Monday, April 24, 2017

Tips dan Trik MPASI: Membuat Frozen Food untuk MPASI

Tips dan Trik MPASI: Membuat Frozen Food untuk MPASI
Pic: The Craft Patch

Mommies yang punya baby, baca-baca lagi yuk tentang MPASI. Saya juga masih perlu belajar banyak nih karena terakhir membuat MPASI kan sudah lama sekali. Selain itu 2 bulan lagi insyaa Allah Razqa akan berusia 6 bulan yang artinya sudah boleh makan.

Harapan saya semoga dengan belajar dari sekarang, 2 bulan lagi saya nggak akan gelagapan dalam mempersiapkan dan memberikan MPASI untuk Rayyaan.

By the way yang boleh baca-baca tentang topik ini bukan hanya yang sudah jadi ibu lhooo. Para ayah, calon ibu, dan calon ayah juga boleh baca-baca. Om, tante, kakek, nenek juga boleh supaya bisa mendukung para ibu menyiapkan makanan pendamping ASI yang sehat untuk si bayi.


Sama seperti dua postingan sebelumnya, postingan kali ini juga merupakan materi kulwap Tips dan Trik MPASI oleh GIM (Gema Indonesia Menyusui) dengan narasumber dr. Khusnul D. Tyasari. Jadi jangan lupa baca juga postingan Membuat MPASI Sehat, Mudah, dan MengGIMbirakan dan postingan tentang Persiapan dan Pengolahan MPASI.

Frozen food adalah salah satu metode penyimpanan bahan makanan maupun makanan yg sudah dimasak. Yaitu dengan membuatnya beku di dalam suhu freezer agar lebih tahan lama. 

Untuk menyimpan MPASI caranya bisa dengan metode ice cube tray, yaitu dengan mengukus atau merebus bahan makanan, lalu menghaluskannya (bisa dengan garpu, saringan, blender, handblender), lalu menuangkannya ke ice cube tray lalu dibekukan.

Pic: The Things Well Make.

Setelah beku, baru dimasukkan ke kantong penyimpanan lain atau wadah tertutup yg disetting khusus untuk disimpan di freezer.

Berapa lama makanan bayi yg dibekukan dapat disimpan di freezer dan kulkas? 

👉Freezer: 3-6 bulan (idealnya digunakan dalam waktu 1-3 bulan) -- jika freezer terpisah.

👉Kulkas bawah (buah-buahan/sayur-sayuran): 48 jam.

👉Kulkas bawah (daging, unggas, ikan, telur): 24 jam.

👉Di kulkas bawah, direkomendasikan makanan bayi puree disimpan tidak lebih dari 48 jam. Batasan ini berdasarkan meminimalkan pertumbuhan bakteri dan ketahanan rasanya. Tapi wajib hukumnya untuk mencicipi MPASI terlebih dahulu sebelum diberikan kepada bayi. Aturan ini berlalu untuk sayuran, buah-buahan, daging, dan lain-lain.

Pic: Wholesome Baby Food.

Jika tidak direncanakan untuk dibekukan, mpasi puree homemade dibuat setiap hari, atau setiap 2 hari.

Contohnya, 1 buah ubi dipotong-potong, lalu dipanggang, kemudian 1/2 bagian tidak dibuat puree lalu dibekukan, 1/2 bagian dibuat puree. 

Keuntungan metode ice cube tray adalah:

1. Mudah memperhitungkan porsi sekali makan untuk bayi.
2. Meminimalkan membuang sisa makanan.
3. Mudah menggunakannya, tinggal ambil 1 cube per jenis makanan sehingga menghemat waktu memasak.

Sumber:

Kulwap Tips dan Trik MPASI oleh GIM (Gema Indonesia Menyusui), narasumber dr. Khusnul D. Tyasari.

2 comments:

  1. Tadinya saya pikir pudding, haha... Eh ternyata dari buah dan sayur yang dihaluskan ya. Kalau frozen gini mungkin lebih membantu ya untuk para orang-tua yang harus kerja seharian di luar rumah.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29