Thursday, April 6, 2017

Baby Razqa - 3 Bulan

Baby Razqa - 3 Bulan

Alhamdulillah si baby Razqa sekarang usianya sudah 3 bulan, tepatnya sih pada tanggal 22 Maret lalu. Eh ngapain sih Ma kok setiap bulan nulis postingan macam ini? Tujuan utamanya sih untuk catatan pribadi. Frankly speaking yang namanya membesarkan anak termasuk merawat anak bayi itu banyak warna-warninya, ada juga masa-masa galaunya seperti kalau anak sakit. 

Sengaja ceritanya saya tulis di blog harapannya semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membaca. Soalnya sayapun sering begitu. Kalau anak kenapa-kenapa, googling, nemu blog ibu-ibu lain, eh ternyata bikin tenang juga membaca cerita orang yang punya pengalaman serupa. Ini di cerita Razqa di bulan ke tiga.


Sudah Punya Gigi!

Hah baru 3 bulan sudah punya gigi? Iya. Razqa punya satu gigi seri di gusi bawah. Kok bisa? Cerita selengkapnya pernah saya tulis di Benjolan di Gusi Razqa Gara-gara gigi ini si adek jadi pingin ngunyah-ngunyah kenyot-kenyot gitu deh. Awalnya tangannya sekepal mau dimasukkan mulut semua. Trus jadi lebih spesifik, pingin ngenyot jempol. Oh no! 

Berdasarkan pengalaman beberapa orang, menyapih dari dot, empeng, atau kenyot jempol itu lebih butuh perjuangan dibanding menyapih dari ASI. Kalau terlalu hobi ngenyot jempol dan dibiarkan, ukuran jempol tangan kanan dan kiri (tergantung mana yang sering dikenyot) bisa berbeda. Jempol yang sering dikenyot ukurannya jadi lebih kecil. Selain itu based on pengalaman seorang kenalan, terlalu hobi ngenyot jempol juga bisa membuat gigi jadi (maaf) agak maju).


Supaya Razqa nggak jadi keasyikan ngenyot jempol, kalau tidur tangannya saya pakaikan sarung tangan lagi deh. Eyang bilang ini cara yang dilakukan Bude saya saat salah satu anaknya dulu ada yang suka ngenyot jempol. Semoga dengan cara ini hobi barunya si adek bisa hilang ya. Sabar ya, Deeeek. 3 bulan lagi boleh makan kok. Lebih enak daripada kenyotin jempol he he.

Pup Berwarna Hijau dan Berbusa

Maaf ya jadi ngomongin pup. Tapi buat emak yang punya bayi pup itu penting diperhatikan he he. Nah apalagi tiba-tiba pupnya Razqa jadi hijau, berbusa, dan berlendir. Frekuensi pupnya pun jadi sering. Duh kok begini ya? Dulu juga pernah pupnya sampai 5-6 kali sehari, tapi itu normal untuk bayi usia 2-8 minggu (Baca: Baby Razqa - 1 Bulan) dan warnanyapun nggak hijau apalagi sampai berlendir dan berbusa. 

Awalnya saya kira ini karena Razqa kurang dapat hindmilk. Tapi meski foremilknya sudah saya kurangi dengan cara diperah dulupun tetap saja pupnya hijau. Saat pupnya sampai 6 kali sehari, Razqa saya bawa ke dokter spesialis anak. Oleh dokter Razqa diberi resep suplemen Zinc dan LBio. Hmm berarti si adek diare dong. Oleh dokter saya diminta waspada perubahan cuaca terutama cuaca dingin dan berangin. 

Memang setelah suatu malam Razqa ikut saya ke dokter kandungan dan esok malamnya diajak pergi ke rumah Eyang, esok harinya itulah pupnya berubah jadi hijau. Dua malam itu memang dingin karena habis hujan. Meski pergi naik mobil plus memakai baju panjang dan selimut ternyata tetap harus hati-hati juga. 

Alhamdulillah setelah 10 hari minum suplemen Zinc dan menghabiskan 5 sachet LBio, pupnya Razqa kembali normal. Ngasi suplemen Zinc dan LBionya juga butuh perjuangan ha ha. He didn't like it! Nangis-nangis setelah dikasi suplemen Zinc pakai pipet. Sementara LBionya saya encerkan dengan ASI perah lalu saya suapi Razqa dengan sendok (ini juga pakai mewek-mewek, nggak seperti kakaknya dulu yang masih newborn sudah mau minum ASI perah pakai cup feeder dan sendok).

Zinc dan LBio memang resep yang umum untuk penanganan diare pada anak. Tapi kalau bayi diare sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memberikan suplemen tertentu supaya tidak salah pemberian dosis.

Berat dan Tinggi Badan

Diare so pasti sukses bikin Mamanya galau. Takut kenaikan berat badannya nggak okeeee!!! Tiga bulan pertama kan pertambahan berat badan minimal harus 800 gram. Nah ini gimana kalau diare. Nambah nggak berat badannya. Saat dibawa ke dokter spesialis anak tanggal 13 Maret beratnya baru 5,5 kg dan tingginya 58 cm. Tanggal 22 Maret BBnya baru 5,7 kg. Tapi alhamdulillah saat dibawa imunisasi (telat karena menunggu Razqa benar-benar sehat dulu) pada tanggal 30 Maret, berat badannya sudah 6 kg. Alhamdulillah.

Aku Bisa Tengkurap dan Ngocehnya Tambah Banyak!!!

Salah satu perkembangan yang ditunjukkan Razqa adalah ia sudah mulai belajar tengkurap. Tepatnya saat usia 2 bulan 2 hari itulah pertama kali ia tengkurap sendiri. Sampai saat ini kira-kira sudah 6-7 kali deh si adek berhasil tengkurap, yay! Selain itu alhamdulillah si adek juga makin sering ngoceh-ngoceh. Biasanya sih subuh-subuh adek sudah bangun dan ngajak ngobrol.


Karena Razqa sudah 3 bulan, ini waktunya untuk mengisi Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) Bayi Umur 3 Bulan:

1. (Gerak Kasar) Pada waktu bayi terlentang, apakah masing-masing lengan dan tungkai bergerak dengan mudah? YA.
2. (Sosialisasi & Kemandirian) Pada waktu bayi terlentang, apakah ia melihat dan menatap wajah Anda? YA.
3. (Bicara & Bahasa) Apakah bayi dapat mengeluarkan suara-suara lain (mengoceh) di samping menangis? YA.
4. (Gerak Halus) Pada waktu bayi terlentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan Anda dengan menggerakkan kepalanya dari kanan/kiri ke tengah? YA.
5. (Gerak Halus) Pada waktu bayi terlentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan Anda dengan menggerakkan kepalanya dari satu sisi ke sisi lainnya? YA.
6. (Sosialisasi & Kemandirian) Pada waktu Anda mengajak bayi berbicara dan tersenyum, apakah ia tersenyum kembali kepada Anda? YA.
7. (Gerak Kasar) Pada waktu bayi telungkp di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya hingga wajahnya tidak meyentuh alas? YA.
8. (Gerak Kasar) Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya hingga membentuk sudut 45 derajat? YA.
9. (Gerak Kasar) Pada waktu bayi telungkup di alas yang datar, apakah ia dapat mengangkat kepalanya dengan tegak hingga membentuk sudut 90 derajat? YA.
10. (Bicara & Bahasa) Apakah bayi suka tertawa keras walau tidak digelitik atau diraba-raba? TIDAK.

Alhamdulillah dapat 9 jawaban 'YA' dan anak normalnya memang memiliki 9 atau 10 jawaban 'YA'. Semoga Razqa makin sehat dan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Aamiin...


3 comments:

  1. halooo gantengggg...
    senangnya ya mbak liat pertumbuhan anak kita dari masa ke masa
    sehat dan bahagia selaluuu :*

    ReplyDelete
  2. Wah udah lumayan komplit ya kemampuan bayinya. Kalau anakku baru-baru aja nih bisa ngangkat kepala sama tengkurap sendiri. Umurnya 3,5 bulan

    ReplyDelete
  3. Enak ya, Mba, kalau dibikin catatan gini. Bermanfaat untuk evaluasi dan perkembangan anak dan bisa jadi pembelajaran untuk ibu2 lainnya juga. Pup berbusa itu iya khawatir juga ya, tapi udah stabil lagi ya. Tambah pintar ya, Dek Razqa :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29