Saturday, April 7, 2018

Rekomendasi Menu Diet Sehat Enak yang Mudah Kita Buat di Rumah

Pic: pixabay.com

Tantangan yang ada di dunia modern dan serba dinamis seperti saat ini adalah segala kepraktisannya. Tak hanya karena teknologi, namun dari segi makanan pun kini juga serba praktis dimana sudah ada makanan siap saji yang cepat dibuat namun tetap lezat dan gurih. 

Tapi semua makanan cepat saji tersebut punya kandungan yang tidak baik bagi tubuh mulai dari kalori tinggi, lemak banyak hingga kandungan garam yang besar. Oleh karena itu mulailah mengganti makanan harian kita dengan menu diet sehat enak sehingga bisa memiliki tubuh yang fit dan sehat.

Pada dasarnya makanan untuk diet ini adalah makanan yang punya gizi seimbang. Makanan ini sebetulnya bukan hanya bagi orang yang sedang diet, melainkan seharusnya dipilih untuk semua orang. Hal ini lantaran makanan sehat sebetulnya adalah investasi demi tubuh yang sehat di masa depan.

Makanan yang sehat ini harusnya mengandung ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh sehingga bisa disebut makanan seimbang. Lalu apa saja nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh?

Karbohidrat

Karbohidrat ini berfungsi untuk sumber energi bagi tubuh yang utama. Dengan adanya karbohidrat dalam jumlah yang cukup maka otak akan mampu bekerja maksimal. Beberapa makanan pilihan yang mengandung karbohidrat diantaranya gandum, serealia, dan ubi-ubian.

Pic: pixabay.com

Protein

Protein bermanfaat demi menjaga kesehatan serta pertumbuhan tubuh adalah manfaat dari protein. Kitapun bisa mendapatkan manfaat dari protein ini dengan konsumsi kedelai, keju, daging dan bahan makanan lain.

Lemak

Jangan kira menu diet sehat enak harus lepas dari lemak. Hal ini lantaran kita juga tetap butuh lemak, namun lemak baik. Lemak ini bermanfaat dalam penyerapan vitamin serta menjaga sel pada strukturnya. Namun tetap saja lemak buruk wajib dihindari apalagi dengan kandungan lemak yang tinggi.

Pic: pixabay.com

Vitamin dan Mineral

Kedua nutrisi ini juga amat penting untuk tubuh mulai dari vitamin A, B, C serta masih banyak lagi. Mineral mulai dari zinc, zat besi hingga kalium juga penting yang bisa didapat dari sayur serta buah.

Beberapa cara mengkombinasikan menu diet kita yang bisa dilakukan diantaranya:

Sarapan

Untuk menu sarapan, kita bisa menyantap sebuah pisang kecil serta selembar roti gandum. Namun jika bosan, maka sereal serta oatmeal dengan tambahan susu rendah lemak bisa jadi menu yang mengenyangkan dan tetap sehat.

Pic: pixabay.com

Makan Siang

Makan siang adalah waktu makan besar. Namun tahan diri kita dengan beberapa menu lezat misalnya sandwich gandum utuh beserta selada. Kita juga bisa makan tumis jamur bersama nasi merah. Jika ingin makan lauk pauk, maka daging dan ikan boleh disantap juga.

Makan Malam

Tak perlu hindari makan malam meski sedang diet. Kita tetap bisa konsumsi makanan, namun dengan rendah karbohidrat misalnya salad dan capcay.

Pic: pixabay.com

Selain dari beberapa nutrisi itu, tubuh kitapun butuh banyak air tiap harinya sehingga meminum air minimal 8 gelas setiap harinya juga bisa membantu kita untuk terhindar dari kondisi dehidrasi. Tenang saja, air putih adalah zero calorie atau tanpa kalori sehingga bisa minum sebanyak-banyaknya.

Jika memang tidak sempat memasak sendiri menu diet sehat enak, kini sudah ada katering diet yang tersedia di situs belanja online sehingga Anda bisa makan secara terkontrol.

1 comment:

  1. suka lupa minum 8 gelas air >< pantas badan cepat lelah

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29