Monday, September 25, 2017

Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Catat Berbagai Kebutuhannya Berikut Ini


Moms, apakah saat ini ada yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati? Sudah ada persiapan apa aja nih? Kalau belanja ke toko perlengkapan bayi baru lahir, para ibu biasanya bakal lapar mata nih, apalagi ibu baru. Barang-barang yang nggak ada dalam daftar belanjaan eh dibeli juga. Sama kok, saya juga gitu  hi hi. Nggak cuma kalau belanja di toko offline aja, lagi lihat-lihat di toko onlinepun begitu. 

Di toko online perlengkapan bayi memang banyak banget barang yang keren-keren dan unyu-unyu. Kita jadi mikir "Ih ini lucu deh. Eh kayaknya bakal perlu yang itu deh." Seolah banyak banget perlengkapan yang dibutuhkan padahal sebenarnya kebutuhan yang esensial nggak sebanyak yang kita bayangkan. Supaya nggak ada barang yang terlupa dan juga nggak ada pemborosan, buat daftar barang apa saja yang harus kita beli.

Baju Bayi

Saat memilih baju bayi baru lahir, sebaiknya perhatikan bahannya ya. Pilih bahan yang nyaman dan adem. Sebisa mungkin hindari membeli baju yang gambar-gambarnya punya jahitan ke arah dalam supaya bayi tetap nyaman. Pilih ukuran yang pas, jangan yang mudah sempit tapi jangan juga yang terlalu besar. Usahakan beli baju yang berkancing depan supaya kita mudah memakaian dan melepas baju si bayi. Jangan lupa beli setelan baju dan celana pendek dan panjang. Baju lengan pendek dan celana pendek lebih nyaman digunakan pagi hingga sore hari. Sementara di hari yang dingin atau di malam hari baju lengan panjang dan celana panjang lebih sesuai.

Perlengkapan Mandi

Untuk perlengkapan bayi baru lahir , jangan lupa membeli barang-barang seperti: bak mandi bayi, kain washlap, shampoo dan sabun bayi, body lotion, dan baby oil. Sekarang banyak produk 2 in 1 yaitu shampoo sekaligus sabun bayi yang praktis digunakan. Body lotion bisa membantu menjaga kelembaban kulit bayi. Semetara baby oil digunakan untuk memijat bayi. 

Kebutuhan Finansial

Selain perlengkapan seperti alat mandi dan baju, kita juga harus menyediakan kebutuhan finansial. Misalnya asuransi kesehatan, tabungan pendidikan untuk bekal pendidikan anak, serta biaya ke dokter termasuk imunisasi.

Namun hal yang paling membuat happy saat hamil memang berbelanja. Saat melihat berbagai kebutuhan bayi di mall atau di toko, yang awalnya cuma mau cuci mata jadi kepingin memborong barang-barang yang ada he he. Jadi selain harus menahan diri kita harus mempersiapkan keuangan dengan baik supaya pengeluaran nggak membengkak.


Supaya lebih hemat, kita bisa berbelanja perlengkapan bayi baru lahir di situs jual beli online. Tapi ada tipsnya juga supaya pengeluaran nggak membengkak:
  1. Tidak perlu banyak membeli barang yang biasanya diperoleh sebagai kado. Biasanya kado yang diberi pada bayi baru lahir seperti perlengkapan mandi, gendongan, selimut, tas khusus untuk perlengkapan bayi, dan lain-lain. 
  2. Beli barang yang multifungsi. Contohnya kasur dan kursi makan bayi yang bisa digunakan sampai si kecil balita. Contoh lain adalah stroller lipat yang praktis namun kokoh untuk bayi hingga ia berusia 3 tahun. Memang biasanya harganya sedikit lebih mahal namun bisa menghemat pengeluaran jangka panjang.
  3. Mencari barang diskon. Ibu mana yang nggak suka diskon? Pasti semua suka, iya kan Moms he he. Kita bisa memanfaatkan toko online yang menjual berbagai perlengkapan bayi dan memberi diskon khusus. 

Semoga tipsnya bermanfaat ya, Moms dan nikmati keseruan memilih perlengkapan untuk si kecil. 

1 comment:

  1. dulu waktu saya mau melahirkan anak pertama, saya harus membuat list perlengkapan bayi baru lahir, tanya juga sama temen yg udah pernah ngelahirin, khawatir ada perlegkapan yg blm ke list :)

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29