Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

ASUS Vivobook Go 14 (E1404F): Laptop Spek Mewah Harga Murah untuk Pelajar dan Mahasiswa


Kapan Teman-teman pertama kali merasakan menggunakan laptop? Kalau saya saat pertama kali bekerja selepas lulus kuliah tahun 2005, itupun yang dipakai laptop kantor dan tidak dibawa pulang ke rumah. Di rumah yang saya pakai personal computer yang saya miliki sejak awal kuliah. Tahun 2009 barulah saya membeli laptop sendiri karena kebutuhan. Karena laptop memang lebih praktis, bisa dibawa ke mana-mana. Bisa digunakan nggak hanya untuk bekerja namun juga untuk hiburan saat penat. 

Kalau anak jaman sekarang bagaimana? Wah jangan ditanya deh ya, sejak SD saja sudah pakai laptop. Bukan untuk gaya-gayaan, tapi memang karena kebutuhan. Seperti Rayyaan misalnya, di sekolahnya memang ada pelajaran komputer seminggu sekali. Selain itu karena pandemi juga membuat anak-anak harus belajar jarak jauh. Mulai dari mengaji sampai ikut klub dilakukan secara daring. 



Rayyaan juga pernah mengikuti les LEGO. Selain belajar menyusun LEGO secara fisik, ia juga menggunakan aplikasi LEGO Digital Designer di laptop. Di kelas robotik bahkan anak-anak diwajibkan membawa laptop karena robotnya akan dihubungkan dengan aplikasi yang dijalankan di laptop. 



Selain LEGO, Rayyaan juga sudah belajar coding. Banyak proyek yang sudah ia buat di Scratch, situs untuk belajar bahasa pemrograman secara visual untuk anak-anak. Ia juga sudah belajar pemrograman menggunakan situs lain selain Scratch dan belajar membuat game di Roblox. Akhir-akhir ini Rayyaan juga senang menonton tutorial cara menggambar anime di Youtube. Di sekolah ia juga sedang belajar menggunakan aplikasi Canva dan di rumah juga dipraktikkan.

Baca juga: Daftar Proyek Scratch Rayyaan Tahun 2023

Bagaimana dengan Razqa? Razqa masih jarang menggunakan laptop. Tapi sejak TK dulu ia juga sudah belajar menggunakan komputer di sekolah. Akhir-akhir ini ia juga senang membuka aplikasi LEGO Digital Designer yang dulu pernah dipakai kakaknya. 

Karena dua jagoan di rumah sudah bisa menggunakan laptop, Mamanya kadang baru bisa membuka laptop saat anak sudah tidur atau saat mereka sedang sekolah. Nah Rayyaan sebentar lagi masuk SMP nih. Berdasarkan info dari teman yang anaknya sudah sekolah di SMP di yayasan sekolah Rayyaan, kakak-kakak SMP diizinkan membawa laptop. Apalagi sebelum lulus SMP mereka harus membuat sebuah proyek dan mempresentasikannya di depan guru. Jadi supaya nggak rebutan dengan Mama dan Razqa, sepertinya ia harus punya laptop baru he he.

Memilih laptop untuk dibeli tentu ada pertimbangannya dong. Ibu-ibu pasti maunya barang yang terjangkau tapi bagus dan awet ha ha. Soal harga memang jadi salah satu pertimbangan utama ya. Karena kan harus memikirkan biaya masuk SMP juga. Anaknya pasti mau laptop yang oke performanya, nggak lemot, dan nggak malu-maluin desainnya. 

Selain itu karena anak sekolah jaman now itu bukunya buanyak, jadi laptopnya jangan yang berat-berat. Oh iya, ada satu syarat lagi nih yang menurut saya juga penting yaitu ketangguhan laptopnya. Meski mau yang ringan tapi laptopnya juga tetap harus kokoh, tidak ringkih supaya awet dan tidak mudah rusak. 

Minggu, 4 Februari lalu saya berkesempatan mencoba laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F). Laptop ini utamanya untuk pelajar dan mahasiswa karena speknya mewah tapi harganya murah alias lebih ramah di kantong orang tua. Apa saja ya keunggulannya? Kita bahas dari berbagai poin ya. 



Tampilan Trendi dan Ramping

Mari kita bahas laptop ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini dari segi tampilan dan bodi dulu. Karena buat pelajar dan mahasiswa, tampilan laptopnya harus kece juga dong. Laptop ini desainnya simple dan keren. Kalau biasanya logo ASUS ada di tengah macam laptop ASUS yang saya dan suami punya, di laptop ini tulisan ASUS Vivobook terletak di sebelah kanan.





Selain itu bobotnya juga ringan yaitu 1,38 kg dan laptopnya juga cukup slim karena tebalnya hanya 17,9 mm. Jadi laptop ini cukup ringan dan tipis untuk dimasukkan ke dalam tas dan dibawa ke mana-mana  bahkan bisa dibawa dengan satu tangan. Pilihan warnanya juga oke, ada cool silver, mixed black, dan grey green. Man-teman suka warna yang mana nih? Kalau Rayyaan naksir yang mixed black.



Hal keren lain dari tampilan laptop ini adalah engselnya bisa digerakkan hingga 180°. Manfaatnya apa? Pengguna jadi lebih mudah menyesuaikan sudut pandang. Selain itu kalau sewaktu-waktu harus kerja kelompok, akan lebih mudah berbagi isi tampilan layar dengan teman-teman. 



Tangguh dan Sesuai Standar Kelas Militer

Poin yang ini sebenarnya masih berhubungan dengan bodi ya. Seperti yang saya tulis di atas, laptop buat pelajar dan mahasiswa itu harus kokoh, jangan sampai kesenggol sedikit sudah rusak. Nah ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) sudah memenuhi standar kelas militer MIL-STD-810H AS yang ketat. 







Sebelum dirilis laptop ini sudah menjalani 12 metode pengujian ketat dan 26 prosedur pengujian berat, melebihi standar industri. Beberapa tes yang dilalui di antaranya adalah: tes benturan, getaran, suhu tinggi, suhu rendah, pasir dan debu, ketinggian, kelembaban, perubahan suhu mendadak, dan tes radiasi matahari. 

Ternyata tesnya luar biasa ya. Meski tentu saja namanya ibu akan ehm cerewet mengingatkan anak-anak supaya hati-hati dalam memakai laptopnya, tapi kalau laptopnya tangguh dan awet kan jadi lebih tenang juga. 

Performa Tinggi dan Hemat Energi

Bodi keren dan tangguh, bagaimana dengan performa laptopnya saat digunakan ya? Terutama saat digunakan untuk membuka aplikasi seperti LEGO digital designer, editor foto dan video, serta situs-situs untuk belajar pemrograman dan membuat game. Kalau laptopnya lemot, anaknya bisa bete he he. 



ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) didukung oleh prosesor AMD Ryzen ™ 7000 U-Series terbaru yang menawarkan kecepatan dan efisiensi energi yang sangat baik. Selain itu laptop ini juga menggunakan memori LPDDR5 dengan kapasitas 16GB. Memori ini menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Memori yang besar membuat laptop ini bisa digunakan untuk membuka banyak aplikasi tanpa penurunan kinerja. Kecepatan memori juga akan membuat durasi baterai lebih tahan lama. 

Untuk penyimpanan Vivobook Go 14 (E1404F) menggunakan NVMe PCIe SSD dengan kapasitas hingga 512GB. Kelebihannya adalah waktu boot laptop jadi lebih singkat, akses file jadi lebih cepat, dan laptop jadi lebih responsif. 

Kombinasi dari prosesor generasi terbaru, memori dengan kapasitas tinggi, dan penyimpanan yang cepat membuat laptop ini bisa diandalkan tapi tetap hemat energi. Sebagai contoh saat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi Davinci Resolve (salah satu alat editing video terlengkap), proses editing berjalan lancar. Saat digunakan untuk menonton Youtube dengan resolusi video 360p selama 2 jam lebih dalam mode hemat daya, baterainya hanya berkurang dari 100% menjadi 94%. 

Layar Full HD dan Lebih Ramah di Mata

Sebagian besar kegiatan Rayyaan saat menggunakan laptop sangat berhubungan erat dengan visual. Kelebihan Vivobook Go 14 (E1404F) dibanding laptop lain yang harganya serupa adalah layarnya sudah Full HD. Kelebihannya adalah tampilan visual layar laptop ini lebih detil, jernih, tajam, dan mengesankan. 




Meski layarnya sudah Full HD tapi tetap nyaman dilihat mata anak karena layarnya dilengkapi fitur low-blue light yang telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Manfaatnya adalah untuk meminimalisir radiasi sinar biru yang berdampak negatif pada mata. Desain layar laptopnya juga dibuat dengan NanoEdge Bezel. NanoEdge Bezel ini membuat bezel atau bingkai di sekitar layar jadi lebih tipis. Karena itu tampilannya jadi modern dan elegan. 



Keunggulan Lain

Selain poin-poin di atas, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) punya fitur keunggulan lain, yaitu:

  1. Sistem operasi Windows 11 Home original dan aplikasi Office Home & Student (Word, Excel, PowerPoint) original.
  2. Fitur fast charging atau pengisian daya cepat. Baterai lemah bisa diisi hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit.
  3. ASUS SonicMaster dan DTS Audio Processing yang menghasilkan suara bertenaga dan jernih.
  4. Keyboard ErgoSense yang nyaman digunakan sehingga jari tidak mudah lelah.
  5. Backlit keyboard atau lampu latar keyboard yang bisa dinyalakan dan diatur tingkat keterangannya saat laptop digunakan di tempat minim cahaya. 
  6. Sensor sidik jari di touchpad yang memudahkan pengguna membuka akses laptop.
  7. ASUS 3D Noise Reduction yang menghasilkan gambar webcam yang lebih jernih.
  8. Privacy shield yang terintegrasi untuk membuka dan menutup webcam sehingga kita terlindung dari intaian dan gangguan hacker.
  9. Berbagai jenis port seperti USB-C® 3.2 Gen 1, port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, port USB 2.0, output HDMI®, dan soket kombo audio untuk menghubungkan laptop ke perangkat lain.
  10. Teknologi ASUS WiFi Master dan WiFi 6E5 (802.11ax) yang memudahkan pengguna mengakses koneksi internet. 

Harga Murah Hanya 6 Jutaan 

Laptop dengan seabrek keunggulan ini harganya berapa ya, ada yang bisa tebak? Ternyata ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 6.299.000, Man-teman! Saya juga sampai heran karena harganya yang terbilang cukup murah untuk laptop pemula dengan spek mewah. Buat para orang tua yang sedang mencari laptop untuk anaknya, ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) recommended banget. 

Ringan, ringkas, keren, tangguh, handal, dan efisien. ASUS Vivobook Go 14 (E1404F) ini ideal bagi pelajar, mahasiswa, dan semua yang butuh perangkat dengan performa tinggi. Rayyaan juga pasti suka nih punya laptop ASUS ini. Man-teman ada yang naksir laptop ini juga? Silakan cek spesifikasi detil laptopnya di bawah ini ya! 




Main Spec.

Vivobook Go 14 (E1404F)

CPU

AMD Ryzen™ 5 7520U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.3 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 3 7320U Mobile Processor (4-core/8-thread, 4MB cache, up to 4.1 GHz max boost)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

16GB LPDDR5

8GB LPDDR5

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

Display

14-inch IPS-Level, FHD (1920 x 1080) 16:9, 60Hz, 250nits, Anti-Glare

Graphics

AMD Radeon™ Graphics

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Connectivity

Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 + Bluetooth® 5.3 Wireless Card

Camera

720p HD camera

Audio

AI noise-canceling technology, SonicMaster, Built-in speaker, Built-in array microphone

Battery

42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension

32.45 x 21.39 x 1.79 ~ 1.79 cm

Weight

1.38 Kg

Colors

Green Grey, Cool Silver, Mixed Black

Price

Rp6.299.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 256GB SSD)

Rp6.599.000 (Ryzen™ 3 / 8GB RAM / 512GB SSD)

Rp9.599.000 (Ryzen™ 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)

Warranty

2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS Perfect Warranty



Comments

  1. mantap banget ulasannya selengkap ini, emang kece deh laptop idaman banget, masya Allah super pengen bisa punya juga.

    ReplyDelete
  2. Laptop sekarang ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, apalagi buat mereka yang bekerja di bidang kreatif ataupun pekerja kantoran
    aku sendiri dulu kalau ke luar kota, diusahakan bawa laptop, tapi masalahnya laptonya kayak terlalu berat gitu, jadi males juga

    makin kesini, kehadiran laptop makin banyak pilihan, ada yang beratnya cuman sekiloan aja tapi punya spesifikasi handal

    ReplyDelete
  3. Laptop Asus harganya murah paling cocok untuk pelajar. Enteng banget bisa dipake traveling

    ReplyDelete
  4. sejak kenal laptop mewah ASUS terus berdoa semoga suatu hari kelak bisa memiliki setelah mencoba emang TOP banget bantu tugas kerjaan makin sat-set deh

    ReplyDelete
  5. Keren si rayyaan dah belajar coding, jujur aku ga ngerti blas, hehehe. Ibunya kudu ngalah and pindah beli ASUS vivobook apalagi harga cuma 6 juta spek dewa, ada fingerprint juga, aman deh.

    ReplyDelete
  6. Aku juga dulu ngiler banget punya laptoop sejak SMA tapi nggak dibeliin sama orang tua. Sampai nangis-nangis. Keturutan punya laptop pas udah kuliah. Sementara sekarang rata-rata anak SMP-SMA sudah punya laptop. Asus Vivobook ini emang keren banget sih cocok buat pelajar dan mahasiswa.

    ReplyDelete
  7. Asus Vivabook ini mah menurutku bukan hanya pelajar dan mahasiswa saja yang bisa menggunakannya, tetapi termasuk pegawai kantoran juga, bener gak sih?

    ReplyDelete
  8. Laptop dengan spek hi-tech tapi dibanderol dengan harga murah, beneran ini mbak? Mau kurekomendasiin buat ponakan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top