Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Jelajahi Dunia Gamer dan Content Creator dengan ASUS ROG Phone 8


Akhir pekan adalah momen yang ditunggu anak-anak termasuk Rayyaan. Karena di akhir pekan tidak sekolah jadi ada lebih banyak waktu untuk beristirahat dan bermain. Biasanya ia bermain dengan adik atau teman di lingkungan rumah. Selain itu ia juga bermain dengan teman sekolah atau teman di lingkungan rumah kami yang lama. Lho jauh-jauhan kok bisa main bareng? 

Karena sekarang sudah ada teknologi internet yang memungkinkan anak-anak bisa bermain game bersama meski berjauhan. Mabar (main bareng) online kalau istilah anak-anak sekarang. Mabar online ini memang bisa jadi ajang temu kangen dengan teman-teman. Apalagi kalau bermainnya sambil menelpon, tambah seru deh. 

Sebelum bermain biasanya mereka janjian dulu lewat obrolan di Whatsapp. Misalnya mau mabar hari Sabtu jam 2 siang. Di hari dan jam yang ditentukan, Rayyaan izin pinjam ponsel saya untuk bermain game dengan teman. Sesekali Papanya juga mendampingi dan ikut bermain bersama Rayyaan. Main game bersama ternyata bisa jadi salah satu cara menjaga kelekatan orang tua dan anak. Terutama dengan anak laki-laki usia pra remaja. Selain itu karena Rayyaan juga ikut kelas coding untuk anak-anak, bermain game juga bisa menambah ide untuk mengembangkan proyek-proyeknya.


Manfaat Bermain Game untuk Anak


Bermain game asal tidak berlebihan, ada manfaatnya juga untuk anak. Ini dia manfaat bermain game untuk anak:

  1. Memperkenalkan teknologi
  2. Melatih kemampuan memecahkan masalah
  3. Melatih kemampuan membuat strategi, menganalisa, mengantisipasi, dan membuat keputusan
  4. Melatih kemampuan mengikuti instruksi
  5. Belajar mengambil resiko
  6. Belajar bekerjasama
  7. Melatih konsentrasi dan memori
  8. Mengasah kreativitas
  9. Melatih pengendalian emosi
  10. Sebagai sarana belajar dan mendapatkan pengetahuan baru


Perkembangan Esport di Indonesia 


Di dunia karir kini bahkan ada orang-orang yang berprofesi sebagai pemain game profesional, termasuk di Indonesia. Anak-anak pun sudah mengenal yang namanya esport yaitu cabang olahraga yang lahir di dunia digital. Medianya adalah game sebagai kompetisi yang diikuti individu atau tim. 

Perkembangan esport di Indonesia beberapa tahun terakhir sangat pesat. Pada tahun 2020 ada lebih dari 20 juta orang pemain esport dan lebih dari 50 turnamen diadakan di Indonesia. Pada tanggal 29 Agustus 2020 Kemenpora dan KONI resmi menjadikan esport sebagai salah satu cabang olahraga prestasi. Di sejumlah sekolah menengah, esport juga sudah menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Tim esport dari Indonesia pun sudah meraih prestasi di tingkat internasional.



Mengingat banyaknya peminat esport, bisa jadi anak-anak juga tertarik menjadi pemain game profesional. Saat acara kelulusan di yayasan sekolah Rayyaan tahun lalu, beberapa kakak SMP dan SMA menuliskan cita-cita ingin ingin menjadi profesional gamer di profil mereka. 


Pemain Game Profesional 


Jika anak berminat terjun di dunia profesional gamer, orang tua tentu perlu membimbing dan mengarahkan ya. Karena gamer profesional itu hari-harinya tidak hanya diisi dengan bermain game atau berlatih dari pagi sampai malam. Apa saja yang harus dilakukan dan dimiliki seorang pemain game profesional?

  1. Rutin berolahraga
  2. Makan makanan bergizi
  3. Memiliki semangat dan motivasi positif
  4. Tetap bersosialisasi di dunia nyata
  5. Istirahat dan relaksasi yang cukup
  6. Mengelola waktu dengan baik
  7. Memiliki tingkah laku dan karakter pribadi yang baik
  8. Rajin berlatih 
  9. Bisa bekerjasama dalam tim 

Selain itu, punya hobi bermain game apalagi kalau tertarik dengan dunia game profesional, bukan berarti alasan untuk malas sekolah dan belajar lho! Karena esport berhubungan dengan mengadu strategi dan logika. Dua hal ini bisa diasah antara lain dengan pelajaran seperti sains dan matematika. Jadi tidak boleh malas belajar ya dan pastinya tidak boleh melalaikan ibadah juga. 


Content Creator, Pekerjaan Impian Anak Jaman Sekarang


Selain meminjam ponsel saya untuk bermain game, Rayyaan juga sering menggunakannya untuk memotret, merekam, serta mengedit video. Rayyaan bilang suatu hari ingin punya kanal Youtube sendiri. Wah ada minat jadi content creator juga nih rupanya. Berdasarkan hasil survei, profesi content creator kini menjadi salah satu pekerjaan impian anak-anak!  

Ada berbagai jenis tema yang bisa dipilih untuk konten, misalnya game, teknologi, perjalanan dan wisata, kuliner, pendidikan, dan lain-lain. Media yang dipilih untuk mengunggah kontennya juga bermacam-macam, seperti Youtube, Instagram, Facebook, TikTok, dan blog. Apapun tema dan media yang dipilih, jangan lupa untuk tetap memanfaatkan teknologi secara positif dan aman. 


ASUS Republic of Gamers & ROG Phone 8


Salah satu yang dibutuhkan untuk menjadi content creator tentu saja peralatan yang mumpuni untuk menunjang proses pembuatan konten. Begitu pula kalau ingin menjadi profesional gamer. Ingin punya ponsel game yang keren untuk berbagai kebutuhan pengguna? ASUS Republic of Gamers akan merilis ponsel terbarunya nih di Indonesia! 

ROG atau Republic of Gamers merupakan sub-merk ASUS yang berdedikasi untuk menciptakan perangkat keras dan lunak gaming terbaik di dunia. Sejak dibentuk tahun 2006, ROG menawarkan berbagai produk dengan kualitas dan performa tinggi seperti motherboard, monitor, desktop, laptop, ponsel, dan produk lain.

Ponsel yang akan dirilis adalah ROG Phone 8 yang telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat tangguh yang serba bisa tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan para gamer tapi juga content creator. Apa saja ya keunggulan yang ditawarkan?


Desain Premium dan AniMe Vision 


Mau punya ponsel yang tampilannya keren tapi tangguh dibawa main game dan membuat konten di manapun? Pasti mau banget dong! Seri ROG Phone 8 ini dibuat dengan desain premium yang 15% lebih tipis dan berat 9% lebih ringan. Bezel atau bingkai di sekitar layarnya pun lebih tipis dibanding ROG Phone generasi sebelumnya. 


Desain ROG Phone 8


Di bagian belakang ponsel ini juga terdapat fitur AniMe Vision dengan mini-LED yang dapat menampilkan animasi dan dapat diprogram.  Tidak hanya itu, seri ROG Phone 8 merupakan ponsel gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68 yang dibuat tahan debu dan air. Jadi ponsel ini aman digunakan untuk bermain dan ngonten di luar ruangan.


Tahan air dan debu


AniMe Vision


Performa Tinggi dan Efisiensi Energi 


Selain desain ponsel yang keren, hal apa yang diinginkan gamer dan content creator dari sebuah ponsel? Tentu saja ponsel yang menawarkan performa tinggi dan efisiensi energi. Singkatnya, ponsel yang cepat namun tidak mudah panas. 

ASUS menyematkan Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh dan didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Ini membuat CPU (unit pemrosesan pusat) dan GPU (unit pemrosesan grafis) ROG Phone 8 lebih cepat dibanding ponsel sebelumnya.


Snapdragon® 8 Gen 3


Pada ponsel ini juga terdapat teknologi Rapid-Cooling Conductor yang merupakan bagian dari teknologi Game Cool 8 yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Selain itu pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Ini memungkinkan ROG Phone 8 digunakan untuk sesi gaming maraton tanpa panas berlebih. Dipakai membuat konten dalam waktu lama pun aman deh. 


Rapid cooling conductor


Thermal system


Tampilan Ultra Cerah


Dari sisi layar, ASUS ROG Phone 8 menggunakan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci dengan teknologi LPTO. Panel ini mendukung kecepatan refresh adaptif untuk mengurangi konsumsi daya. Pengguna bisa memilih kecepatan refresh hingga 165 Hz untuk permainan yang lancar, serta kecepatan pengambilan sampel sentuh mencapai 720 Hz. Artinya layar mampu merespon sentuhan pengguna sebanyak 720 kali per detik sehingga akurasi dan respon layar lebih instan. 


Ultra bright display


Pernah kesulitan melihat tampilan layar ponsel di luar ruangan? Kecerahan ponsel ini bisa ditingkatkan hingga 2500 nits yang memungkinkan pengguna bermain game, menonton film, memotret, dan merekam video bahkan di bawah terik matahari tanpa masalah. ROG Phone 8 juga  bekerjasama dengan Pixelworks® untuk menawarkan akurasi warna dan visual yang luar biasa.


AI Kamera Profesional


Membuat konten dengan ROG Phone 8


Tiga kamera belakang



Kamera Utama


Ingin membuat konten foto dan video yang jernih dan stabil? ROG Phone 8 memiliki sistem tiga kamera yang canggih di bagian belakang. Kamera utama dilengkapi dengan sensor gambar SONY IMX890 terbaru 50 MP yang mampu menghadirkan gambar lebih jernih


Fotografi dengan kamera utama


Saat membuat konten perjalanan misalnya, lebar lensa 24 mm pada kamera ponsel ini memungkinkan pengguna untuk membidik jalanan dengan sempurna. Kamera utamanya juga memiliki mode zoom 2x lossless yang menjadikannya setara dengan lensa prima 50 mm yang sesuai untuk fotografi makanan dan potret. Kamera ini juga bisa digunakan saat memotret dalam kondisi cahaya rendah. 

Tidak hanya itu, kamera utama ROG Phone 8 memiliki 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 sehingga video dan foto yang dihasilkan saat perjalanan bisa lebih halus dan bebas guncangan. Stabilitas video juga terjamin dengan adanya perangkat keras anti guncangan OIS dan alogaritma perangkat keras EIS yang telat ditingkatkan. 


Gimbal stabilizer


Kamera Telefoto


Kamera lain yang terdapat di bagian belakang ROG Phone 8 adalah kamera telefoto 32 mm. Lensa kamera ini mampu menangkap obyek jarak jauh. Namun kita tidak perlu khawatir tentang ketajaman gambar yang dihasilkan karena kamera telefoto 3x ini dilengkapi fitur stabilisasi gambar optik

Kamera ini juga sesuai untuk mode fotografi malam dengan cahaya rendah. Teknologi ASUS HyperClarity menggunakan file yang belum diproses (RAW) untuk menjaga detil dan menghasilkan gambar yang lebih jelas bahkan saat diperbesar hingga 10 sampai 30 kali!


Kamera Ultrawide


Punya hobi fotografi lanskap? Kamera ultrawide 13 MP pada ponsel ini cocok untuk memotret lanskap dan memotret di ruang sempit. ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan teknologi untuk mengurangi distorsi sehingga gambar yang dihasilkan tidak hanya memukau namun juga alami. Wah punya ASUS ROG Phone ini kalau mau jalan-jalan jadi tidak perlu repot bawa DSLR deh karena sudah ada tiga kamera yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna


Kamera Depan Ultrawide Selfie


Kamera ponsel tentu tak lengkap jika tidak ada kamera depan. Saat berkumpul dengan teman sesama gamer dan content creator akan lebih seru kalau ada sesi selfie bareng. Selain itu kamera depan juga sering digunakan untuk membuat vlog (video blog).

Mau selfie atau ngevlog bareng tak perlu khawatir karena ROG Phone 8 memiliki FoV (bidang pandang) ultrawide atau ultra lebar. Sensor RGBW pada kamera ini juga menghasilkan gambar kamera depan yang lebih bersih dan minim noise bahkan dalam kondisi minim cahaya.


Ultrawide selfie


Hasil Jepretan Kamera ASUS ROG Phone 8


Mode normal


Mode 3x zoom


Hasil foto di malam hari

Foto makanan



Fitur yang Disempurnakan AI


Sebutan ponsel gaming super canggih memang layak disematkan pada ROG Phone 8 ini. Selain keunggulan di atas, pada ponsel ini juga banyak fitur yang disempurnakan dengan AI, misalnya:

  1. Background Mode yang memudahkan gamer mengalihkan game ke latar belakang.
  2. X Capture untuk menangkap momen penting.
  3. AI Grabber untuk menangkap teks.
  4. X Sense untuk meningkatkan pengalaman bermain game serta memberikan tips saat dibutuhkan.
  5. Semantic Search untuk pencarian foto di galeri.
  6. AI Noise Cancellation untuk meredam kebisingan dari dua arah saat dipakai dalam panggilan telepon, video, dan berkomunikasi dalam game. 


Baterai Tangguh


ROG Phone 8 dilengkapi dengan baterai 5.500 mAH dengan pengisian daya cepat HyperCharge 65 watt. Ponsel ini bisa diisi dalam kondisi baterai 0% hingga 100% dalam waktu 39 menit saja. Kekuatan baterai ROG Phone 8 menjadikannya cocok untuk bermain game berat selama 3,4 jam, menonton video selama 23 jam, atau menjelajahi media sosial selama 17 jam


Baterai ROG Phone 8


Harga ASUS ROG Phone 8 


Super lengkap ya ASUS ROG Phone 8 ini. Ponsel ini bukan ponsel gaming biasa namun ponsel canggih dan tangguh yang menghadirkan desain inovatif dan teknologi mutakhir. Tidak hanya di dunia game, ASUS ROG Phone 8 memungkinkan pengguna menjelajahi berbagai dunia dan menghasilkan karya luar biasa. 


Cocok untuk gamer dan content creator


Penasaran dengan harganya dan di mana bisa membeli ponsel ini? Info harga, ketersediaan, serta info promosi ASUS ROG Phone 8 akan diungkapkan pada hari peluncuran ROG Phone 8. Nantikan informasinya di blog ini dan simak medsos @asusrog.id ya! 

Harga dan Promo ASUS ROG Phone 8

Rabu, 20 Maret 2024 ASUS ROG Phone 8 resmi diluncurkan. Di acara tersebut juga diinformasikan harga dari ASUS ROG Phone 8:

ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

1)First Sale Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

2)Consumer Launch Sales Promo: Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUGBM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.


"Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien" 


Comments

back to top