Monday, August 24, 2015

Proyek Sains: Warna di Balik Warna

Proyek Sains: Warna di Balik Warna.

Kembali lagi dengan postingan tentang percobaan sains sederhana untuk balita. Dari gambarnya bisa nebak nggak kira-kira topik percobaannya tentang apa ya? Ya, percobaannya adalah tentang warna. Siapkan dulu yuk toples atau gelas bening, air, tisu makan, penjepit baju, spidol atau pewarna makanan, serta airnya.
Menu & Promo Unik di Mie Bakso Kotak 60.

Cara melakukan percobaan ini mudah sekali:
1. Tuang air ke dalam toples/gelas hingga tingginya mencapai kurang lebih 2,5 – 3 cm.
2. Pada secarik kertas tisu makan, buat titik dari spidol berwarna hijau atau ungu.
3. Jika tidak ada spidol, gunakan pewarna makanan, buat titik dengan bantuan cotton bud (titiknya keciiiil saja).
4. Jarak antara ujung kertas dengan titik tersebut kira-kira 5-6 cm.
5. Gantungkan dan jepit kertas tisu dengan posisi seperti di gambar.
6. Diamkan selama 10-15 sambil amati perubahan yang terjadi.

Gantung kertas tisu dengan jepitan baju.

Apa hayo yang terjadi? Bintik hijau lama kelamaan seolah memudar namun muncul warna kuning dan biru di sekitar titik tersebut. Sementara di titik ungu akan muncul warna biru dan magenta. Kok bisa?

Lihat ada apa di balik warna hijau?

Ya karena hijau kan terbuat dari campuran warna kuning dan biru. Sementara ungu campuran warna biru dan magenta (seperti warna pink tua/merah rose). Unsur warna tersebut dapat dipisahkan dengan menambahkan air. Air akan merembes pada kertas tisu. Air yang naik ke atas akan melarutkan warna hijau dan secara perlahan memindahkan warna tadi ke bagian bawah kertas tisu. Tapi karena warna-warna dasar yang menghasilkan warna hijau (yaitu biru dan kuning) bergerak dengan kecepatan yang berbeda, maka kedua warna tersebut jadi terpisah.


Coba dengan warna ungu yuk!

Karena waktu yang dibutuhkan untuk percobaan ini tidak lama, insyaa Allah anak tidak merasa bosan mengamati apa yang terjadi pada kertas tisunya. Senang deh saat melihat anak berkata “Eh ada warna biru, warna kuning, dst”. You know what, tanpa sadar anak sudah mengenal kromatografi sederhana he he.

Lihat ada warna apa di balik warna ungu.

Setelah tisunya kering.

Catatan:

Kromatografi adalah suatu teknik pemisahan molekul berdasarkan perbedaan pola pergerakan antara fase gerak dan fase diam untuk memisahkan komponen (berupa molekul) yang berada pada larutan. Molekul yang terlarut dalam fase gerak akan melewati kolom yang merupakan fase diam. Molekul yang memiliki ikatan yang kuat dengan kolom akan cenderung bergerak lebih lambat dibanding molekul yang berikatan lemah. Dengan ini berbaga macam tipe molekul dapat dipisahkan berdasarkan pergerakan pada kolom.

Sumber:

Buku Percobaan Sains Sederhana dengan Bahan Sehari-Hari oleh Muriel Mandell.

9 comments:

  1. Wah seru ya mak ^^ nanti mau ajakin keponakanku lakuin percobaan ini ahhh

    ReplyDelete
  2. selalu kreatif nih mbak Heni :)

    KEREN

    ReplyDelete
  3. kok kayaknya gampang tapi seru ya. hihi

    ReplyDelete
  4. Wahhh jd pnasaran pengenn praktekin jg

    ReplyDelete
  5. mbak keren banget blog nya! :) menginspirasi sekali buat anak-anak. Mbak jurusan kimia ato farmasi ya sampe kenal banget sama kromatografi. Hehe. Mau belajar menghias blog dong mbaak biar cantik kaya punya mbak Heni. Salam kenal :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29