Wednesday, April 11, 2018

Gerakan Peduli Sampah Ibu Profesional Tapis Wawai Berseri


Ini adalah nama kelompok saya dan teman-teman, ibu cerdas, kece, dan soleha di kelompok G kelas Matrikulasi Koordinator Ibu Profesional. Nama tersebut tidak ujug-ujug kami dapatkan, bahkan dapat idenyapun 2 hari menjelang presentasi he he. 



Kelompok kami terdiri atas 9 orang, namun karena sesuatu hal salah satu member mengundurkan diri. Sebenarnya ada penyesalan karena saya pribadi merasa kurang mengompori untuk tetap kelas matrikulasi lanjutan ini hiks. 

Awal grup terbentuk kami juga belum terlalu intens berdiskusi karena saat itu pengurus IP Lampung sedang fokus mempersiapkan acara Gebyar Sambut Ramadhan. Baru setelah acara selesai kami bisa lebih rame di grup.

Apa Tugasnya?

"Bentuk kelompok dengan sesama peserta dan diskusikan tentang  struktur organisasi dan bentuk kegiatan semacam apa yang cocok dg kondisi sumber daya manusia dan sumber daya alam yg ada di sekitar kita saat ini."

Baca: Playdate dan Cooking Class Bersama Ibu Profesional Lampung.

Nama Kelompok

Kelompok kami memang kelompok G, tapi supaya lebih oke atas usulan Mbak Suci kami dapat nama yang Lampung banget (karena semua member dari Lampung). Selain itu pas juga dengan topik yang kami angkat.

Tapis Wawai Berseri

Tapis = kain khas Lampung.
Wawai = indah.
Berseri = segar, ceria.

Mewakili semangat Ibu Profesional Lampung yang selalu segar dan ceria dan pastinya suka keindahan dan kebersihan.


Topik yang Diangkat

Sebenarnya sih banyak topik yang ingin digali, termasuk soal pergaulan bebas di kalangan remaja. Tapi supaya lebih fokus, tema sampahpun dipilih. Awalnya Mbak Aulia yang mengusulkan tema ini dan disepakati yang lain.


Ya soalnya simpel aja sih ya, sampah itu sudah jadi masalah sehari-harinya ibu-ibu. Gimana dong biar bisa meminimalisasi sampah rumah tangga? Trus suka greget kan kalau di luar sana banyak orang buang sampah sembarangan di jalan.


Bagaimana Membentuk Struktur Organisasi?

Ditunjuk? Dipilih? Voting? Nggaaaak. Jadi awalnya kami membuat daftar perangkat apa saja yang dibutuhkan, lalu silakan isi masing-masing sesuai minat. Dan inilah hasilnya:



Program Kerja

Setelah topik disepakati dan struktur organisasi terbentuk, tiba waktunya membuat program kerja. Ini dia program kerja kece kami. Eh kok cuma upload slide doang. Males ngetik yaa??? Nganu, soalnya slidenya saya yang buat hi hi. Please jangan diskip ya, dibaca dulu program yang kece-kece ini hihihi.











What I Love About My Group

- Diskusi berjalan interaktif. Semua anggota yang ada di struktur organisasi menjalankan tugas & kewajibannya masing-masing.

- Saling mendukung satu sama lain terutama saat brainstorming ide program untuk rumah belajar, juga support agar percaya diri dengan program kerja kelompok kami.

- Terasa getar-getar semangat dan binar-binarnya meski kami hanya berdiskusi via grup WA dan tidak bertatap muka.

- Mengusung topik yang spesifik membantu kami menampilkan ide program kerja yang insyaa Allah aplikatif.

- Lagi lagi soal topik, membuat kami fokusssss. Selain itu lebih mudah menyusun program yang bisa saling bersinergi antara 1 rumbel dengan rumbel lainnya.

- Alhamdulillah saat tiba waktunya presentasi semua anggota bisa online jadi bisa menampilkan ide-idenya secara langsung.

Mudah-mudahan hasil diskusi dan presentasi kelompok Tapis Wawai Berseri bisa bermanfaat bagi diri pribadi, keluarga, komunitas dan masyarakat, aamiin ya Rabb.




No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29