Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dengan Pelatihan Online Terbaik


Pandemi Covid-19 berdampak serius pada banyak sektor di Indonesia, termasuk sektor ekonomi. Banyak perusahaan mau tidak mau harus melakukan efisiensi karena terhambatnya aktivitas bisnis akibat pandemi. Akhirnya banyak pula pekerja yang dirumahkan atau bahkan diberhentikan. 

Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan per April 2020, ada 1 juta orang pekerja yang terkena dampak ini.  Lebih dari 870 ribu pekerja dirumahkan, dan sisanya di-PHK. Sebagai akibatnya, terjadi kenaikan angka kemiskinan dalam tiga tahun terakhir. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah warga miskin di Indonesia meningkat lebih dari 2,7 jiwa akibat pandemi Covid-19.



Di kondisi seperti ini, mencari pekerjaan memang akan lebih menantang. Lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding jumlahnya dengan tenaga kerja yang ada. Terlebih lagi karena harus melakukan efisiensi, maka perusahaan akan lebih selektif dalam merekrut karyawan. Perusahaan butuh tenaga kerja yang memiliki skill atau keahlian, produktivitas yang tinggi, serta paham teknologi. 

Selain itu, UMKM yang bisa menyerap tenaga kerja juga sangat terdampak pandemi Covid-19. Ini terjadi karena daya beli masyarakat menurun, bahan baku sulit didapat, permodalan dan distribusi terhambat, serta karena pembatasan aktivitas di luar rumah. 


Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 ini adalah dengan meluncurkan Kartu Prakerja. 

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangkan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja//buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatkan kompetensi.

Tujuannya adalah mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja, serta mengembangkan kewirausahaan. Yang menjadi prioritas adalah pencari kerja usia muda dan pekerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Covid-19. 



Pelatihan Online Terbaik

Tahun 2020 lalu, penerima Kartu Prakerja mendapatkan bantuan saldo/pagu pelatihan sebesar 1 (satu) juta rupiah. Saldo ini bisa digunakan untuk membayar pelatihan di platform digital resmi yang bekerja sama dengan program ini. Pelatihan apa yang bisa diikuti?



Ada banyak topik pelatihan online yang bisa dipilih, misalnya:

  1. Membuat dan Menjual Masker Kain Melawan Virus Corona.
  2. Copywriting: Trik Merangkai Kata untuk Meningkatkan Penjualan.
  3. Laris Manis Berjualan di E-commerce.
  4. Membuat Brosur Digital dengan Canva.
  5. Sukses Mengelola Keuangan UMKM.
  6. Cara Asyik Menghasilkan Uang dari HP dengan Whatsapp.



Wuih, menarik sekali kan topik-topiknya. Ada banyak kelas lain yang bisa dipilih di Skill Academy yang menyediakan pelatihan online terbaik bersertifikat. Sebelum mendaftar ke sebuah kelas, penerima Kartu Prakerja bisa menonton dulu video demo dan melihat siapa yang menjadi trainer atau pelatihnya.




Di setiap kelas ada tes sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan, jadi peserta bisa melihat sendiri kemajuan yang dialami setelah mengikuti kelasnya dengan sungguh-sungguh. Ada berbagai materi yang bisa diunduh dan dibaca. Selain itu ada juga sertifikat yang bisa dijadikan bahan portofolio. 




Skill Academy

Bagi yang belum tahu, Skill Academy ini merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru, perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki 22 juta pengguna dari 100 bidang pengajaran. Tahun 2020, Skill Academy telah digunakan oleh 4 juta pengguna dalam satu tahun dan meraih rating bintang 5 alias sempurna dari ulasan 350.000 penggunanya. 




Pelatihan Online dari Sudut Pandang Orang Tua HS

Sebagai orang tua yang saat ini memilih pendidikan informal untuk anak-anaknya, konsep pelatihan online yang ada di Skil Academy sangat menarik. Untuk teman-teman yang pekerjaan dan usahanya terdampak pandemi Covid-19, pelatihan yang ditawarkan bisa menjadi solusi untuk mencari ide serta meningkatkan kualitas diri, tanpa harus dibatasi waktu, ruang, dan tenaga. Dari segi biayapun terjangkau. Untuk penerima Kartu Prakerja bahkan mendapat bantuan biaya untuk mengikuti pelatihannya.




Konsep belajar dan mengembangkan skill di mana saja dan kapan saja ini yang sejalan dengan konsep homeschooling. Bahwa belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dari siapa saja termasuk dengan mengikuti pelatihan online.

 



Bahkan anak khususnya yang sudah berada di level sekolah menengah atas atas sudah kuliah, bisa langsung belajar tidak hanya mengenai hal-hal yang sifatnya teori. Mereka juga bisa belajar dari penerapan dan pengalaman dari orang yang berpengalaman di bidang tersebut. Dengan demikian, mereka juga belajar bahwa ada berbagai macam profesi di dunia ini dan ada berbagai macam bidang yang bisa dipelajari sesuai minat masing-masing. 

Sumber: 

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-55992498

https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all 

https://economy.okezone.com/read/2020/07/15/320/2246713/5-jenis-umkm-yang-paling-terdampak-covid-19

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1331698-82-9-persen-umkm-ri-kena-dampak-negatif-covid-19?page=all&utm_medium=all-page

https://www.prakerja.go.id/ 

Comments

  1. seru banget ada pelatihan online kayak begini.. mudah2an bisa meningkatkan skill dan bisa jadi solusi untuk cari ide usaha baru ya..

    ReplyDelete
  2. Kece banget Skill Academy. Ada sertifikat juga mbak saya udah coba kelasnya. Salah satunya kelas Seo bersama Hilman Akbar.

    ReplyDelete
  3. Konsep belajar dimana saja ini yaa...seru banget.
    Dan memang sebaiknya kita tetap semangat memperbarui skills yang dimiliki agar lebih kompeten lagi menghadapi dunia kerja.

    ReplyDelete
  4. Banyak yang rekomendasikan buat ikutan kelas online ini. Kayaknya aku harus coba :)

    ReplyDelete
  5. Pandemi benar benar mengubah segalanya ya, termasuk sektor pekerjaan. Jadi inget jaman dulu, waktu mencari pekerjaan tu, udah tidak mudah.

    Jaman sekarang, kalau aku lihat rasanya lebih mudah ya, untuk membangun usaha malah lebih mudah. Apalagi ada banyak pelatihan dan kelas online seperti skill academy ini ya, Mbak

    ReplyDelete
  6. Mantap itu ada pelatihan copy writing, udah kamu pengen melatih kepenulisan dengan copy writing

    ReplyDelete
  7. pandemi ini sebaiknya memang jadi waktu buat kita memperbanyak kompetensi diri yaa mba, biar nanti lebih siap kerja setelah pandemi usai aamiin

    ReplyDelete
  8. Kelas online ini jadi pilihan yang solutif untuk menambah keahlian khusus para pekerja. Apalagi bisa dilakukan dari rumah. Membantu banget

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

back to top