Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Cara Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang




Saat berbelanja dan akan membayar dengan kartu ATM atau kartu debit, ternyata kartunya tidak ada di dompet atau tas, bagaimana rasanya? Pasti jadi cemas apalagi kalau  tidak membawa uang tunai. Itu yang terjadi pada saya hari Senin lalu. Untungnya nih masih ada uang tunai di dompet. 

Setelah berbelanja, saya menelusuri ingatan, kira-kira di mana ya kartu ATMnya? Seingat saya kartu itu terakhir dipakai Sabtu sebelumnya saat menarik tunai di ATM BCA di sebauh supermarket. Kemungkinan sih tertinggal atau terjatuh. Tapi saya sempat mencari juga kartu itu, kalau-kalau terjatuh di rumah atau di mobil. Sayapun sempat bertanya kepada satpam di supermarket yang saya datangi Sabtu lalu. Kalau-kalau ada yang menemukan ATM saya, tapi ternyata tidak ada. 

Akhirnya sayapun pasrah kalau akhirnya harus membuat kartu ATM BCA yang baru. Sayapun sempat mampir ke kantor polisi untuk membuat surat keterangan hilang, kalau-kalau diperlukan sebagai salah satu syarat. Esok harinya setelah mengantar Razqa sekolah, saya bergegas ke bank BCA untuk membuat kartu ATM baru.

Setiba di bank, ternyata baru jam 8 lewat 5. Para pegawainya masih bersiap-siap, tapi petugas keamanan alias bapak securitynya sudah stand by membantu beberapa nasabah. Setelah bertanya kepada salah satu security, saya diajak membuat kartu ATM baru di mesin CS digital. Begini nih syarat/cara mengurus kartu ATM BCA baru:
1. Membawa eKTP yang akan ditempelkan ke mesin CS digital.
2. Melakukan scan jari telunjuk kanan di tempat yang disediakan.
3. Memasukkan nomer rekening BCA.
4. Menunggu sebentar hingga kartunya jadi di mesin CS digital tersebut.

Proses itu tidak butuh waktu lama, hanya kira-kira 5-10 menit. Ternyata surat kehilangannya juga tidak dibutuhkan. Buku tabungan juga tidak ditanya. Prosesnya kurang lebih mirip dengan saat saya mengganti ATM BCA lama dengan ATM yang baru. Tapi securitynya juga memberi saya nomer antrian untuk berjaga-jaga kalau ada kendala sehingga kartu ATM tidak bisa langsung dibuat di CS digital. 

Layanan yang bisa dilakukan mesin CS digital ini yaitu:
  1. Penggantian Kartu Instan
  2. Pengajuan penggantian Kartu Konvensional *)
  3. Pencetakan kartu untuk rekening yang dibuka melalui BCA mobile
  4. Registrasi m-BCA.
  5. Registrasi KlikBCA Individu.
  6. Registrasi KeyBCA *)
  7. Pengajuan Aktivasi Finansial m-BCA **)
  8. Perubahan status m-BCA
  9. Perubahan status KlikBCA Individu
  10. Pembukaan rekening
 *) Penyelesaian transaksi ditindaklanjuti oleh Customer Service.
**) Transaksi dapat diselesaikan di mesin CS Digital jika nomor HP dan nomor rekening terdaftar pada CIS dari nasabah yang melakukan transaksi.

Untuk transaksi penggantian dan pencetakkan kartu bisa diakses jam 06.00 sampai 20.45 WIB. Sementara layanan lain bisa diakses 24 jam. Kalau tidak ada kendala sih mesin CS digital ini memang sangat memudahkan. Jadi kita tidak perlu antri lama seperti dulu kalau mengurus ini dan itu di bank. Menunggu giliran antrian itukan sangat melelahkan dan menyita waktu. Kalau dulu bisa sampai lebih dari 20 menit per nasabah deh antriannya. Sekarang meski mengurus/membuat barunya mudah dan cepat, ya semoga sih kartu saya tidak hilang/nyelip lagi he he.

Comments

back to top