Friday, February 23, 2018

6 Tips Memilih Paket Internet Supaya Tidak Rugi

Gambar: pixabay.com

Sekarang ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, sehariiii saja tanpa internet mungkin semuanya akan berantakan. Ada yang memanfaatkan internet untuk bisnis, memulis blog, belajar atau berkomunikasi dengan kerabat di medsos. Namun sebelumnya apakah kita sudah menentukan provider untuk paket internet yang tepat? 



Di tengah banyaknya persaingan provider, sebagai konsumen kadang kita bingung ya menentukan mana yang terbaik. Apalagi semuanya menawarkan berbagai kelebihan masing-masing. Tapi jangan hanya tergiur pada harga murah yang ditawarkan karena mungkin saja kenyataan tidak sesuai dengan harapan.

Walaupun banyaknya pilihan itu ternyata nggak membuat sebagai konsumen mudah menentukan mana yang paling tepat. Harus memerlukan berbagai pertimbangan terlebih dahulu sebelum akhirnya mencoba. Berikut ini ada 6 tips memilih paket internet supaya tidak rugi:

1. Tentukan kebutuhan kita

Pertama tentukan dulu kebutuhan kuota kita setiap bulannya. Karena setiap orang pasti akan mempunyai tingkat keperluan yang berbeda. Kita bisa mengukur dengan melakukan analisa seberapa sering menggunakan aplikasi, email, ataupun lainnya yang memerlukan internet dalam kegiatan tersebut. Mungkin bagi ibu rumah tangga 15 GB dalam satu bulan itu lebih dari cukup tetapi tidak begitu bagi para pemilik toko online.

2. Cek jaringan di lokasi kita

Kedua adalah menentukan ketersediaan jaringan dari provider satu dengan lainnya, hal ini membuat kita akan terbebas dari lambatnya loading akibat sinyal yang kurang tersedia. Misalnya saja tidak semua daerah sudah memiliki jaringan internet 4G. Pilih provider yang mampu memberikan berbagai layanan yang baik dan tepat.

Gambar: pixabay.com

3. Harga setiap provider

Langkah ketiga adalah mempertimbangkan harga dari satu provider dengan lainnya, hal ini pasti akan berbeda-beda. Misalnya saja provider A mampu memberikan harga yang murah tetapi kualitas bagus, provider B bisa memberikan harga yang mahal tetapi jaringan yang lebih baik. 

Nah, hal itulah yang menjadikan pertimbangan dalam pemilihan paket internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita hanya tergiur dengan harga yang lebih murah tetapi tidak disertai kualitas yang baik.

4. Perhatikan syarat dan ketentuan setiap provider

Tidak lupa juga untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku pada setiap provider, jangan sampai kita kecewa akibat pembelian yang tidak sesuai. Hal ini menyangkut ketentuan batas penggunaan, misalnya saja 45 GB dengan harga murah tetapi hanya digunakan pada malam hari, hanya berlaku selama seminggu ataupun lainnya yang penting kita ketahui.

Gambar: pixabay.com

5. Lakukan perbandingan

Nggak ada salahnya membandingkan harga paket untuk internet dari satu toko dengan toko lainnya. Hal ini supaya kita mendapatkan harga yang lebih terjangkau dan lebih ekonomis pastinya sesuai dengan kantong.

6. Jangan coba-coba

Jika kita telah nyaman dengan menggunakan satu provider sebaiknya jangan sekali-kali mencoba provider lainnya. Terutama jika kita sendiri belum paham kualitas dan juga ketentuan. Apalagi jika hal itu dilakukan hanya tergiur dengan harga yang lebih murah.

Demikian 6 tips membeli paket internet supaya kita tidak mengalami kerugian. Semoga membantu dalam menentukan provider dan paket internet yang menunjang kebutuhan kita.

1 comment:

  1. Aku banget tuh suka coba-coba tergantung isi kantong heheh

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29