Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

Apa Yang Harus Dicek Ketika Membeli Mobil Bekas


Selain rumah, bagi sebagian orang yang sudah berkeluarga, memiliki mobil adalah salah satu kebutuhan. Demikian pula bagi keluarga kami. Beberapa tahun lalu kami memutuskan untuk membeli mobil karena usia Rayyaan sudah bertambah dan mulai bersekolah di playgroup. 

Bagi keluarga lain, kebutuhan memiliki mobil bisa jadi karena sudah memiliki lebih dari satu anak sehingga membutuhkan alat transportasi yang bisa membawa seluruh anggota keluarga. Mengendarai mobil juga memudahkan saya untuk mengantar jemput Rayyaan dan adiknya ke sekolah atau ke tempat les, dan saat harus membawa belanjaan atau baju-baju yang sudah dilaundry. 



Tak dipungkiri, mobil juga membuat penumpangnya terhindari dari terik matahari dan hujan. Saat ada anggota keluarga yang sakit dan harus rutin berobat seperti ibu saya, mobilpun lebih aman dan nyaman digunakan. Tak hanya itu, mobil juga bisa membawa lebih banyak barang terutama jika ingin liburan keluarga. 

Sepadan dengan kelebihan yang ditawarkan, harga mobil memang lebih tinggi dibandingkan rata-rata harga kendaraan roda dua. Untuk membelinya butuh dana yang tidak sedikit. Namun membeli mobil tidak selalu harus yang baru. Mobil bekas juga layak dijadikan pilihan asal kita cermat sebelum membeli. 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil bekas antara lain:

1. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget 

Banyak jenis mobil bekas yang dijual namun kita tetap perlu memperhatikan kebutuhan keluarga dan budget yang dimiliki. Misalnya pilih mobil sesuai dengan jumlah anggota keluarga. Untuk keluarga kecil bisa menjadikan mobil Agya Bekas sebagai pilihan. Mobil ini nyaman dan bisa dimuati 5 penumpang. Untuk parkirnyapun tidak perlu lahan yang besar. 



Setelah membeli mobil juga ada yang harus dipersiapkan seperti dana untuk membeli bahan bakar, perawatan, serta membayar pajak. Karena itu membeli mobil sesuai kemampuan finansial juga sangat penting ya.

2. Jangan mudah tergoda dengan harga murah

Melihat informasi ada mobil dijual dengan lebih murah dibanding harga mobil lain yang serupa, pasti sangat menggiurkan. Apalagi kalau tipe mobilnya sesuai dengan yang kita idam-idamkan. Namun sebaiknya kita tidak terburu-buru membelinya. 

Kita perlu cermat mengecek kondisi mobilnya secara menyeluruh. Misalnya  apakah mobil tersebut pernah terkena banjir atau mengalami kecelakaan sehingga dijual dengan harga murah. 

3. Memeriksa status kendaraan dan kelengkapan surat-suratnya

Hal yang lain yang perlu dicek sebelum membeli mobil bekas adalah apakah data yang tertera di STNK dan BPKB sesuai dengan yang ada di kendaraan. Selain itu cek juga apakah kendaraan dalam status kena tilang elektronik dan tidak tercatat sebagai kendaraan hilang. Pasti nggak mau dong kalau mobil yang kita beli ternyata hasil dari tidak kriminal alias pencurian mobil.

4. Cek sejarah pemakaian dan servis kendaraan

Mobil bekas meski dari jenis kendaraan dan tahun yang sama bisa saja memiliki kondisi yang berbeda. Di Indonesia jarak tempuh normal untuk mobil pribadi adalah 15.000 – 20.000 km per tahun. Tetapi ada mobil yang sering dipakai menempuh perjalanan jauh hingga total kilometernya tinggi. 

Ada mobil yang jarang diservis sehingga kurang terawat. Namun ada juga mobil yang kilometernya masih terbilang rendah dan sering diservis secara berkala. Nah mobil bekas seperti ini nih yang layak banget jadi incaran. 



5. Memeriksa kondisi eksterior mobil

Kondisi eksterior mobil sangat penting untuk diperiksa untuk memastikan mobil tersebut bukan bekas banjir atau kecelakaan. Selain itu suara mesin dan warna asap yang dikeluarkan juga perlu dicek untuk mengetahui apakah mesin terawat dengan baik.



Selain itu kita harus mengecek apakah aki mobil soak dan kampas rem mobil sudah tipis. Hal lain yang perlu diperiksa adalah kondisi suspensi dan ban mobil untuk memastikan keseimbangan mobil dan mobil bisa dikendalikan dengan baik.

6. Memeriksa kondisi interior mobil

Selain eksterior, kondisi interior mobil juga harus dicermati. Misalnya kondisi AC, lampu, sistem audio, jok depan serta belakang, karpet, dashboard, serta langit-langit mobil. Selain itu bau di bagian dalam mobil juga harus diperhatikan. Jika baunya apek bisa saja mobil tersebut pernah terkena banjir. 



7. Melakukan tes drive dan membawa ahli mekanik saat survei

Hal yang juga perlu dilakukan sebelum membeli mobil bekas adalah melakukan tes drive. Kita bisa mengetes mobil pada beragam kondisi jalan dan kecepatan. Kita juga bisa membawa ahli mekanik atau teman yang ahli dan bisa mengecek kondisi mobil bekas tersebut.

8. Menggunakan internet untuk survei

Saat ini kita bisa mencari informasi tentang mobil bekas tanpa harus pergi ke showroom terlebih dulu. Kita bisa dengan mudah mencari mobil yang sesuai kebutuhan dan mengecek informasi seperti merk, tipe, tahun, kilometer, warna, dan transmisinya. 



Selain itu di situs yang tepat kita juga bisa mendapatkan informasi berupa kondisi interior, eksterior, fitur keamanan, dan kelengkapannya. Yang tak kalah penting tentu saja informasi harganya. Misalnya ingin mencari harga toyota agya bekas.

Nah bagi yang ingin hunting mobil bekas, coba deh buka situs caroline.id. Caroline merupakan platform jual beli mobil bekas dan baru di bawah naungan Autopedia. Di situsnya ada beragam pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan termasuk yang ingin mencari mobil bekas. Apalagi Caroline juga menawarkan nilai plus lain bagi Sobat Caroline seperti:

  1. Garansi mesin dan transmisi selama 1 tahun.
  2. Garansi 5 hari uang kembali.
  3. Unit mobil yang dijual lulus inspeksi di 150 titik, mulai dari bagian dalam hingga luar. Mobil yang dijual bebas dari terendam banjir dan kecelakaan besar.
  4. Odometer mobil asli.
  5. Dokumen mobil asli dan aman.
  6. Layanan test drive gratis.
  7. Pengantaran unit gratis.
  8. Proses transaksi transparan dan terpercaya.
  9. Kemudahan pengajuan pembiayaan dengan perusahaan leasing yang bekerjasama dengan Caroline.

Wah pelayanan yang ditawarkan Caroline pas sekali ya bagi yang ingin mencari mobil bekas berkualitas! 



Membeli mobil adalah pengeluaran yang terbilang besar untuk sebagian orang, karena itu membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang lebih ramah anggaran. Banyak mobil bekas yang masih layak sekali untuk dibeli namun jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pastinya kita harus melakukan survei dan mengecek kondisi mobil bekas yang ingin dibeli supaya tidak menyesal di kemudian hari. Ingin membeli mobil bekas? Cari di caroline.id aja yuk!

Comments

  1. Iya harus lebih detil kalau beli mobil bekas. Jangan sampai hanya terlihat bagus penampilannya. Gak taunya udah butuh banyak perbaikan

    ReplyDelete
  2. Kata pak suami kadang ada penjual mobil bekas yang nakal ngakalin total kilometer di dashboard, jadi kesannya mobilnya jarang dipakai padahal udah dipakai dengan jarak tempuh tinggi. Jadi emang benar-benar mesti teliti sih ketika membeli mobil bekas. Untungnya ada caroline.id ya yang punya banyak kelebihan sehingga kita bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga terjangkau dengan kualitas baik.

    ReplyDelete
  3. Wow ada garansi mesin dan transisi selama 1 tahun. Risiko mobil bekas yg cuma bagus di luar tapi mesin kurang OK bisa tertangani yah.
    Ku sampaikan ke suami kalau cari mobil bekas di Caroline aja.

    ReplyDelete
  4. Based on my experience of buying used cars, take the time to inspect the vehicle, test drive it, and check for any signs of damage or wear and tear. It might seem like a hassle, but it's way better than getting stuck with a car that's gonna cost you more in repairs than it's worth. So, always do your due diligence and make sure you're getting a good deal on a reliable ride.

    ReplyDelete
  5. Uda percaya banget di caroline.id dengan berbagai ketelitian dari caroline.id. bisa langsung bawa mobil yang diimpikan. Memiliki mobil masa kini adalah sebuah kebutuhan. Apalagi bisa semakin menghemat biaya transportasi sehari-hari.

    ReplyDelete
  6. Setuju banget. Beli mobil bekas harus dicek bener deh kondisinya. Jangan sampai mogok mulu di jalan. Bisa-bisa biaya servisnya lebih mahal daripada beli baru.

    ReplyDelete
  7. Makasih tipsnya mbaaaa asli penting pol punya mobil ini kalau panas dan hujan jadi aman apalagi kalau udah ada anak.

    ReplyDelete
  8. Beberapa waktu lalu ngobrol sama suami, kalau ada rezeki, suami lebih seneng beli mobil seken tapi bisa cash. Tentu beli yang masih kualitasnya bagus. Makasih sharing tipsnya, semoga waktu rezekinya tiba, bisa beli mobil

    ReplyDelete
  9. Jual beli mobil bekas ini emang untung-untungan dan jodoh-jodohan banget sih. Kayak tetanggaku yang ngerti mesin dan mobil selalu untung beli mobil bekas, kalau nggak yang mesinnya masih bandel ya plat nomernya sakti.

    ReplyDelete
  10. Status kendaraan dan tes drive ini penting ya. Jangan sampai beli murah ternyata mobil curian atau hasil sitaan tapi malah dijual. Jadi memang harusnya di tempat yang terpercaya kayak Caroline.id

    ReplyDelete
  11. beli mobil bekas memang perlu ketelitian ya mba, salah satunya masalah permesinan harus dicek betul secara utuh agar nggak terjadi hal2 yang tidak diinginkan setelah pembelian

    ReplyDelete
  12. Kalau terjamin sudah teruji di banyak titik gini, kita yang mau beli mobil bekas pun enggak was2 lagi, sudah ada jaminan dari caroline dot id yaaa

    ReplyDelete
  13. Harga murah kadang membuat calon pembeli mobil bekas mudah tergiur untuk buru-buru membelinya, padahal yang lebih penting adalah mengecek terlebih dahulu segala kelengkapan kendaraan. Hal ini penting agar nantinya tidak mengalami kekecewaan bila ada kekurangan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan kondisi yang diharapkan.

    ReplyDelete
  14. Sebelum memutuskan utk membeli mobil bekas emang benar2 harus dicek dulu ya mbak, supaya gak salah pilih dan gak menyesal dikemudian hari

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top