Thursday, September 21, 2017

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone, Olah Nasi Sisa Menjadi 4 Makanan Berikut Ini

Eman Segone jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah ‘sayang nasinya’. Gerakan ini dicetuskan dalam event d’Youthizen di kota Yogyakarta. Dari tulisan Mak Siti Hairul Dayah di KEB saya pertama kali mengenal adanya gerakan yang berawal dari keprihatinan banyak dari kita yang masih menyisakan atau membuang makanan. Padahal masih banyak saudara-saudara kita di Indonesia yang sering kelaparan.


Membaca tentang gerakan ini sukses membuat saya tersentil dan merenung. Bagaimana dengan saya ya? Sudahkah saya bersyukur atas rezeki dari Allah yang berupa makanan? Menghabiskan makanan di piring insyaa Allah perkara mudah (aih ketauan deh makannya agak banyak he he), tapi mengolah makanan sisa kemarin terutama nasi yang masih jadi PR. Sebenarnya bisa diantisipasi dengan memasak nasi secukupnya ya. Tapi kalau ndilalah ada nasi sisa dan nyari ide mau diolah jadi apa, ini nih hasil sharing saya dan beberapa teman di grup masak:

Baca juga: Resep Klappertaart dan Pizzanya Dapur Aisyah Lampung.

1. Nasi Goreng Jawa

Ide sejuta umat banget ya mengolah nasi sisa kemarin jadi nasi goreng ha ha. Biar agak beda, buat Nasi Goreng Jawa yuk. Selain sepiring nasi putih, yang dibutuhkan adalah 1 buah cabe merah, 2 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 butir telur, serta kecap manis, garam, merica bubuk, minyak wijen, dan saus tomat secukupnya. Buat orak-arik telur, tambahkan bumbu halus, nasi, kecap, dan bumbu lainnya. Jangan lupa sajikan dengan kerupuk, irisan timun, dan tomat.

Nasi Goreng Jawa by Mama Rayyaan Razqa


2. Kerupuk Nasi Sisa

Hobi makan kerupuk? Kalau punya nasi sisa bisa juga nih coba membuat kerupuk sendiri. Bahanny adalah 1 mangkuk nasi sisa, 1 mangkuk tepung sagu, 4 siung bawang putih, ketumbar bubuk, merica bubuk, gula, serta garam secukupnya. Rendam nasi sisa selama 2 jam lalu blender bersama bawang putih halus, ketumbar bubuk, dan garam. Pindahkan adonan ke mangkuk lalu tambahkan tepung sagu dan uleni. Bentuk adonan menjadi seperti pempek lenjer, rebus dalam air mendidih hingga mengambang, angkat dan tiriskan. Diamkan hingga dingin lalu simpan di dalam kulkas selama semalam hingga mengeras. Iris tipis-tipis dan jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, Kerupuk Nasi Sisa siap digoreng.

3. Pempek Nasi Sisa

Siapa sangka kalau nasi sisa juga bisa diolah menjadi Pempek Nasi Sisa? Cara membuatnya agak mirip cara membuat kerupuk. Rendam 1 piring nasi sisa dalam 2 gelas air panas. Diamkan hingga dingin dan air meresap lalu blender halus. Pindahkan adonan ke dalam baskom dan beri bumbu garam, penyedap rasa, dan bawang putih halus. Tambahkan 500 gram tepung sagu atau hingga adonan tidak lengket di tangan. Bedaki tangan dengan sagu dan bentuk adonan menjadi pempek lenjer. Didihkan air, beri 1 sdm minyak goreng, rebus pempek hingga mengapung dan matang, angkat, dan tiriskan. Iris pempek, goreng, dan sajikan dengan kuah cuko.

Baca juga: Resep Korean Spicy Rice Cake (Tteokbokki).

4. Kue Lumpur Nasi Sisa

Ada-ada saja ya kreasi dari nasi sisa, Kue Lumpur Nasi Sisa ini salah satunya. Blender 125 gram nasi sisa, 125 gram terigu protein sedang, 1 sdm tepung sagu, 125 gram gula pasir, 250 ml santan kental, 2 butir telur, dan garam secukupnya. Tuang adonan ke dalam mangkuk dan campur dengan 100 gram margarin yang sudah dicairkan. Tuang ke dalam cetakan kue lumpur yang sudah dipanaskan dan panggang dengan api kecil selama 10-12 menit.

Credit pic: Pixabay.com

Ternyata nasi sisa bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis makanan ya. Punya ide lain nggak untuk mengolah nasi sisa kemarin menjadi makanan lain? Share resepnya yuk! 

5 comments:

  1. Kece sekali postingan-mu, mbak. So far aku cuman kasih ke ayam atau bikin kerupuk pake royco. Ternyata Ada Cara yang tanpa pake penyedap. Sip bangetttt!

    ReplyDelete
  2. bisa dibikin cireng nasi yg sekarang lagi kekinian juga :D tapi sih biasanya ku mah dibikin nasi goreng aja kl ada nasi sisa (yg gampang) hahahha XD

    ReplyDelete
  3. Wah kreatif nih, memanfaatkan yang biasanya dibuang orang. Kapan-kapan boleh dong bawa pempeknya :D

    ReplyDelete
  4. Woow.. teryata banyak yang bisa di oleh dari nasi sisa yaaa.. hahaha.. aku tahu nya hanya di buat nasi goreng aja bu. Terimakasih yaaa sharingnya :)

    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29