Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Manfaat Probiotik bagi Mikrobiota Usus Anak di 1000 Hari Pertama Kehidupan

manfaat probiotik bagi 1000 hari pertama kehidupan
Manfaat Probiotik di 1000 Hari Pertama Kehidupan


Pengertian 1000 Hari Pertama Kehidupan

Pernah mendengar tentang 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan? Menurut Kemenkes, 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan (280 hari) sampai berusia dua tahun (730 hari). Fase ini sering disebut sebagai Periode Emas karena pada masa inilah terjadi pertumbuhan otak yang sangat pesat. Pada masa ini juga terjadi proses tumbuh kembang yang sangat cepat dan tidak terjadi pada kelompok usia lain. 

Status gizi selama 1000 HPK ternyata berpengaruh pada kualitas kesehatan, kecerdasan, dan produktivitas di masa depan. Ini karena 70% kesehatan masa depan dan 80% pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 HPK. Anak butuh gizi yang cukup dan berkualitas sehingga kemampuan motorik, sosial, kognitif, serta produktivitasnya di masa depan lebih terjamin. 

Memenuhi kebutuhan gizi si kecil selama 1000 HPK ternyata sama dengan investasi juga bagi masa tua mereka. Karena jika gizi tidak terpenuhi, akibat buruk jangka panjangnya adalah resiko munculnya berbagai penyakit pada usia tua meningkat. 


manfaat probiotik bagi 1000 hari pertama kehidupan


Peran Mikrobiota Usus Selama 1000 Hari Pertama Kehidupan

Ada 3 faktor utama yang saling berkaitan dan sama pentingnya selama 1000 HPK, yaitu nutrisi, mikrobiota usus, dan genetik. Mengapa mikrobiota usus penting bagi tumbuh kembang anak ya? 

Jumlah mikrobiota pada manusia paling banyak terdapat di usus dan berperan pada pengaturan proses biologis dan fisiologis tubuh. Mikrobiota membantu mencerna makanan, mengatur sistem imun, dan perlindungan terhadap bakteri patogen atau bakteri yang merugikan. 


manfaat probiotik bagi 1000 hari pertama kehidupan

Beberapa manfaat dan peran spesifiknya antara lain:

1. Memiliki enzim untuk mencerna beberapa karbohidrat khususnya polisakarida yang tidak bisa dipecahkan sel manusia. 

2. Mengubah karbohidrat sehingga bisa menjadi sumber energi dan nutrisi manusia, termasuk energi untuk sel usus dan mencegah kanker.

3. Membantu menyerap mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan zat besi.

4. Membantu penyerapan vitamin K.

5. Membantu mensintesis vitamin seperti biotin dan asam folat.

6. Mencegah peningkatan populasi bakteri yang merugikan.

7. Membunuh bakteri lain misalnya saat terjadi infeksi bakteri dari luar.

Faktor yang Mempengaruhi Mikrobiota Usus

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mikrobiota usus di 1000 Hari Pertama Kehidupan

1. Mikrobiota Ibu Hamil

Karena 1000 HPK dimulai dari sejak dalam kandungan, makan mikrobiota sehat pada ibu hamil akan berpengaruh pada kesehatan anak yang dikandungnya.

2. Metode Kelahiran 

Bayi yang dilahirkan dengan persalinan normal memiliki mikrobiota yang mirip dengan yang dimiliki ibunya pada 20 menit pertama. Sementara bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar akan memiliki komposisi mikrobiota saluran cerna yang berbeda. 

Selain dua faktor di atas, komposisi mikrobiota bayi juga dipengaruhi oleh ASI atau air susu ibu. Mikrobiota usus bayi yang awalnya sederhana diperkaya oleh ASI. Setelah usia satu tahun, mikrobiota ususnya menyerupai mikrobiota orang dewasa. Mikrobiota ini juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti makanan yang dikonsumsi serta penggunaan antibiotik. Antibiotik bisa memiliki efek samping berupa ketidakseimbangan mikrobiota pada usus, karena bakteri jahat maupun baik terbunuh oleh antibiotik. 


probiotik untuk bayi


Lalu bagaimana jika terjadi ketidakseimbangan mikrobiota usus? Ternyata hal ini bisa memicu berbagai penyakit, seperti iritasi usus besar dan gangguan pada kulit. Jika ada patogen yang masuk ke saluran cerna, dapat terjadi gangguan saluran pencernaan seperti diare, sembelit, kembung, sakit perut, kolik, dan gumoh (regurgitasi). 

Probiotik untuk Menjaga Keseimbangan Mikrobiota Usus

Mengingat pentingnya peran mikrobiota usus termasuk bagi 1000 HPK anak, orangtua perlu menjaga keseimbangan mikrobiota usus si kecil. Selain dengan menjaga kebiasaan hidup baik, cara lainnya adalah mengonsumsi suplemen probiotik. 

Pengertian Probiotik

Probiotik sendiri bukanlah obat. Menurut FAO dan WHO, probiotik adalah bakteri hidup yang apabila dikonsumsi dalam jumlah yang memadai dapat memberikan dampak yang menyehatkan. Probiotik biasanya disediakan dalam makanan olahan atau suplemen makanan.


interlac drop asli


Apa bedanya dengan prebiotik? Prebiotik adalah makanan probiotik yang tidak dapat dicerna enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Kombinasi probiotik dengan prebiotik telah disebut sebagai “sinbiotik”.

Ciri Probiotik yang Baik Menurut WHO

Bakteri yang menguntungkan bagi saluran cerna umumnya dari bakteri penghasil asam laktat misalnya dari Lactobacillus. Walaupun beberapa probiotik berasal dari spesies yang sama namun ternyata bisa memiliki keragaman aktivitas selama berada pada saluran cerna. Ciri-ciri probiotik yang baik menurut WHO adalah sebagai berikut:

  1. Mampu bertahan hidup di saluran pencernaan.
  2. Tahan terhadap cairan empedu dan asam lambung.
  3. Bisa menghasilkan zat antimikroba untuk melawan bakteri patogen.
  4. Mempunyai dokumentasi penelitian klinis yang baik.
  5. Jumlah bakteri baiknya sesuai dengan standar WHO.
  6. Keunggulan Probiotik INTERLAC®
interlac drop asli

Tidak perlu bingung mencari probiotik untuk bayi karena ada produk yang dikenal sebagai Live and True Probiotics dan memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO yaitu INTERLAC®. 

INTERLAC® merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Produk ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938. 


interlac drop palsu


Lactobacillus reuteri DSM 17938 adalah salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia, dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia di direkomendasikan dokter di lebih dari 90 negara.

Interlac memiliki produk yang lengkap untuk bayi, anak-anak, hingga dewasa. Salah satu produknya yaitu Interlac Oral Drops memiliki berbagai keunggulan, yaitu:

  1. Bisa digunakan dan aman untuk bayi dan anak-anak usia 0-3 tahun.
  2. Rasa netral (plain) sehingga mudah diterima anak-anak.
  3. Tidak mengandung laktosa sehingga aman untuk bayi yang memiliki intoleransi laktosa.
  4. Tidak mengandung bahan pelarut seperti produk sirup pada umumnya.
  5. Sudah memiliki surat keterangan BPOM yang menyatakan Interlac bebas dari EG, DEG, dan cemaran berbahaya lainnya.
  6. Probiotik anak yang aman digunakan untuk jangka pendek dan jangka panjang.
  7. Bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan.
  8. Baik untuk kesehatan saluran cerna, misalnya untuk mencegah diare, sembelit, dan gumoh.
  9. Bisa digunakan untuk terapi dan pencegahan kolik infantil.
  10. Mencegah alergi dan menaikkan daya tahan tubuh.
  11. Mengurangi efek samping penggunaan antibiotik.

interlac drop palsu


Tips Membeli Interlac Drop Asli

Saat membeli produk ini, pastikan membeli produk yang asli ya. Saat ini sedang ramai isu Interlac Drop palsu yang dari sisi kemasan sangat mirip dengan yang asli. Lalu bagaimana tips membeli Interlac Drop yang asli?

Pastikan selalu membeli Interlac Drop di Interbat Official Store di e-commerce kesayangan, bisa cek di link berikut ini ya https://linktr.ee/interlacprobiotics. Interlac Drop asli juga bisa dibeli secara offline di baby shop, Viva Health, Watsons, Guardian, dan apotek terpercaya.

Perbedaan Interlac Drop Asli dan Palsu

Selain itu antara produk asli dan palsu juga ada perbedaanya:

Interlac Drop Asli:

  1. Kemasan kotak lebih besar.
  2. Ukuran botol lebih tinggi (5,8 cm).
  3. Tidak meleber saat diteteskan ke sendok.
  4. Ada warna putih berupa probiotik.
  5. Ujung botol lebih menonjol keluar.
  6. Tutup botol bagian dalam melebar.
  7. Kode bagian bawah botol asli.

Produk Palsu:

  1. Kemasan kotak lebih kecil.
  2. Ukuran botol lebih rendah (5,5 cm).
  3. Meleber saat diteteskan ke sendok
  4. Hanya berupa cairan bening seperti minyak.
  5. Ujung botol tidak menonjol keluar.
  6. Tutup botol bagian dalam mengecil.
  7. Kode bagian bawah botol palsu.

probiotik anak


 



Mikrobiota usus memegang peranan penting pada tumbuh kembang dan kesehatan anak terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Namun keseimbangannya dapat berubah akibat berbagai faktor. Pemberian probiotik dapat memulihkan ketidakseimbangan tersebut. Pilih produk Interlac memenuhi semua syarat probiotik yang baik dari WHO. Selain itu pastikan selalu membeli Interlac Drop yang asli. 

 

Sumber:

Kementrian Kesehatan RI. Booklet “Keluarga Sehat Idamanku, Kota Sehat Kotaku.”

Atikah Rahayu, dkk. “Buku Ajar Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan”. Ristekdikti & Universitas Lambung Mangkurat.

Fitri Elizabeth & Beivy Jonathan Kolondan. "Interaksi Antara Mikrobiota Usus dan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia." FMIPA Biologi, Universitas Sam Ratulangi.

Siti Fazzaura, Irfannuddin, dan Krisna Murti. "Potensi Mikrobiota Usus dalam Pencegahan dan Tatalaksana Obesitas." FK Universitas Sriwijaya.

I Nengah Sujaya. "Bakteri Saluran Cerna (Gut Microbiota): Keragaman, Dampak, dan Potensi Modifikasi." PS Kesehatan Masyarakat FK Universitas Udayana.

Endang Nur Widianingsih. "Peran Probiotik untuk Kesehatan." PS Gizi FIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.

https://www.instagram.com/interlacprobiotics/ 

Comments

  1. Nggak bisa dipungkiri sih ya, beruntung banget anak-anak yang terlahir bukan sesar karena mendapatkan banyak hal positif untuk kesehatannya.
    Meskipun bukan berarti anak sesar nggak baik sih ya.
    Btw, anak kedua saya dulu sering banget mengandalkan Interlac Drops karena pencernaannya sering terganggu

    ReplyDelete
  2. 1000 hari pertama dalam kehidupan seorang anak memang sangatlah penting ya.. baik utk pemenuhan kebutuhan fisik maupun psikisnya. Terimakasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  3. aku baru tau nih ternyata probiotik nggak cuma bagus untuk pencernaan kita yaa, tapi bagus juga untuk 1000 hari pertama bayi, terima kasih infonya yaaa

    ReplyDelete
  4. probiotik memng memainkan peranan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan kita, termasuk anak - anak kita ya mba. Well noted untuk produk yang satu ini mba

    ReplyDelete
  5. udah banyak yang bahas mengenai pentingnya probiotic ya mba, emang harus stok sih buat jaga-jaga

    ReplyDelete
  6. dari newborn baby pun bisa pakai Interlac Drop yah. Interlac bisa meminimalisir efek bayi yang sering kembung, kadang sembelit, kadang diare. Rawan banget yah bayi kena gangguan pencernaan apalagi di masa suka masukin barang-barang ke mulut.

    ReplyDelete
  7. Masih banyak yang belum tahu kalau masa 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) anak itu dimulai sejak anak dalam kandungan. Dan, inilah yang harus menjadi pencerahan buat para ibu terutama ibu-ibu muda termasuk pentingnya Probiotik dalam menjaga keseimbangan Mikrobiotika usus.

    ReplyDelete
  8. Urusan probiotik ini harus dipahami ya buat calon maupun yang sudah jadi orangtua, karena berdampak pada 1000HPK si kecil.

    ReplyDelete
  9. Bener banget ya ketika ada yang bilang bahwa kesehatan tubuh dimulai dari pencernaan. Bahkan semenjak bayi pun kesehatan saluran cerna harus dijaga. Alhamdulillah ada Interlac Drop yang bisa diberikan kepada bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nih Mba, anak saya cocok banget pakai Interlac Drop.terbantukan banget deh bisa mengurangi masalah pencernaannya. Kasian juga masih bayi bermasalah di pencernaan

      Delete
  10. Aku saat ini sedang fokus jaga ponakan yang masih kecil sekali. Sejak umur 3bln udah diserahkan utk menjaganya. Dan banyak belajar dari konten2 parenting supaya ga salah dalam mengasuh dan memberikan asupannya. Makasi infonya. Aku bisa tahun tentang probiotik ini

    ReplyDelete
  11. Ternyata rasa asli dari interlac drops ini sendiri plain ya.. Sehingga anak bayi tidak merasa kesulitan menelan bentuk cairannya. Dan dengan mempercayakan kandungan bakteri baik di interlac drops, maka bisa jaga saluran cerna anak dengan baik.

    ReplyDelete
  12. Interfac akan membuat anak jadi sehat apalagi anak pick Eater jadi doyan makan

    ReplyDelete
  13. Ngeri banget ada yang palsu ya... huhu... interlac ini harus jadi teman anak sehat. karena semua sakit itu rata-rata karena usus yang tidak sehat.

    ReplyDelete
  14. Udah paling bener belinya dari official store nya ya mba 😮‍💨. Ntah apalah yg ada dipikiran orang2 yg tega bikin produk palsu gini Yaa, apalagi obat dan suplemen. Bahayanya ga tanggung2 :(

    Aku udah setahunan lebih guna interlac ini ke anak2 mba. Tapi yg kunyah interlac+vit D. Sejak konsumsi itu, mereka jadi jarang sakit sih. Intinya memang kalo pencernaan sehat, ya ngaruh ke imun, Krn nutrisi makanannya juga jadi bagus terserap.

    Aku sendiri mau ngabisin stok probiotikki, ntr mau beralih ke interlac deh. Diitung2 lebih murah Krn udah include vit D juga, utk yg kunyah

    ReplyDelete
  15. Kok ngeri banget sekarang ya, apa-apa serba dipalsu bahkan peoduk probiotik sekalipun. Memang lebih aman belinya di official store nya langsung. Harga jelas, ED-nya juga jelas

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top