Wednesday, August 19, 2015

DIY: 5 Minutes Homemade Paint, Buat Cat Sendiri Yuk!

DIY: 5 Minutes Homemade Paint, Buat Cat Sendiri Yuk!

Kalau untuk kegiatan melukis, saya belum pernah sekalipun membeli cat air untuk Rayyaan. Sebenarnya kepincut melihat cat air merk ini merk itu. Tapi cukup crayon saja dulu yang beli, cat air sementara masih buat sendiri he he.
Proyek Sains: Air dan Minyak Bersatu.

Nggak perlu waktu lama lho untuk membuat cat air rumahan ini. Bahannyapun biasanya ada di dapur para Emak. Hanya butuh waktu 5 menit untuk membuatnya. Nggak percaya? Coba disimak dulu bahan dan cara membuatnya ya.

Rayyaan sedang menggambar apa itu?

Bahan:

1. Tepung maizena.
2. Air panas.
3. Pewarna makanan oil based.

Cara membuat:

1. Campurkan 1 sdm tepung maizena dengan 1 sdm air panas.
2. Tetesi dengan pewarna makanan, aduk hingga rata.

Sudah begitu saja kok cara membuatnya. Mudah bukan? Kalau mau membuat lebih dari satu warna ya ulangi langkah satu dan dua tapi dengan pewarna makanan yang berbeda. Nggak perlu beli banyak pewarna. Cukup beli warna biru/cyan, kuning, dan magenta saja kok. Macam warna yang ada di printer itu lho. Kenapa pakai yang oily, karena lebih mudah dibersihkan kalau terkena kulit. Harga per botolnya terjangkau kok. Sekitar Rp 7.000/botol. Di botol-botolnya tertera warna Rose Pink, Lemon Yellow, dan Sky Blue. Untuk menghasilkan warna lain, kita tinggal mencampur warna-warna ini. Contoh:



1. Hijau: kuning + biru.
2. Ungu: magenta + biru.
3. Oranye: magenta + kuning (kuning lebih banyak).
4. Merah: magenta + kuning (magenta lebih banyak).

Cat kuning, hijau (campuran kuning dan biru), serta pink.

Kita bisa langsung mencampur bahannya di palet cat atau dicampur dalam sebuah wadah kecil kemudian dipindahkan ke wadah seperti pada gambar. Tau nggak sih itu aslinya wadah apa? Itu aslinya wadah untuk kecap dan saus untuk menghias bento he he.

Cat ini juga cocok untuk kegiatan finger paint atau jadi "sidewalk chalk paint". Apalagi tuh? Pokoknya untuk melukis di jalan atau di halaman rumah gitu deh. Nah karena berbahan dasar tepung, air, dan pewarna makanan jadikan kena air langsung hilang, nggak selamanya menempel di jalan. Kapan-kapan saya buat postingan khusus tentang sidewalk chalk paint ini ya. Semoga bermanfaat.

8 comments:

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29