Keluarga Multimedia #2: Membuat Slide Presentasi dengan Canva.com


Untuk postingan kedua dengan tema keluarga multimedia saya bukan mengulas aplikasi android ya. Teman-teman mungkin sudah nggak asing dengan Canva untuk Android tapi mungkin ada yang belum tau kalau Canva ada versi desktopnya. Bukan berupa aplikasi namun berupa situs yaitu www.canva.com.



Sama seperti aplikasi smartphonenya, untuk menggunakannya kita harus mendaftar dulu. Kalau sudah mengunduh dan mendaftarkan email di aplikasi smartphonenya, kita bisa login dengan email yang sama. Kitapun bisa menggunakan berbagai template yang disediakan gratis, salah satunya template slide presentasi.


Memang untuk membuat slide presentasi kita bisa menggunakan Power Point tapi akhir-akhir ini saya lebih suka menggunakan Canva karena template yang lebih bervariasi. Dalam satu template ada beragam desain untuk slidenya, jadi slide kita nggak terlihat monoton. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat slide presentasi dengan Canva?


1. Akun Canva yang bisa dibuat dengan mendaftarkan email kita secara gratis.
2. Pilih template sesuai keinginan.
3. Untuk setiap halaman baru kita bisa memilih desain slide dalam template yang sudah kita pilih, jadi tiap slide senada tapi tak sama he he.
4. Kita juga bisa mengunggah gambar atau foto sesuai kebutuhan.
5. Setelah selesai membuat slide presentasi, file bisa didownload/diunduh dalam bentuk PDF, JPEG, atau PNG. 


Keuntungan membuat slide presentasi dengan Canva.com selain nggak perlu repot-repot memikirkan desain adalah bisa diunduh dalam bentuk PDF. Jadi lebih mudah membagikan materi presentasi, seperti yang saya buat untuk Home Sharing Ibu Profesional Lampung.




Selain itu slide yang kita buat juga cocok digunakan untuk membuat video presentasi, seperti yang saya buat untuk event Milad Kedua Tapis Blogger.



Yang terakhir, saya juga memanfaatkan slide presentasi ini untuk infografis di blog. Seperti saat saya menulis review tentang HokBen Lampung, gambar-gambarnya saya buat dengan menggunakan Canva.com 


Berhubung kita membuat slidenya secara online, memang harus punya koneksi internet yang baik. Makanya nih saat membuat slide untuk postingan HokBen Lampung saya butuh waktu dua malam. Pertama karena senggangnya ya saat malam, anak-anak sudah tidur. Kedua karena waktu itu koneksi internet lebih lancar saat malam hari. 



Meski butuh koneksi internet tapi saya memang sudah terlanjur jatuh cinta dengan Canva.com ini, yah agak telat sih ya karena sebelumnya lebih banyak menggunakan aplikasi Androidnya hi hi. Tapi membantu banget karena saya bisa langsung menggunakan berbagai template yang sudah ada. 


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9