Tuesday, October 24, 2017

Merencanakan Liburan Akhir Tahun ke Yogyakarta

Merencanakan Liburan Akhir Tahun ke Yogyakarta
Gambar: Pixabay

Tak terasa tahun 2017 sudah sampai di bulan Oktober. Bisa dibilang akhir tahun sudah hampir di depan mata. Rasanya pengen deh liburan bareng keluarga. Liburan terakhir kami tuh sudah lama banget, yaitu di akhir tahun 2015. Waktu itu Rayyaan masih 3 tahun dan belum punya adik. Tahun 2016 kami nggak kemana-mana karena sedang menunggu kelahiran si baby Razqa. Nah akhir tahun ini insyaa Allah pas banget Razqa akan berusia 1 tahun, tepatnya tanggal 22 Desember 2017. Bakalan asyik banget kalau bisa liburan keluarga berempat. Tapi ke mana ya?

Dua tahun lalu kami berlibur ke Bandung bersama Rayyaan. Niat utamanya sih mengajaknya pergi ke tempat wisata edukatif yang ada di Bandung dan sekitarnya. Ternyata Rayyaan hepiiiii banget kami ajak ke sana. Liburan berikutnya mau ke mana ya? Ah, kenapa nggak ke Yogyakarta aja. Soalnya keluarga besar Papa yang dari pihak Eyangti aslinya dari sana. Mama sudah pernah sih berkunjung ke Yogyakarta. Kalau Papa malah ntah sudah berapa kali ya. Tapi Rayyaan dan Razqa kan belum pernah.

Gambar: instagram @kratonjogja

Trus kalau liburan ke Yogyakarta, mau main ke mana? Wah banyaak deh. Tapi berhubung waktunya singkat, jadi harus dipilih-pilih banget. Intinya sih tetap mau ke tempat wisata yang sarat unsur edukasi untuk anak. Tapi tetap harus mampir ke tempat wisata belanja dan wisata kuliner dong he he. Ada beberapa tempat nih yang jadi incaran saya:
1. Taman Pintar Yogyakarta.
2. Keraton Yogyakarta.
3. Museum De Mata.
4. Upside Down World Yogyakarta.
5. Kebun Binatang Gembira Loka.
6. Jalan Malioboro.
7. House of Raminten.

Gambar: instagram @glzoojogja

Ngomong-ngomong, ke Yogyakartanya naik apa ya? Mau bawa mobil sendiri seperti saat pergi ke Bandung? Wah nggak deh. Terlalu jauh. Kalau kelamaan di perjalanan, kasian anak-anak. So opsi yang lebih baik tentu saja naik pesawat. Rayyaan sudah lama nih nggak naik pesawat. Razqa malah belum pernah he he. Nggak khawatir ngajak bayi naik pesawat. Insyaa Allah sih nggak. Penerbangan pertama Rayyaan dulu saat ia masih 7 bulan dan alhamdulillah baik-baik aja. Mudah-mudahan sih Razqa juga bisa nyaman. Apalagi jaraknya nggak sejauh saat kami terbang bersama Rayyaan ke Manado, Sulawesi Utara dulu. 

Lalu bagaimana dengan tempat menginapnya? Bagi kami sih nggak harus menginap di hotel berbintang yang mewah. Menginap di losmen atau di guest housepun nggak masalah. Yang penting tempatnya bersih, fasilitas dan pelayanan standar seperti tempat tidur, AC, kamar mandi, dan sarapan terpenuhi, serta stafnya ramah dan helpful. Selain itu adalagi yang nggak kalah penting, tarifnya terjangkau he he. Oh iya, yang mau liburan ke Yogyakarta juga bisa cek juga informasi hotel di Blog Traveloka.

Gambar: instagram @tamanpintar_yogyakarta

Kalau mau liburan akhir tahun, nggak direkomendasikan ya nyari tiket pesawat atau kamar hotel secara dadakan. Kalau besok mau berangkat eh hari ini baru cari tiket, atau sudah sampai di tujuan baru mau nyari hotel yang masih ada kamar kosong, oh it’s so old school banget he he. Jadi sebaiknya ya sudah dari jauh hari direncanakan supaya nggak ada cerita kehabisan tiket atau nggak dapat tempat menginap. Sedih banget kan kalau sampai kejadian.

Nah sekarang coba-coba deh hunting tiket dan kamar hotel untuk tanggal 22-28 Desember 2017. Awanya nyobain hunting tiket dan kamar hotel secara terpisah. Maksudnya cari tiket pesawat dulu, trus baru cari kamar hotel. Lumayan makan waktu juga sih ya. Eh ternyata di Traveloka sudah ada fitur untuk mencari tiket dan hotel sebagai satu paket. Wuih sip banget nih ada fitur begini. Jadi saya bisa cari tiket pesawat sekaligus kamar hotel dengan mudah dan saving time alias hemat waktu! 

Lihat nih ya, saya bahkan bisa memilih paket berdasarkan harga terendah atau tertinggi. Berhubung mau liburan versi irit, jadi pilih harga terendah deh ha ha. Setelah baca-baca review beberapa hotel, akhirnya dipilih deh yang paling oke berdasarkan testimoni tapi masih masuk budget liburan.

Total harga tiket PP sekaligus hotel untuk 2 dewasa, 1 anak-anak, dan 1 bayi kurang lebih 9,6 juta rupiah. Eh tapi pas lihat harga yang harus dibayar ternyata Cuma 7,8 juta rupiah. Lebih murah yaaa! Kok bisa??? Ya itulah perbedaan harga kalau kita mau pesan tiket dan hotel secara terpisah dengan pesan secara paket. Ih mayan banget kan bedanya. 1,8 juta lhoooo. Bisa buat bayar tiket masuk ke tempat wisata sekaligus berwisata kuliner di Yogyakarta.


Kemudahan ini nggak hanya dalam urusan mencari dan memesan saja, tapi juga pembayarannya. Banyak metode pembayaran yang bisa kita pilih. Mau pakai kartu kredit? Bisa. Mau pakai ATM? Boleh. Selain itu kita juga bisa melakukan pembayaran lewat internet banking. Oh iya, untuk pembayaran maksimum 5 juta rupiah, kita bisa melakukannya lewat Indomaret dan Alfamart juga.

Jadi, sudah punya rencana liburan akhir tahun ke mana nih? Ke manapun rekan-rekan ingin berlibur, jangan lupa manfaatkan paket tiket dan hotel dari Traveloka dan nikmati benefitnya. Mudah mencari dan memesan tiket dan kamar hotel, lebih murah harganya, dan banyak juga pilihan cara membayarnya. Selamat merencanakan liburan akhir tahun! 

4 comments:

  1. Insya allah saya sedang merencanakan liburan ke Yogya juga nih, mudah2an dilancarkan

    ReplyDelete
  2. NOTED mba, langsung aku bookmark artikelnya.. pingin banget ambil cuti langsung explore jogja gitu..

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  3. Mbk heni, rencana liburannya aku contek yak. Tempat tujuannya kece2 soalnya. Entar klok aku sklwrga ada kesempatan ke jogja tinggal praktekin deh. Makasih sdh berbagi. 😊

    ReplyDelete
  4. Jogja memang nganenin, taun ini aku tiga kali ke sana, itupun semua gak rencana, seperti ada 'takdir' yang selalu membawaku kembali ke Jogja untuk kesekian kalinya :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29