Saturday, June 10, 2017

Daftar Perlengkapan MP-ASI Razqa Plus Harga dan Tempat Membelinya

Daftar Perlengkapan MP-ASI Razqa Plus Harga dan Tempat Membelinya

Adik bayi kesayangan kakak Rayyaan sudah hampir 6 bulan. Artinya sebentar lagi Razqa boleh makan makanan padat. Tepatnya pada tanggal 22 Juni nanti. Jadi saat Idul Fitri nggak ada lagi cuma gigit jari melihat orang makan berbagai kue dan santapan Lebaran, yay!


Makin hari Razqa memang makin menunjukkan rasa penasarannya terhadap makanan yang dimakan orang lain. Kalau ada yang makan atau minum di dekatnya, matanya akan membesar dan lidah plus mulut dikecap-kecapkan. Mupeng ya, Deeek? Tapi bersabar sampai usia 6 bulan ya karena insyaa Allah sistem pencernaan sudah berkembang lebih baik dan siap untuk menerima makanan selain ASI.

Seperti untuk kakaknya dulu, untuk Razqapun saya dan suami memutuskan untuk memberinya MP-ASI (Makanan Pendamping ASI) buatan sendiri. MP-ASI sehat alami adalah salah satu poin Standar Emas Makanan Bayi yang ditetapkan WHO.

MP-ASI sehat alami maksudnya adalah makanan buatan sendiri (homemade) yang memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi, dibuat dengan bahan baku lokal, dengan harga terjangkau, dan mudah diolah.

Untuk mengolah, menyimpan, dan menyajikan MP-ASI saya butuh beberapa perlengkapan. Ini dia daftar perlengkapan MP-ASI Razqa plus harga dan tempat membelinya.

1. Buku Ensiklopedia MP-ASI Sehat by Tim Admin HHBF


Menyusui ada ilmunya dan memberikan MP-ASI juga ada ilmunya. Karena itu saya butuh buku yang bisa menjadi referensi dalam pemberian MP-ASI untuk Razqa. Di dalam buku ini ada info tentang:
- Pentingnya ASI.
- Manfaat memasak sendiri.
- MPASI tanpa gula, garam, dan bahan tambahan makanan sintetis.
- Panduan MPASI WHO >> ini yang saya pilih untuk Razqa.
- Bumbu penambah rasa.
- Panduan MPASI adaptasi Food Combining.
- Panduan MPASI pola vegetarian.
- Baby Led Weaning (BLW).
- Mengenal alat tempur MP-ASI.
- Mengenal bahan-bahan MP-ASI.
- Tips membaca dan memodif resep berdasarkan panduan MP-ASI WHO.

Lengkap ya infonya. Apalagi ada contoh-contoh resep MP-ASI juga. 

Price: Rp 105.000,-
Where to buy: Danus AIMI Lampung.

Baca: 9 Perlengkapan Menyusui yang Wajib Dimiliki.

2. Safeguard Fruit and Veggie Wash 350 ml



Pembersih buah dan sayur ini terbuat dari bahan organik dan alami. Fungsinya ya obviously untuk membersihkan buah dan sayur sebelum dikonsumsi supaya bebas bakteri, kotoran, serta residu pestisida. Cara memakainya adalah dengan mencampurnya dengan air lalu dimasukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada buah atau sayur lalu dibilas. 

Dulu saya pakai juga untuk membersihkan nampan/tray pada high chairnya Rayyaan he he. Sayang produk ini hanya dijual di satu tempat saja di kota saya. Di kota lain mungkin banyak ya yang menjual produk serupa.

Price: Rp 66.000,-
Where to buy: Chandra Dept. Store, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung.

3. Pure Baby Liquid Cleanser 450 ml


Sabun ini untuk mencuci peralatan masak dan makan Razqa. Selain itu juga bisa digunakan untuk mencuci mainan bayi. 

Harga: Rp 19.900,-/pc
Where to buy: Chandra Dept. Store.

4. Spons Scotch Brite


Untuk mencuci alat masak dan makan Razqa saya gunakan spons yang berbeda dengan alat masak dan makan orang dewasa. Rata-rata kan spons cuci piring warnanya hijau dan kuning. Untung Scotch Brite punya warna spons lain, jadi saya pilih warna pink supaya lebih mudah membedakannya.

Price: Rp 7.500,-
Where to buy: Chandra Dept. Store.

5. Claris Cool Delica Cutting Board (2 pcs)


Saya membeli talenan ini karena di kemasan tercantum bahannya BPA free dan anti bakteri. Selain itu talenan ini tersedia dalam 4 warna. Saya pilih warna hijau untuk alas potong bahan nabati dan oranye untuk alas potong bahan hewani. Kalau Razqa sudah lulus MP-ASI, talenannya bisa saya gunakan lagi untuk memasak menu keluarga.

Price: Rp 35.000,-/pc
Where to buy: Chandra Dept. Store.

6. Pisau Metaltex (2 pcs)


Pertimbangan memilih pisau ini murni karena pegangannya matching dengan warna talenan yang saya beli ha ha. Tapi pegangan pisaunya kokoh dan nyaman kok. Sama seperti talenan, saya pilih 2 warna berbeda untuk memotong bahan nabati dan hewani.

Price: Rp 11.900,-/pc
Where to buy: Chandra Dept. Store.

7. Parutan Stainless Steel Kitchen Mater


Kalau benda ini bisa saya gunakan untuk memarut berbagai bahan makanan sebelum dimasak. Parutan sejenis yang ada di rumah lebih sering dipakai untuk memarut kunyit, jadi kalau untuk membuat MP-ASI saya perlu parutan baru.

Price: Rp 11.000,-/pc
Where to buy: [redbox] ROAD Online Shop.

8. Panci Stainless Steel Clovis 16 cm


Untuk membuat bubur atau merebus sesuatu saya butuh panci stainless steel. Nggak perlu yang ukuran besar, panci 16 cm juga cukup. Panci ini ada pegangannya dan tutupnya terbuat dari kaca, jadi mudah untuk mengintip bahan-bahan yang sedang dimasak. Pancinya Rayyaan dulu sudah dilelang saat pindah rumah, jadi saya perlu panci baru he he.

Price: 54.000/pc
Where to buy: Chandra Dept. Store.

9. Pengaduk Bambu Fackelmann


Perlengkapan ini diperlukan untuk mengaduk bubur atau makanan lain yang sedang dimasak terutama dengan panci. 

Price: Rp24.500,-/pc
Where to buy: Giant Supermarket, Antasari, Bandar Lampung.

10. Panci Kukusan



Kalau benda ini sih saya tidak membeli, saya pakai saja yang ada di rumah. Kalau mengukus kan biasanya masih pakai wadah tambahan seperti loyang atau mangkuk, jadi tidak masalah kalau pakai yang lama alias punya Eyangti he he. Saya juga sudah lupa nih berapa harga dan di mana membelinya. Tapi yang pasti sih di pasar tradisional.

Price: -
Where to buy: - 

11. Piring Stainless Steel Zebra 10 cm (2 pc)



Buat apa sih piring ini? Untuk penyajian makanan? Bukan. Tapi untuk wadah makanan saat dikukus di dalam panci kukusan. Jadi lebih dari 1 bahan makanan bisa dikukus berbarengan dalam satu panci. Selain piring stainless steel kita juga bisa menggunakan mangkuk berbahan sama. Sama seperti pancinya Rayyaan, mangkuk MP-ASInya juga sudah dilelang saat pindahan, jadi beli lagi deh. 

Price: Rp 14.500,-/pc
Where to buy: Chandra Dept. Store.


12. Baby Safe Food Maker 



Alat ini bisa digunakan untuk mengukus dan memblender makanan bayi. Saya belum mencobanya tapi sudah melihat video tutorial dan resep MP-ASI yang dibuat dengan Baby Safe Food Maker ini. Praktis banget kalau misalnya sedang terburu-buru memasak dan semua kompor dipakai untuk menu keluarga, saya bisa mengunakan alat ini untuk memasak menu 4*. 

Di salah satu video resep, kentang, ikan, dan sayur bisa dikukus sekaligus hanya waktu memasukkannya yang berbeda-beda. Setelah itu bisa langsung dihaluskan dengan alat yang sama dan ditambahkan unsalted butter atau minyak nabati untuk melengkapi menunya.  Setelah dihaluskan tinggal dibagi untuk 3 porsi makan. 

Baby Safe Food Maker ini bisa berguna sekali kalau sedang berpergian, misalnya saat menginap. Alatnya juga tidak terlalu besar dan tidak berat. Kalaupun tidak dipakai untuk mengukus, saya bisa memanfaatkan blendernya untuk menghaluskan makanan. Oh iya, alat ini terbuat dari material food grade dan plastiknya juga BPA free.

Price: - (kado)
Where to buy: - 

13. Saringan Kawat Stainless Steel 8 cm


Benda ini saya perlukan untuk membuat bubur saring mulai minggu ke tiga MP-ASI. 

Harga: Rp 10.750.-/pc.
Where to buy: Chandra Dept. Store.

14. Pigeon Feeding Set 6+ Months


Merk ini sepertinya sudah legendaris banget ya di kalangan ibu-ibu. Soalnya si kakak dulu juga saya belikan feeding set ini tapi sudah tidak lengkap, tinggal piringnya. Feeding set ini terdiri atas sendok bayi (2 pcs), mangkuk makan, piring makan kecil, piring makan bersekat, dan Mag Mag training cup 4 step. 

Harga: - (kado)
Where to buy: -

15. Tiwi Tods Tupperware Usia 6-18 Bulan


Peralatan makan ini terdiri dari mangkuk untuk makanan, sendok yang bisa 'nyantel' ke mangkuk supaya tidak mudah jatuh, cangkir, dan mangkuk untuk camilan. Cantik dan praktis untuk berpergian. Bahannya juga BPA free. 

Harga: - (kado)
Where to buy: -

16. Cooler Bag + Ice Gel


Kalau berpergian saya perlu membawa makanan untuk Razqa. Cooler bag dan ice gel ini bermanfaat sekali lho. Saat Rayyaan piknik ke Danau Linow bersama Eyang dulu juga saya membawa MP-ASInya dengan cooler bag dan ice gel ini.

Sebelum dimakan tinggal direndam wadahnya dalam air hangat. Kalau ice gelnya sih saya dapatkan gratis dari acara seminarnya AIMI Lampung. Alhamdulillah cooler bag ini masih ada, hanya talinya saja yang nyelip ntah di mana he he.

Harga: - 

17. Slabber Carter dan Skiphop




Slabber ini fungsinya untuk menjaga agar baju tidak terkena makanan bayi. Saya baru membeli 1 buah slabber saja karena di rumah masih ada slabber Skiphop milik Rayyaan dulu. Slabber Skiphop ini waterproof, mudah dibersihkan, dan awet. Sementara slabber barunya saya pilih merk Carter.

Harga: Rp 20.000,-/pc (Carter).
Where to buy: Luna Baby Shop, Bandar Lampung.

18. Kursi Makan Bayi Pliko Folding Seat



Bayi belajar duduk dan makan sendiri itu penting. Karena itu perlu kursi yang ada tray atau nampan makannya. Harapan saya sih kalau sudah lebih mantab duduk sendiri, ia bisa lebih leluasa belajar makan sendiri dengan duduk di kursi makan ini. Asyiknya lagi kursi ini bisa dilipat dan mudah dibawa kemana-mana. 

Rayyaan dulu punya high chair yang saat kami mudik ke Bandar Lampung tidak bisa dibawa. Latihan makan sendirinya jadi on dan off karena tidak ada kursi dan meja makan khusus.

Akhirnya sampai sekarang masih harus dibujuk untuk makan sendiri hu hu. PR besar ini untuk Mama Papanya. Semoga dengan melihat adiknya belajar makan sendiri, Rayyaan jadi bersemangat juga untuk makan sendiri. 

Harga: - (kado)
Where to buy: -

19. Baby Cubes Starter Kit



Kalau setiap Razqa mau makan saya harus masak dulu honestly saya juga belum sanggup. Soalnya kan kerjaan sehari-hari banyak booo he he. Tapi tetap berkomitmen dengan MP-ASI homemade dong insyaa Allah. Jadi supaya lebih hemat waktu, saya bisa masak di pagi hari sekaligus untuk beberapa kali makan dan makanannya saya simpan di baby cubes ini.

Aslinya sih perlengkapan ini untuk membuat MP-ASI yang dibekukan. Ya bahkan kita bisa lho memasak dalam jumlah agak banyak, setelah dihaluskan dan didinginkan, simpan dalam kulkas atau freezer. Karena wadahnya kecil-kecil seperti ini jadi mudah menyesuaikan untuk porsi sekali makan.

Baby Cubes ini ukurannya ada bermacam-macam. Saya pilih Baby Cubes Starter Kit yang terdiri atas 4 wadah berukuran 40 ml, 4 wadah berukuran 70 ml, dan 2 makan berukuran 140 ml. Tiap wadah ada tutupnya dan ada tatakannya juga untuk mempermudah penyimpanan. Bahannya juga sudah BPA free.

Harga: Rp 139.000,-/set
Where to buy: Rufda Online Shop

20. Jack and Jill Natural Toothpaste Strawberry


Kalau sudah mulai makan MP-ASI sudah harus lebih memperhatikan kesehatan gigi. Apalagi Razqa kan sudah punya gigi imut-imut sebiji he he. Bayi seperti Razqa so pasti belum bisa berkumur jadi ia perlu pasta gigi yang aman jika tertelan.

Menurut produsennya pasta gigi Jack andJill Natural Toothpaste ini terbuat dari bahan alami organik, food grade, gluten free, dan tidak ada bahan kandungan hewaninya. Harganya memang lumayan ya. Tapi toh nggak bakal habis dalam waktu sebulan he he. Bahkan si kakak juga bisa pakai pasta gigi yang sama.

Harga: 75.000,-/pc
Where to buy: Rufda Online Shop

Baca: Benjolan di Gusi Razqa.

21. Sikat Gigi 360do Brush Baby



Kalau punya pasta gigi berarti harus ada sikat giginya ya. Setelah hunting-hunting di market place, pilihan saya jatuh pada pasta gigi ini karena buiu sikatnya unik, nggak hanya di satu sisi tapi 360 derajat. Sikat gigi ini bisa dipakai untuk bayi mulai dari usia 0 bulan.

Harga: Rp 65.000,-/pc
Where to buy: Rufda Online Shop

Hunting perlengkapan MP-ASI saya akui memang bisa membuat lapar mata. Banyak sekali perlengkapan keren dan lucu. Buat para Mama yang bingung ingin membeli perlengkapan apa, sebenarnya ada beberapa perlengkapan dasar, yaitu:
- Talenan (2 buah).
- Pisau (2 buah).
- Panci stainless steel.
- Pengaduk kayu.
- Saringan kawat.
- Feeding set BPA free.
- Panci kukusan (kalau belum punya).
- Slabber.
- Wadah plastik bertutup yang BPA free (2 buah).
- Sabun untuk mencuci perlatan masak dan makan bayi.
- Spons khusus untuk mencuci peralatan masak dan makan bayi.

Untuk perlengkapan lain bisa dibeli menyusul sesuai budget dan sesuai kebutuhan. So daftar yang ada di postingan ini bisa dijadikan referensi tapi bukan berarti harus diikuti semua lho ya. Yang penting pilih peralatan yang aman digunakan. Terutama kalau yang berbahan plastik, pilih yang ada label BPA freenya karena plastik dengan BPA ikatannya tidak stabil (mudah lepas) dan berpotensi menyebabkan gangguan hormon jika masuk ke dalam tubuh.

Oh iya, tidak semua peralatan di daftar ini ada harganya karena ada yang merupakan kado dari keluarga dan teman (feeding set tupperware, pigeon, food maker, dan kursi bayi) dan ada yang saya sudah lupa harganya karena merupakan barang lama. 

Nah soal perlengkapan MP-ASI sudah beres. Sekarang bisa lebih fokus merumuskan menu MP-ASI di bulan pertama untuk Razqa. Semoga Razqa makannya lahap hap. 


2 comments:

  1. Mbaaak heni makasiiih sharingnyaaa. . Daftar buat mpasi nya lengkap bingitsss. . Hehehe bisa buat referensi, aku share ke kakak ya mbak. Hehee

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap banget, sukses MPASI YA Razqa

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29