000
  6. Nasi Telur Balado - Rp 15.000
  7. Nasi Daging Balado - Rp 20.000 

Di antara menu tersebut, beberapa pernah saya foto nih. Karena yang difoto adalah gudeg, jadi saya menggunakan konsep nuansa tradisional dan properti foto yang terbuat dari gerabah. Selain itu saya juga menggunakan alas kayu dan latar belakang terbuat dari bambu. 

Baca juga: BTS & Resep Es Teh Bunga Telang (Magical Ice Tea)



Yang paling saya suka dalam proses pembuatan foto ini adalah mengantur pencahayaanya. Saya menggunakan satu buah lampu jenis continuous light dari Godox seri SL 60W tapi diffusernya tidak saya gunakan. 

Baca juga: (Foto Produk) Dimas Catering


Di sebelah kiri alas kayu, saya pasang sebuah 'jendela' sehingga di fotonya terlihat ada garis bayangan dari jendela tersebut. Untuk memasang jendelannya saya menggunakan bantuan dari asisten yaitu pak suami he he. Soalnya kalau tidak dipegangi ya takut juga jendelanya jatuh. Lumayan kalau kena jari kaki.



 

Setelah urusan potret-memotret selesai dan beres-beres perlengkapannya juga sudah kelar, hal lain yang menyenangkan adalah bisa mencicipi gudegnya. Tapi ini bukan untuk pertama kalinya sih saya makan Gudeg Ria. Karena sebelumnya juga sudah cukup sering memesannya.

Baca juga: Memotret Makanan di Studio Rumahan

Paket Gudeg Berempat ini isinya adalah gudeg, sambel krecek, empat butir telur bacem, sambal, dan bawang goreng. Bagi yang sering makan gudeg Yogya, mungkin gudeg ini tidak semanis gudeg di kota asalnya. Namun bagi orang yang berlidah Sumatera, bisa jadi gudeg asli Yogyakarta rasanya terlalu manis. Nah kalau Gudeg Ria ini sesuai nih rasanya bagi warga Bandar Lampung yang ingin makan gudeg. 



Tapi buat yang lidahnya mungkin masih tetap kaget karena manisnya si gudeg, jangan lupa makannya pakai sambal kreceknya ya. Sambal ini terbuat dari krecek atau kerupuk kulit sapi. Kalau kurang pedas masih ada sambal goreng juga yang disertakan dalam paketnya. Sebagai lauk ada telur bacem yang manis, gurih, dan berwarna kecoklatan.



Misalnya nih ada yang ingin memesan Gudeg Ria untuk makan malam selepas buka puasa sekaligus untuk menu makan sahur bagaimana? Meski tidak ada kulkas, gudeg ini masih bisa kok disantap untuk sahur. Karena saya pernah membawa gudeg ini untuk bekal ke Jakarta. Sampai di rumah kontrakan kan masih kosong, belum ada kulkas dan sebagainya. Gudegnya masih enak dimakan untuk sarapan kok. 



Nah bagi yang ingin memesan gudegnya lewat Go Food, bisa cek link ini ya!

Eh, liat ini deh. Gudeg Ria, Tanjung Karang Timur di GoFood.

https://gofood.link/u/91wZYy 

Atau cek Instagram @riacatering.lpg 

Comments

  1. Selalu baguuus foto2 mba Heni 👍👍.

    Kalo soal gudeg, aku memang agak milih2. Lebih suka yg rasanya ga terlalu manis. Soalnya di Jogja ada macem2 kan, aku pernah coba yg rasanya manis banget, walopun udh ditambahin krecek, ttp aja manisnya kuat. Ga doyan yg begitu. Untungnya orang Jogja udah mulai suka pedes, makanya muncul gudeg mercon 😄. Naah aku suka BANGETTTT gudeg yg begitu mba.

    Abis baca tulisan ini, jadi kepengen gudeg deh. Untungnya sih di JKT ada Bbrp penjual gudeg yang lumayan enak, jadi kalo kangen, ga jauh2 ke Jogja 😄

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top