Sunday, April 23, 2017

Tips dan Trik MPASI: Membuat MPASI Sehat, Mudah, dan MengGIMbirakan

Tips dan Trik MPASI: Membuat MPASI Sehat, Mudah, dan MengGIMbirakan.
Pic: Pixabay.

Sabtu malam tepatnya tanggal 22 April kemarin saya mengikuti kulwap alias kuliah di grup whatsapp Tips dan Trik MPASI yang diselenggarakan oleh Gema Indonesia Menyusui (GIM) yang merupakan komunitas relawan gembira yang mengelola situs menyusui.info, Twitter @TipsMenyusui, grup WA ASI dan grup WA MPASI. Karena diselenggarakan oleh GIM maka temanya adalah Membuat MPASI Sehat, Mudah, dan MengGIMbirakan. Bisa aja deh yaaa he he.


Bersyukur banget ya sekarang kita bisa belajar banyak hal lewat kulwap macam ini. Pas banget si adek 2 bulan lagi insyaa Allah mau makan MPASI. Ih kan masih lama? Dulu kan sudah pernah membuat MPASI untuk Rayyaan. Tapi kan sudah 4 tahun yang lalu. Saya takut lupa ha ha. Selain itu saya juga merasa masih banyak yang harus dipelajari. Biar nggak gelagapan saya berusaha jauh-jauh hari belajar lagi tentang MPASI termasuk lewat buku dan kulwap macam ini.

Narasumber kulwap ini adalah dr. Khusnul D. Tyasari atau yang biasa dipanggil dr. Chuz. Saat ini beliau tinggal di Gorua, Halmahera Utara, bersama suami dan kedua anaknya. Selain bertugas di sebuah puskesmas, beliau juga aktif menjadi admin relawan di WA grup MPASI asuhan GIM. Di waktu luangnya, beliau suka memasak, baking, dan belajar food photography yang dituangkan di blog www.dokterchef.com dan IG @chuznuldwityasari.

Pic: Pixabay.

Sebelum sesi tanya jawab ada materi yang bisa dibaca dan dipelajari oleh para peserta. Materi ini sudah saya save di notepad di smartphone saya. Tapi supaya lebih mudah dicari dan dibaca, materinya akan saya share juga di blog ini. Semoga makin bermanfaat bagi banyak orangtua dan ilmunya yang disebarkan menjadi ladang amal bagi para relawan dan narasumber GIM, aamiin.

MPASI (Makanan Pendamping ASI) apaan Sih?

MPASI berarti pemberian makanan lain sebagai pendamping ASI. Secara bertahap diharapkan nantinya dapat makan seperti anggota keluarga lain makan. Dalam waktu 2 tahun ASI akan sepenuhnya digantikan oleh makanan keluarga. 

Gimana metodenya?

Kami merekomendasikan spoon feeding mengacu pada WHO

Kapan diberikan? Apa tanda bayi siap mendapatkan makanan padat?

Makanan pendamping ASI dapat mulai diberikan jika bayi sudah menunjukkan tanda siap makan, kebanyakan bayi normal menunjukkan tanda–tanda siap makan pada usia 6 bulan.

Tanda bayi siap makan, yaitu kepala sudah tegak, duduk dengan bantuan, refleks menjulurkan lidah berkurang, tertarik melihat orang makan, mencoba meraih makanan, dan membuka mulut jika disodori sendok/makanan.

Bagaimanakah MPASI yang baik?

MPASI yang baik adalah yang padat energi, protein, dan mikronutrien (zat besi, zinc, kalsium, vit A, vit C, dan asam folat). Selain itu MPASI harus bersih dan aman dari berbagai organisme, bahan kimia, toksin berbahaya. MPASI juga tidak boleh tulang atau bahan makanan keras lain yg dapat menyebabkan tersedak. Kriteria lain adalah not too peppery, not too salty, mudah dimakan oleh anak anak, tersedia di tempat tinggalnya serta mudah untuk disiapkan. 

Untuk mudahnya, kita ingat dengan 4 ⭐. Sudah terkenal banget kan ya istilah MPASI 4⭐. Coba saja ketik di instagram dengan hashtag #mpasi4bintang pasti langsung deh tuh muncul banyak foto dan resep-resepnya. Tapi biar afdol kita jabarkan sedikit yaa.

Karbo/bahan makanan pokok: nasi putih, nasi merah, bihun, singkong, ketan, ubi, kentang, oat, pasta, jagung kering, dll

⭐ Protein hewani (prohe): ikan, ayam, daging, telur, udang, hati, keju, dll

⭐ Kacang-kacangan/protein nabati (pronab): tahu, tempe, kacang tanah, kc. Merah, kc.kedelai, kc.hijau, edamame, kecambah, buncis, dll

⭐ Sayur/buah: Bayam, wortel, kc.panjang brokoli, bokchoy, sawi, labu siam, jagung manis, dll. Pepaya, apel, mangga, jambu, nanas, pisang, alpukat, dll

➕ Tambahan minyak: Minyak sayur, margarin, butter, dll. 

Menu 4⭐ ini sebaiknya ada di setiap waktu makan. Karena tidak ada makanan "dewa" yg memenuhi semua nutrisi yg dibutuhkan anak. Sebaiknya bahan makanan divariasikan setiap hari. Jadi walaupun bayam, hati, wortel bagus, bukan berarti harus diberi menu tersebut setiap hari.

Pic: Pixabay.

Perhatikan juga kebersihan saat memasak. Bersihkan bahan makanan dan gunakan talenan berbeda antara daging mentah dgn bahan makanan yg langsung makan. Jangan lupa cuci tangan saat mau menyuapi makan dan juga tangan anak.

Baca: Persiapan dan Pengolahan MPASI.

Apa saja tips pemberian MPASI pada anak?

❤ Buat jadwal makan teratur.
❤ Pengenalan makanan membutuhkan setidaknya 10-15 kali mencoba.
❤ Jangan memaksa anak makan.
❤ Perhatikan tanda lapar dan kenyang.
❤ Kebersihan dalam mengolah, menyiapkan dan memberikan MPASI sangat penting.

Lho baru segini aja materinya sudah banyak tapi padat berisi ya? Kayaknya nggak cukup nih kalau hanya satu postingan. Berhubung sekarang sudah jam 6 pagi, postingan tentang MPASI insyaa Allah akan saya lanjutkan lagi siang nanti ya. Sambil menunggu postingan selanjutnya, mampir yuk ke postingan-postingan saya tentang Bayi dan Balita di blog ini.

Sumber:

Kulwap Tips dan Trik MPASI oleh GIM (Gema Indonesia Menyusui), narasumber dr. Khusnul D. Tyasari.

3 comments:

  1. kalau anak pertama dulu, saya pakai metode buah dulu. Baru anak kedua ini pakai metode who, masing2 punya kekurangan dan kelebihan sih. Pas anak pertama saya termasuk rajiin urusan mpasi, giliran anak kedua agak 'longgar' :D

    ReplyDelete
  2. menarik nih mbak bahasannya, persiapan juga buat saya yang masih belum ditahap "ibu" :)
    terima kasih ilmunya mantab :) ditunggu lanjutannya ya

    ReplyDelete
  3. sip bunda ... nantik biar istri qw baca blog jenengan .. maklum sudah bumil

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29