Wednesday, March 21, 2018

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kantor

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kantor
Pic: pixabay.com

Bagi seorang karyawan atau pekerja, kantor bisa dibilang sebagai rumah kedua yang setiap hari ditinggali selama berjam-jam. Tidak heran, suasana kantor pun menjadi hal yang sangat penting agar kita tetap betah berada di dalamnya.


Pasalnya, suasana kantor yang nyaman juga menunjang kerja akan lebih semangat. Di mana, salah satu untuk mewujudkannya adalah dengan menjaga kebersihan di dalam ruangan.

Cara membersihkan kantor sendiri bisa dibilang tidak serumit atau sekompleks dengan membersihkan rumah. Pasalnya, dikantor sendiri memang biasanya memiliki ruangan-ruangan yang cukup luas.

Namun demikian, membersihkan kantor bukanlah hal yang mudah. Apalagi, biasanya disuatu kantor terdiri dari banyak orang sehingga akan cukup sulit untuk menjaganya tetap bersih dan rapi. 

Padahal, ketika suatu ruangan kantor memiliki kebersihan yang terjaga akan memudahkan kita dalam segala hal, diantaranya adalah seperti di bawah ini.

Pic: pixabay.com

Keuntungan Kantor Bersih

Menambah Motivasi Kerja

Kantor yang bersih diyakini akan meningkatkan kenyamanan para pekerja yang pada akhirnya tentu akan berakibat atau membuat kinerja menjadi lebih produktif.

Mengurangi Resiko Kebakaran

Kantor merupakan salah satu tempat yang sangat rawan kebakaran. Dengan membuatnya rapih dan bersih hal ini bisa diminimalisir dengan maksimal.

Memudahkan Mencari Perkakas

Selain dapat meningkatkan motivasi kerja dan produktivitas, kantor yang bersih dan rapi juga memudahkan para penghuninya untuk mencari perkakas yang tersimpan.

Menghindarkan Stress

Kesibukan yang tinggi dengan menumpuknya tugas yang harus dikerjakan menjadi hal yang sangat lumrah dalam perkantoran. Hal ini tentu akan membuat tekanan strees yang cukup tinggi di dalam pikiran.

Terlebih lagi jika ruangan kantor tempat bekerja memiliki kebersihan yang buruk hal ini sangat mempengaruhi tingkat stres. Untuk itulah, dengan ruangan yang bersih setidaknya bisa membuat Anda terhindar dari stress.

Pic: pixabay.com

Tips Menjaga Ruang Kantor Tetap Bersih

Nah, setelah mengetahui bebagai dampak ataupun keuntungan yang bisa didapatkan dari ruang kantor yang bersih, tentu kita jadi lebih termotivasi untuk menjaga ruang kantor tetap bersih bukan? Nah ada beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk bisa menjaga lingkungan kantor tetap bersih dan nyaman ditempati. Berikut ini ulasannya.

Penataan

Penataan menjadi hal yang sangat penting dari tips menjaga kebersihan ruang kantor. Pasalnya, penataan yang benar dan rapi akan membuat ruangan terlihat lebih enak dan nyaman. Selain itu dengan penataan yang baik akan memudahkan kita untuk membersihkan kotoran-kotoran dengan mudah.

Kekompakan

Dalam suatu kantor biasanya terdiri dari banyak orang yang menempati. Untuk itulah, dalam menjaga kebersihan ruangan kantor perlu ada kekompakan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini sangat mempengaruhi kebersihan di kantor. Tentu tidak lucu jika kita berusaha keras untuk meenjaga kebersihan di kantor namun teman kita justru mengotorinya.

Disiplin

Tidak hanya disiplin terhadap peraturan kerja, untuk menjaga kantor tetap nyaman dan bersih sebaiknya kita juga disiplin dalam menerapkan berbagai kebiasaan. Kita bisa melakukan kebiasaan bersih-bersih secara terus menerus agar terbiasa.

Sadar Diri

Hal ini merupakan hal yang paling penting dari semua tips menjaga kebersihan di ruangan kantor. Pasalnya, jika hal ini tidak dimulai dari diri sendiri tentu kebersihan akan sangat sulit terwujud. Kesadaran untuk menjaga kebersihan yang datang dari diri sendiri akan membuat seseorang tanpa beban dalam melakukannya.

Pic: pixabay.com

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dicatat dari menjaga kebersihan di kantor. Dengan menjaga kebersihan di kantor tentu akan membuat kita lebih nyaman dalam bekerja dan pastinya akan membuat kita betah di kantor. Selain tempat atau uang kerja, kebersihan lingkungan sekitar kantor pun perlu menjadi perhatian.


Salah satunya adalah toilet kantor yang biasanya menjadi salah satu tempat yang kotor. Meskipun mungkin di beberapa kantor saat ini sudah memiliki cleaning service tersendiri, namun alangkah baiknya jika dalam menjaga kebersihan tersebut dimulai dari diri sendiri. Tentu kita pernah mendengar kebersihan sebagian dari iman. Nah, tentunya hal tersebut bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari tak terkecuali ketika kita berada di kantor.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29