Tuesday, October 25, 2016

Yoga Pratama, Penulis Puisi dan "Begal Cinta" Asal Lampung


"Panggung bagi kita hanya sebuah pesan lupa
Selebihnya tampak punggung,
Dapat dihitung, pesan lupa untuk tak lupa
Tak ada panggung yang sebenarnya panggung
Sisanya hanya tampak punggung.
Dari lupa, lalu alpa, sebelum mati
panggung kembali di dekorasi
Budaya panggung tahunankah untuk dinikmati
Kemudian entah kapan lagi mata memandangya
Kemudian entah kapan jemari ikut menari
Kemudian entah kapan senyum ikut menyeringahi
Lalu, tak jadi lupa, melainkan menjadi menu sepanjang pagi
Adakah di tanahku ini
Panggung yang tak cepat jadi punggung
Kemudian menjadi lupa
Melihatnya seperti pelangi yang bermimpi
Di tanah ini budaya tak boleh lupa"



Video musikalisasi dari puisi ini sukses membius peserta talkshow yang diadakan FLP Lampung 4 September 2016 lalu. Penulisnya puisi ini adalah Bang Yoga Pratama, "Begal Cinta" sekaligus member Tapis Blogger. Hah?! Begal Cinta? Iya, selain aktif menulis puisi Bang Yoga juga aktif menulis novel. Setelah meluncurkan buku antologi puisi serta novel berjudul Hujanuari, karya Bang Yoga yang akan terbit selanjutnya adalah novel Begal Cinta dan Puisi Badai dalam Secangkir Kopi. Produktif sekali ya. Yang menarik nih sesi pemotretan untuk cover novel Begal Cinta ini dilakukan di Pugung Raharjo, sekalian mempromosikan tempat wisata bersejarah di Lampung ya. Selain itu novel ini juga mendapat review positif dari Kombes. Pol. Krishna Murti lho.


Bang Yoga sendiri mulai akrab dengan dunia tulis menulis sejak kelas 4 SD, saat itulah ia pertama kali menulis puisi. Sejak kenal dengan Bang Yoga dan lebih banyak lagi penulis asal Lampung lewat komunitas Tapis Blogger, linimasa Facebook saya memang jadi berwarna termasuk dengan puisi-puisi karya Bang Yoga. Saat ditanya apa sih yang bisa menjadi ilham untuk menulis puisi, jawabannya adalah perasaan dan prasangka. Nah karena inilah saya sering takjub dengan teman-teman yang jago menulis puisi. Melihat mendung di sore haripun bisa jadi inspirasi merangkai kata nan indah.

Di dunia blogging sendiri Bang Yoga mulai aktif sejak lulus D3 Politeknik Negeri Lampung sebagai media untuk menulis puisi dan cerita. Selain aktif menulis, pemilik blog www.menulissederhana.wordpress.com saat ini menjadi penanggungjawab sebuah acara program bincang tokoh di ANTV Lampung. Sehubungan dengan passionnya di dunia kepenulisan, Bang Yoga masih punya impian nih yaitu ingin karyanya diterbitkan oleh label mayor dan karya tulisnya suatu hari bisa difilmkan. Aamiin...



5 comments:

  1. Kalau gitu mau dong dibegal sama abang Yoga 😀

    ReplyDelete
  2. wah hebat ya terus berkarya ya bang... semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  3. Ya ampun (((begal cinta))) indentik banget dengan lampung ya mba?? aku juga asal lampung nih.. seneng deh ada yang se keren bang yoga.. sudah punya buku sendiri lagi..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
  4. Produktif banget ya, bang Yoga

    ReplyDelete
  5. Yoga emang keren, sangat produktif deh saluuut pemuda kece

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29