Tuesday, May 10, 2016

Kurang Suka Minum Air Putih Saat Hamil

Kurang Suka Minum Air Putih Saat Hamil

Di postingan kali ini masih mau membahas seputar kehamilan ya. Hitung-hitung usaha mengalihkan pikiran dari morning sickness he he. Meski mual dan muntah yang saya alami tidak separah kehamilan pertama tapi indra penciuman dan pengecap memang lebih sensitif saat trimester pertama. Selain tidak bisa makan nasi dalam jumlah banyak (kadang malah tidak bisa sama sekali) saya juga tidak bisa minum air biasa dalam jumlah banyak. Akibatnya suatu hari pernah warna air seni jadi seperti warna teh hu hu. Padahal ibu hamil harus minum setidaknya 2,3 liter air setiap hari. 


Kenapa ya ibu hamil harus lebih banyak minum air putih? Yang utama tentu saja untuk mencegah dehidrasi. Ciri-ciri dehidrasi ringan di antaranya adalah air seni berwarna oranye dan baunya menyengat, mulut dan kerongkongan rasanya kering, dan sakit kepala ringan. Saya banget nih pas kemarin kurang minum, rasanya keliyengan. Selain itu air putih juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah, mencegah persalinan prematur, serta membuang bakteri dari ginjal. Manfaat lain dari air putih untuk ibu hamil adalah mencegah sembelit.

Baca: 5 Alasan Ibu Hamil Wajib Makan Semangka.

Lalu bagaimana saya menyiasati supaya tidak kekurangan cairan saat hamil terutama di trimester pertama ini?

1. Minum air putih dingin. 

Pic: www.humanhealth.com

Biasanya sih saya nggak begitu suka minum air putih dingin. Lebih suka air putih suhu ruang aja, atau kalau mau agak seger ya dicampur sedikiiiiit aja dengan air dingin. Saya pernah membaca kalau ibu hamil mengalami mual saat minum air putih, baiknya minum air putih hangat dalam jumlah sedikit tapi sering. Sayangnya kalau minum air putih hangat saya malah mual. Nggak takut bayinya besar kalau minum air dingin? Hmm kalau tanya-tanya ke dokter kandungan sih yang bikin bayi besar itu kalau keseringan minum air yang manis-manis, terutama di trimester ketiga.

Misalnya nih kalau pagi siang sore minumnya jus yang maniiiis banget, es cendol, es buah he he. Yang agak dikhawatirkan dari air dingin ini kalau di siang hari yang panas dan langsung minum air dingin fresh dari kulkas dalam jumlah banyak, tenggorokan bisa sakit. Jadi saya mengakalinya dengan minum sedikit-sedikit tapi sering atau mendinginkan air di botol lalu diletakkan di luar kulkas untuk diminum. Kalau airnya sudah tidak dingin lagi botolnya dimasukkan ke kulkas lagi.

Baca: Supaya Tidak Terlalu Larut dalam Morning Sickness.

2. Minum air jeruk atau air jeruk nipis.

Pic: www.tehgreenfamilia.com

Salah satu usaha saya yang lain supaya nggak kekurangan cairan adalah menambahkan perasan jeruk nipis ke air minum atau minum air jeruk. Kalau untuk dua minuman ini mau hangat atau dingin alhamdulillah nggak masalah bagi saya. Biasanya kalau minum air plus perasan jeruk nipis saya nggak pernah pakai gula lagi. Tapi berhubung saat ini nggak ketelan kalau nggak dikasi gula, nggak apa-apa deh ditambahkan gula sedikit. Minum air jeruk dan air jeruk nipis ini selain terasa segar di kerongkongan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin Cnya.
3. Minum air kelapa muda.


www.teignfitness.co.uk

Ada suatu hari di mana saya takut banget minum air putih dan belum berani minum air putih dingin dan akhirnya saya titip dibelikan air kelapa muda. Rasanya segeeeeer banget. Untungnya ada penjual kelapa muda di dekat rumah. Kelapanya saya minta yang baru dikupas saat mau beli dan tidak dicampur apa-apa. Kalau dicampur gula dari pedagang kadang rasanya jadi aneh apalagi kalau pedagangnya pakai pemanis buatan. Supaya nggak bolak-balik beli biasanya saya beli tiga buah kelapa sekaligus, jadi tiga plastik yang disimpan dalam kulkas. Karena bisa minum air kelapa muda dingin inilah saya jadi berani minum air putih dingin he he. 

Apa saya minum air kelapa muda karena pengen anaknya putih bersih dan air ketubannya bersih? Saya nggak tau deh soal ini, ada buku yang menyebutkan hal itu cuma mitos, ada artikel di sebuah majalah kesehatan yang menyebutkan kalau kandungan dalam air kelapa bisa saja berpengaruh pada air ketuban dan kulit bayi. Tapi kalau saya sih minum air kelapa ya biar nggak haus he he he. Air kelapa muda kaya kandungan elektrolit dan baik diminum terutama bagi orang yang kehilangan cairan tubuh dan khasiatnya lebih baik dibanding minuman isotonik buatan. Selain itu air kelapa muda juga mengandung zat antidotum atau anti racun. Daging buah kelapa muda juga baik dimakan ibu hamil karena mengandung serat yang mencegah sembelit.

Baca: Homemade Toner untuk Ibu Hamil.

4. Makan buah semangka.


Pic: www.healthline.com

Trik terakhir biar nggak berasa haus dan kekurangan cairan adalah ngemil buah semangka. Kandungan air buah ini memang tinggi. Dari 100 gram buah semangka kandungan airnya mencapai 91 gram. Makan potongan buah semangka yang merah, manis, dan banyak kandungan airnya di siang hari itu seger banget deh.

Baca: Homemade Pore Cleanser Mask untuk Ibu Hamil.

Minum air teh saat hamil?

Kenapa saya nggak minum air teh hangat atau dingin? Cuma nyicip sedikit sih nggak apa ya. Tapi selain karena di trimester pertama ini toh saya nggak suka minum air teh (ada after taste asamnya di lidah) dan saya juga berusaha menghindari mnuman berkafein. Walaupun teh itu enak (kalau lidah lagi normal he he) tapi kalau minum teh dalam kondisi nggak sedang hamil aja saya jadi lebih banyak buang air kecil dan harus minum lebih banyak air putih biar nggak dehidrasi. Jadi saat hamil lebih baik dihindari deh, lebih baik minum air putih dingin, air jeruk, air jeruk nipis, dan air kelapa muda aja. 

14 comments:

  1. Barokallah Mbk waah lagi hamil ya, pantes kukira tumben jarang update hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mbak alhamdulillah. Sedang berjuang menyesuaikan diri dengan mual-mual he he.

      Delete
  2. selamat mba untuk kehamilannya, saya juga sedang hamil anak pertama... mual-mual dan berasa meriang mulu hihihi..

    sama banget ga bisa minum air putih, jadi aku lebih suka air kelapa dan semangka.

    Sehat-sehat ya ibu dan baby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin. Terima kasih ya Mak. Semoga mual & meriannya cepat pergi yaaaa. Sehat terus ibu & adik bayinya #kiss

      Delete
  3. Jadi inget hamil pertama dulu, setiap hari ditakar minimal minum 3 liter per hari, sebab saat itu ketuban kurang di trimester akhir...

    kalau dlm kondisi normal kyk gini, targetnya 2 liter ciran masuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terakhir dicek alhamdulillah air ketuban bagus kata dokternya. Kalau aja pak dokter tau betapa jumpalitannya saya biar nggak kurang cairan hi hi hi.

      Delete
  4. minum air kelapa muda bikin seger banget emang ya mbaaaa. aku suka..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Tapi aku selang seling juga sih. Takut bosen gitu hu hu.

      Delete
  5. Semangat mbak walaupun sedang hamil harus tetap semangat nanti bisa turun ke anaknya kan bagus nanti anaknya semangat seperti ibunya.

    ReplyDelete
  6. papa mertuaku dan suami trmasuk yg ga suka air putih mbak.. maunya teh... tapi sjk nikah ama aku, aku paksa sih suami utk trs minum air putih.. biar gimana, teh juga ga bagus kan sbnrnya.. buat mereka berdua, air putih itu ga enak dan berasa ga minum -__-.. mw dicampur jeruk nipis ato lemon ttp aja ga doyan.. tapi suami skr udh mulai biasa krn aku paka sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalau kebanyakan minum teh misal 2 gelas aja malah jadi sering buang air kecil. Apalagi kalau nggak diimbangi air putih yang cukup, wah pipisnya jadi kuning :'( And iya, kebanyakan minum warna-warni ga bagus, memberatkan ginjal & menghambat penyerapan kalsium.

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29