Friday, February 16, 2018

Anak Umur 1 Tahun Belum Bisa Jalan, Normal Nggak Ya?

Anak Umur 1 Tahun Belum Bisa Jalan,
Normal Nggak Ya?

Dunianya ibu itu ntah kenapa nggak bisa jauh-jauh dari komentar orang-orang soal tumbuh kembang anak. Ya tinggal disabar-sabarin aja. Apa yang biasa dikomentarin? Banyaklaaah.

Mulai dari berat badan, sampai anaknya udah bisa apa. Ada komentar/pertanyaan yang memang karena peduli ada juga yang 'peduli', pakai tanda petik hahah. Di usia Razqa yang 13 bulan ini, yang paling sering ditanyakan orang adalah "Sudah bisa jalan belum?"


Saya nggak marah lho ditanya-tanya. Kan tadi udah disebutin di atas, banyak kok yang memang nanya ya karena mau tau kabarnya Razqa. Ya berterima kasih syukur alhamdulillah masih ada yang perhatian.

Tapi kalau nanyanya trus pakai komen-komen nggak enak macam "Ih lambat ya, bla bla bla." Jujur aja malesin! Saya pernah batal ngasi tip ke driver ojek online gara-gara komennya reseh, untung nggak saya kasi bintang kecil he he #sabarsabar.

Titah-titah di rumput walaupun geliiii.

Kuisioner Pra Skiring Perkembangan

Tapi biasanya saya juga sering jelasin begini sih. Anak usia 12 bulan/1 tahun belum ada lho 'kewajiban' harus sudah bisa jalan. Jadi kalau di KPSP/Kuisioner Pra Skrining Perkembangan Anak 12 Bulan, nggak ada poin anak sudah bisa jalan.

Baca: Daftar Alamat Baby Shop di Bandar Lampung.

Sebagai gambaran nih ya, poin-poin yang berhubungan dengan berdiri dan berjalan di KPSP 12, 15, 18, dan 21 Bulan:

Di KPSP 12 Bulan

Apakah anak dapat berdiri selama 30 detik atau lebih dengan berpegangan pada kursi/meja?

KPSP 15 Bulan

Apakah anak dapat jalan sendiri atau jalan dengan berpegangan? 
Dapatkah anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama kira-kira 5 detik?
Dapatkan anak berdiri sendiri tanpa berpegangan selama 30 detik atau lebih? 
Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?

KPSP 18 Bulan

Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?

KPSP 21 Bulan

Apakah anak dapat berjalan di sepanjang ruangan tanpa jatuh atau terhuyung-huyung?

Di KPSP 12 Bulan ternyata baru ada poin tentang berdiri 30 detik dengan berpegangan! Di KPSP 15 Bulan baru ada poin tentang berjalan, baik dengan berpegangan maupun berjalan sendiri. Dan di KPSP 18 & 21 Bulan, si poin tentang berjalan ini muncul lagi!

Di jalan berbatu kecil.

Baca: Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dipersiapkan.

Jadi alhamdulillah, berdasarkan KPSP ini, anak usia 12 bulan or 1 tahun kalau belum bisa jalan itu masih kategori normal. Soalnya memang sekali lagi belum ada ya poin tentang anak sudah bisa berjalan. Yang penting dicek juga apakah poin-poin lain dalam KPSP 12 bulan itu sudah terpenuhi (minimal 8 poin). 

Kalau ada anak-anak yang belum 1 tahun sudah bisa jalan? Ya alhamdulillah. Tapi please jangan paksa orang tua lain untuk kecil hati kalau anaknya yang usia 1 tahunan belum bisa berjalan. Apalagi kalau pakai komentar-komentar nggak enak. 

Usia Rata-Rata Anak Mulai Berjalan

Sebagian besar anak berjalan tanpa bantuan di usia 14-15 bulan (Razqa aja belum umur segini he he). Dan banyak juga anak yang sehat yang baru berjalan usia 16-18 bulan.

Kakak Rayyaan juga baru mulai lancar berjalan usia 14-15 bulan. Usia 13 bulan baru belajar melangkah 1-2 langkah. Sekarang mah unstoppable deh. Lari terusssss ha ha. Anak-anak teman-teman saya juga ternyata bervariasi usia berjalannya, mulai dari 14-22 bulan. 


Belajar jalan di mall ahahaha!

Kalau Razqa sejak usia 12 bulan sudah beberapa kali berdiri sendiri selama 15 detik detik. Pernah melangkah 1-2 langkah tapi masih banyak merambat. Setiap hari juga dititah-titah. Kalau capek si bocah keliling rumah dengan merangkak ngebut he he. 

Berdasarkan info yang saya baca. Orangtua harus waspada kalau usia 18 bulan anak belum berjalan sama sekali, atau usia 2 tahun berjalannya belum stabil. Kalau begini sebaiknya berkonsultasi ke ahlinya di klinik tumbuh kembang anak. 

Cara Menstimulasi Anak Belajar Berjalan

Kalau belum usia 18 bulan dan belum berjalan? Ya mari kita tetap semangat memberi stimulasi untuk para bocah he he. Beberapa tips yang saya baca tentang menstimulasi anak belajar berjalan:

1. Bermain gelinding-tangkap bola dengan anak sambil duduk.
2. Bermain kejar-kejaran dengan merangkak.
3. Pancing anak agar meraih sesuatu seperti mainan di lantai.


4. Biarkan anak berjalan dengan merambat/berpegangan di meja, kursi, dsb.
5. Belajar berjalan tanpa alas kaki supaya kaki anak bisa mencengkram permukaan lantai lebih mudah.
6. Belajar berjalan di tempat berbatu, berpasir, dsb.
7. Pastikan tubuh anak sudah stabil saat dititah.

Baca juga ya tips dari Maknya Rania (ini panggilan by request he he), Mbak Dwi Septiani di Lakukan 10 Stimulasi Praktis Berikut Agar Anak Cepat Jalan. Jadi sebagai sesama ibu kami pernah merasakan hal serupa saat anak-anak berusia 1 tahun, belum jalan dengan lancar, dan as usual... dapat komentar dari orang-orang he he. 

Jadilah topik ini jadi tema pertama kami di Ngupi Pay! Ngobrol Seru Bareng Duo Mom Blogger Lampung.

Alat Bantu Belajar Berjalan

Dulu saat Rayyaan belajar berjalan, saya sempat menggunakan moonwalker, tapi nggak lama. Karena sebaik-baiknya alat berlatih adalah tangan Mama Papanya ha ha. Jadi sekarang Razqa juga lebih banyak dititah 'manual' sama Mama Papanya. 

Pakai baby walker beroda untuk belajar berjalan juga nggak. Soalnya selain faktor keamanan, dikhawatirkan baby walker yang ini bikin anak malas merangkak, sementara merangkak adalah fase yang penting dalam tumbuh kembang anak.

Baby walker jaman now.

Kalau baby walker jaman now itu adalah baby walker yang tipe didorong-dorong. Razqa juga punya sih. Dapat kado dari teman-teman Papa. Bisa jadi mobil-mobilan bisa jadi baby walker.

Tapi nih 2 bocah kakak adek kompakan maunya jadi mobil-mobilan aja hahah. Tapi buat didorong-dorong sih nggak harus baby walker yak, bisa pakai kursi atau galon kosong he he.

Baca: Pilih Memakaikan Clodi atau Pospak?

Oh iya, pas Rayyaan lagi belajar jalan dulu juga lumayan sering diajak Mama ke playland. Maklumlah kalau pas merantaumah temannya terbatas. Kalau di playland liat anak-anak lain yang sudah jalan biar menyadari "Oh habis merangkak itu aku berjalan." 

Ya intinya sih biar semangat gitu ngeliat anak-anak yang lebih besar dan sudah bisa jalan. Kalau Razqa kan udah ada Kakak Rayyaan yaaa. Udah nggak kurang-kurang ngasi contoh jalan, lari, lompat, jungkir balik segala macem hahah.

Jadi buat sesama ortu yang sama-sama sering bertanya-tanya "Anak umur 1 tahun belum bisa jalan, normal nggak ya?", mari tetap semangat kasi stimulasi, semangat berdoa. Juga tetap sabar-sabar kalau ada yang komen gaje he he. 

11 comments:

  1. Anakku suka dorong sepedanya tetangga Mbk pas belajar jalan hehe

    ReplyDelete
  2. Wah jadi ingat tahapan belajar anakku dulu. Anakku rata-rata lama berjalannya Semua di atas 14 bulan.

    ReplyDelete
  3. Semangat ya dek razqa belajar jalannya. Saya aja dulu umur 2 tahun baru bisa jalan :D

    ReplyDelete
  4. Dulu saya termasuk ortu yg khwatir krna usia 15 bulan Erysha blum bisa jalan. Lalu cari tahu menurut WHO usia maksimal anak bisa jalan. Baru agak tenang. Allhamdulillahnya usi 16 bulan baru Erysha udah bisa jalan. Akhirnya sayanya makin tenang ☺️

    ReplyDelete
  5. anakku sudah mulai lancar jalan pas usianya masuk 14 bulan ini. sebelumnya aku sudah tanya beberapa teman dan katanya anaknya sekitar umur segitu juga bisa jalan. jadi ya aku santai aja. heu

    ReplyDelete
  6. Tiga anakku beda-beda kepintarannya saat balita.
    Yang sulung, serba cepat semuanya, 11 bulan udah bisa jalan dan ngomong lancar.
    Yang nomor dua, 13 bulan baru bisa jalan belum lancar, ngomong malah telat :)
    Yang bungsu, 12 bulan lancar jalan dan ngomong lancar 15 bulan. Tapi yang bungsu ini paling bawel :D

    ReplyDelete
  7. Pengalamanaku anak pertama jalan pas umur 16 bulan, anak kedua 12 bulan, bapaknya anak-anak 18 bulan. Semua dibarengi dengan perkembangan psikomotorik yg berbeda-beda, jadi santai saja selama tidak menunjukkan gejala yg benar2 mengkhawatirkan.

    ReplyDelete
  8. aku dulu pas balita malah jalan 18 bulan mbak -_-
    kata ibuku aku penakut banget jadi gak jalan2
    tapi begitu udah jalan langsung deh lari kenceng
    wusss
    lebih mental anak sih menurutku
    semangat dek razqa
    mungkin memang agak lambat tapi siapa tahu nanti langsung lari wusss
    kalau sudah begini lebih hati2 bunda

    ReplyDelete
  9. Naima baru berjalan usia 1,5 tahun, kalau Keke 9 bulan juga udah belajar jalan. Memang berbeda-beda tiap anak. Tapi anak-anak saya gak ada satupun yang merangkak. Sempat galau saat itu. Setelah curhat ma mamah malah katanya saya juga gak pernah merangkak. Eh, curhat ma mertua juga sama. Suami saya juga gak melewati fase merangkak. Semuanya langsung jalan :D

    ReplyDelete
  10. Anakku g ada jg yg pake walker itu mba. Bukan napa2, tp rumah sempit, yg ada dia cm meluncur dari ujung ke ujung doang hahahaha. Kalo masalah jalan, anakku cepet. Tapi si adek ini, udahb2 thn, blm banyak ngomong. Padahl serumah udh menstimulasi dia dengan banyak kata2. Tp dia ngerti sih dengan apa yg diomongin. Cm blm bisa merespon :( . Makanya mau cari tau dulu apa itu normal ato memang hrs pake terapi wicara

    ReplyDelete
  11. Anak saya 10 bulan udah jalan 3 langkah, tapiii dia suka males jalan
    Sekarang usia 1 thn, jalan belum lancar
    Saya g ribet sih mb, yg ribet orang2
    Xizizi tipe2 ortu di asia gitu sih y apa2 kompetisi paling ceper dibilang makin baikk
    D situ merasa miris 😂

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29