Thursday, October 12, 2017

Fungsi Utama dari Pembuatan Katalog Promo Belanja

Gambar: Pixabay.com

Kalau belanja di supermarket, biasanya sering ada katalog yang bisa diambil gratis. Isinya adalah produk-produk yang dijual di tempat tersebut dan biasanya ada info produk apa saja yang sedang didiskon atau dijual dengan harga murah. Adanya katalog promo belanja ini menguntungkan banget untuk konsumen, iya nggak? Eh tapi ada juga dong manfaatnya untuk pihak penjual.

Pada dasarnya fungsi utama dari adanya katalog promo tersebut adalah untuk menarik konsumen. Salah satu cara marketing ini adalah untuk menarik konsumen. Hal tersebut disebabkan karena konsumen umumnya akan langsung tertarik jika mendengar kata promosi, potongan harga atau diskon, paket belanja ataupun cashback. Dengan adanya katalog promo yang bisa dilihat dan dipergunakan sebagai salah satu acuan untuk berbelanja ini membuat konsumen akan lebih tertarik untuk datang, melihat dan membeli barang yang sedang dijual dengan murah.

Kedua adalah membantu konsumen untuk memilih barang. Di katalog yang diberikan oleh pihak toko misalnya dari situs jual beli online terpercaya, kita akan mendapati banyak barang yang mana saja yang sedang dijual dengan harga yang murah atau setidaknya sedang dalam masa promosi sehingga kita sebagai konsumennya bisa membeli barang dengan harga yang murah dan dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasanya. Dengan keterbatasan waktu untuk promosi tersebut, konsumen akan lebih mudah dan cepat membeli barang yang dibutuhkan dan diinginkan di tempat jualan tersebut.

Gambar: Pixabay.com

Ketiga adalah tahu semua produk. Tidak semua tempat menjual produk dengan jumlah dan jenis yang terbatas. Misalnya di supermarket, kita bisa mendapati puluhan bahkan ratusan barang yang dijual di satu tempat dan sedikit kemungkinan Anda akan mendapatkan informasi mengenai barang mana yang sedang dijual dengan harga murah dan mana yang tidak apalagi jika supermarket tersebut adalah supermarket besar. Dengan adanya katalog promo belanja yang diberikan untuk konsumen tersebut, sebagai konsumen kita bisa mengetahui minimal barang mana yang sedang di diskon sehingga untuk mencapai tempat atau bagian yang menjual produk tersebut, Anda bisa langsung memilih dan membelinya.

Keempat adalah untuk menjual barang yang lebih banyak. Pemberian katalog yang isinya mengenai promo belanja untuk membeli barang tertentu yang dijual di tempat jualan tersebut, misalnya di supermarket atau di marketplace dimana banyak toko online, biasanya adalah di event tertentu misalnya saat weekend atau saat akhir tahun karena harus cuci gudang. Karena ada katalog promo untuk belanja, konsumen yang tertarik untuk melihat dan akhirnya membeli membuat barang yang dijual di tempat tersebut menjadi terjual sehingga stok yang harus dihabiskan bisa berkurang bahkan bisa habis sama sekali dan cara tersebut juga bisa menguntungkan penjualnya karena tidak harus mengembalikan barang atau menanggung rugi yang lebih besar.

Sebelum membuat dan mengeluarkan katalog promo belanja, ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan, diantaranya adalah:
Apakah kita sudah melakukan perhitungan untung dan rugi jika produk yang kita jual tersebut di diskon atau dipromokan?
Kapan kita akan mengeluarkan promo tersebut? Apakah di saat tertentu misalnya setiap weekend, hanya diberikan di kala waktu penting saja misalnya mendekati akhir tahun atau waktu yang lainnya.
Barang apa saja yang akan dijual dengan harga yang murah.
Apakah ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para pembelinya.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29