Tuesday, December 29, 2015

Bandung Trip Part 2 - Review Elenor's Home @ Eyckman, Bandung

Bandung Trip Part 2 - Review Elenor's Home @ Eyckman, Bandung.

Pada tulisan kedua tentang perjalanan saya dan keluarga ke Bandung minggu lalu, saya ingin mengulas tentang tempat kami menginap yaitu Elenor's Home Guest House di Jalan Prof. Eyckman. Pertimbangan saya dan suami memilih guest house adalah karena tarifnya yang lebih terjangkau meski fasilitasnya tidak selengkap hotel. 
Gizi Super Cream, Mahakarya dari Kebaikan Alam Indonesia.

Bagian depan.

Meski demikian, kami juga tidak ingin asal-asalan memilih guest house. Namanya berpergian dengan anak balita tentu faktor kebersihan dan kenyamanan tetap harus diutamakan. Karena itu kami terlebih dulu mengecek rating dan membaca komentar pengunjung yang sudah menginap di tempat tersebut sebelum melakukan pemesanan. Dua aplikasi yang kami pakai untuk mencari info dan memesan kamar adalah Traveloka dan Booking.com. Pada akhirnya kami putuskan untuk memesan kamar di Elenor's Home @ Eyckman. 

Lobi guest house.

Pertimbangan kami memilih tempat ini adalah:
1. Ratingnya yang cukup bagus di Traveloka (8.9/10).
2. Komentar yang ditinggalkan di Traveloka dan TripAdvisor cukup baik.
3. Lokasi cukup strategis, dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan.
4. Ada area parkir mobil, fasilitas WiFi, AC, shower dengan air panas, dan TV kabel.
5. Sarapan disediakan.
6. Ada fasilitas laundry.
7. Tarifnya terjangkau.
8. Anak-anak boleh ikut menginap (ada guest house yang tidak mengizinkan anak di bawah 6 tahun ikut menginap).


Awalnya kami hanya akan menginap selama 2 malam di Bandung, jadi kami memesan 1 kamar Executive dan 1 kamar Deluxe masing-masing untuk 2 malam. Lewat Traveloka kami bisa memesan sekaligus melakukan pembayaran maksimal 1 jam setelah pemesanan. Memang sih pembayarannya lewat transfer bank tapi dengan melakukan transfer tepat sesuai jumlah yang diinfokan Traveloka, tanpa konfirmasi secara manual, 5 menit setelah transfer langsung ada email berisi E-voucher. Jadi saat check in kita hanya perlu menunjukkan E-voucher tersebut. 

Ruang makan.

Ruang makan.

Karena kemudian kami memutuskan untuk menginap selama 3 malam, akhirnya (masih sebelum keberangkatan) kami memesan kamar lagi di Elenor's Home. Namun ntah kenapa opsi transfer via bank sudah tidak ada lagi di Traveloka pada saat itu. Akhirnya kami memesan kamar lewat Booking.com. Bedanya di Booking.com kami tidak harus membayar terlebih dulu. Pembayaran dilakukan saat check out. Esok harinya ada email dan telepon dari pihak Elenor's Home untuk memastikan pemesanan lewat Booking.com. Yah daripada ribet harus pindah-pindah penginapan he he. Alhamdulillah ya sekarang ada banyak aplikasi untuk memesan tempat menginap. Nggak terbayang kalau harus mutar-mutar dulu untuk mencari kamar yang masih kosong di musim liburan.

Taman kecil di bagian samping.

Taman kecil di belakang.

Taman kecil di belakang.

Kami tiba di Bandung kurang lebih jam 10 malam, lebih lama 2 jam dari waktu perkiraan. Bagi tamu yang tidak hafal jalan-jalan di Bandung lebih baik menggunakan aplikasi penunjuk jalan seperti Waze supaya lebih mudah mencari lokasi Elenor's Home di Jalan Prof. Eyckman. Terlebih karena guest house ini tidak ada papan namanya. Hanya ada nomor rumah di pagarnya. Apalagi kalau sampai di tempat ini pada malam hari, kita bisa sedikit kebingungan. Yang bisa jadi patokan adalah letaknya berdekatan dengan Mivi Baby Shop dan Andelir Hotel.

Halaman sekaligus area parkir.

Selama 2 malam kami tinggal di kamar Executive dan 1 malam berikutnya di kamar Family, sementara Om Irin (driver yang kami ajak) tinggal di kamar Deluxe. Dan inilah kesan kami setelah menginap di Elenor's Home @ Eyckman:

1. Lokasi

Strategis dan terletak di pinggir jalan, tepatnya Jalan Prof. Eyckman No. 15, Sukajadi, Bandung. Meski di musim liburan ada titik kemacetan di kota Bandung namun perjalanan pergi ke dan pulang dari tempat wisata yang kami tuju cukup lancar. Kesulitan hanya saat pertama kali mencari lokasi guest housenya, namun kami terbantu dengan aplikasi penunjuk jalan di smartphone. Tidak jauh dari guest house ini ada warung tenda, jadi sebenarnya mudah untuk mencari makan. Kalau mau bahkan kita bisa berjalan kaki ke jalan Cihampelas dan mencari makanan plus oleh-oleh di sana. Tapi meski terletak di pinggir jalan suasana di sekitar guest house nyaman, adem, dan tidak berisik.

Kamar Executive.

2. Area parkir

Halaman cukup luas untuk parkir mobil tamu, kira-kira bisa untuk 10 mobil dengan panjang 4 meteran. Karena jumlah kamarnya ada 9, jadi kalau masing-masing tamu atau keluarga yang menginap membawa mobil, area parkirnya cukup memadai.

Kamar Executive.

3. Bangunan

Bangunannya berupa rumah dengan banyak kamar jadi kesannya memang nyaman dan homey. Ada lobi, tempat makan, dan taman kecil di bagian dalam. 

Kamar mandi di dalam kamar Executive.

Kamar mandi di dalam kamar Executive.

4. Kebersihan

Bagi kami guest house ini kebersihannya cukup baik. Hanya saja memang saat kami menginap tidak ada room service untuk bersih-bersih kamar. Di kamar ada tempat sampah dan kami membuang sendiri plastik sampahnya ke tempat sampah besar di halaman setiap hari. Tapi bagi kami tidak terlalu masalah sih, tanpa ada staf yang bersih-bersih toh kami nggak suka nyampah di kamar he he. Tapi saran kami sebaiknya sih tempat sampah dikamar diberi plastik dulu jadi sampahnya mudah diangkut. Selain itu kamar mandinya juga cukup bersih, tidak ada bau yang aneh-aneh. 

Kamar Family.

5. Kamar

Kamar tipe Deluxe, Executive, dan Family semuanya nyaman dan cukup lega, terutama tipe Executive dan Family. Di setiap kamar ada fasilitas:

- TV kabel.
- Meja kecil yang menempel di dinding plus kursi.
- Dua buah handuk.
- Lemari dan gantungan baju.
- AC.
- Air mineral.
- Kamar mandi plus shower.
- Sabun dan shampo.
- Tempat sampah.

Yang membedakan adalah ukuran tempat tidurnya. Kamar Executive memiliki tempat tidur berukuran sedikit lebih besar dibanding Deluxe. Sementara di kamar Family ada 2 tempat tidur dengan ukuran yang berbeda. Selain itu kamar Family ukurannya lebih besar dan ada sofa serta gantungan baju dari besi. Tempat tidurnya sendiri empuk dan nyaman plus ACnya juga dingin. Sambil beristirahat kami bisa menikmati siaran TV kabel termasuk movie channel

Tapi saat ingin memandikan Rayyaan kami perlu menunggu kurang lebih 5 menit dulu sampai airnya hangat. Tapi it's okelah karena penggunaan air hangatnya tidak dibatasi. Kami pernah menginap di sebuah hotel berbintang yang kalau malam hanya ada air dingin saja he he. Selain itu closet, shower, dan wastafel berfungsi dengan baik. Kamar mandi juga dilengkapi blower jadi tidak bau apek.

Kamar Family.

6. Keamanan

Selama kami menginap alhamdulillah aman-aman saja. Tidak ada barang apalagi (naudzubillah) kendaraan tamu yang hilang. Lingkungan di sekitar guest house juga sepertinya aman. Kami sempat bertanya kepada beberapa orang untuk memastikan kami ada di lokasi yang benar dan alhamdulillah dari mulai tukang ojek, supir angkot sampai tukang parkir yang kami tanyai menjawab dengan ramah dan tidak menyesatkan he he. 

Kamar Family.

7. Makanan

Di Elenor's Home @ Eyckman sarapan dimulai jam 7 setiap paginya. Menunya memang sederhana sih. Pagi pertama kami mendapat ketupat sayur dengan ayam, kerupuk, acar, dan sambal. Pagi kedua kami mendapat nasi kuning dengan sambal telur, sayur buncis plus kerupuk. Pagi ketiga kami mendapat nasi goreng sosis dengan telur mata sapi, kerupuk, dan sambal. Sarapan disajikan secara prasmanan. Kapasitas ruang makannya sih hanya untuk kurang lebih 16 orang saja. Tapi biasanya tidak seluruh tamu turun makan secara berbarengan. Kalau makanan di meja saji sudah habis kita bisa mengingatkan stafnya untuk mengisi ulang. 

Di tempat makan kita juga bebas mengambil air dari dispenser, ada air panas, suhu ruang, dan air dingin. Kita juga bisa membuat kopi atau teh dan juga bisa titip makanan atau minuman di kulkas di ruang makan. Bagi beberapa tamu yang menulis komentar di Traveloka menu makanannya kurang bervariasi. Tapi kalau bagi kami sih itu sudah cukup. Ya what you pay is what you get deh. Toh sebenarnya dengan nasi, telur, sayur dan kerupuk saja kita sudah bisa kenyang he he. Meski menunya sederhana tapi rasa makananya enak kok.

Kamar mandi di kamar Family.

Kamar mandi di kamar Family.

8. Staf

Staf di tempat ini menurut kami kalem-kalem he he. Tapi mereka cukup helpful kok. Misalnya saat suami saya menanyakan bisa nggak kalau kami titip cucian baju, dan ternyata bisa. Mereka nggak memasang tarif khusus sih. Tapi karena titip baju pagi hari bisa selesai dicuci, jemur, dan gosok pada sore hari, kami hargai saja seperti tarif express laundry per kilo. Toh baju yang dicuci juga nggak begitu banyak, tapi benar-benar bisa membantu mengurangi baju kotor. Apalagi kami masih akan menginap di Lembang. 

9. Tarif Kamar

Di hari hari biasa tarif kamar di Elenor's Home @ Eyckman antara Rp 220.000 - Rp Rp 310.000 per malam, tergantung jenis kamarnya. Tapi di hari besar seperti Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru tarif kamar bisa lebih tinggi antara Rp 400.000 - Rp 450.000 per malam dan sebenarnya wajar ya mengingat tarif kamar di tempat lain juga lebih mahal saat hari besar. Tapi bagi kami yang harga yang kami bayar dengan fasilitas yang didapat sesuai. 

Tidur nyenyak.

Nah itu dia kesan kami tentang Elenor's Home @ Eyckman. Tempat ini recommended kok untuk menginap di Bandung. Kalau ada kesempatan pergi ke Bandung lagi insyaa Allah we'd love to stay here again.

Elenor's Home @ Eyckman.
Jalan Prof. Eyckman No. 15, Sukajadi, Jawa Barat.
Telp (022) 2038590.

10 comments:

  1. guest housenya nyamaaaan ya, dan fasilitasnya lengkap banget :)..di Bandung memang banyak menawarkan fasilitas seperti ini ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak :) Dan di Bandar Lampung juga sudah mulai banyak guest house yang murmer tapi oke.

      Delete
  2. Kereenn, lumayan bersih sih menurutku, thx for share mb, sp tw butuh pas lg k bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Kalau dekil, kasian si bocah he he.

      Delete
  3. Makasiiiih infonya, Mbak. Sy lagi nyari referensi penginapan yg murah dan nyaman di Bandung :D

    ReplyDelete
  4. Depannya cakep.. dalem nya juga.. modern minimalis dan tampak bersih.. harganya pun terjangkau ya

    ReplyDelete
  5. terima kasih kerana ada review yang jujur dari kamu...
    puas say google untuk mencari blogger yang pernah menginap di sini tapi agak susah...hehe
    Sebab saya dah booking melalui booking.com based on review yang diberikan.
    Insha Allah saya akan ke bandung pada hujung tahun ini.
    Salam perkenalan dari Malaysia =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau review saya bisa membantu 😊 Salam kenal dari Indonesia. Wish you have a great time in Bandung :)

      Delete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29