Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

ASUS ROG Phone 7 Series, Ponsel Tangguh untuk Pencinta Game


Bulan lalu yayasan sekolah Razqa mengadakan acara kelulusan untuk anak TK, SD, SMP, dan SMA. Di acara tersebut setiap siswa yang lulus dipanggil satu per satu ke depan. Selain itu, di layar juga tampil foto, hobi, serta cita-cita dari siswa yang lulus. Hobi dan cita-cita mereka beragam. Ada yang hobinya bermain game dan sejumlah kakak SMP dan SMA bahkan bercita-cita menjadi gamer profesional.



Perkembangan Esport di Indonesia

Bermain game secara kompetitif atau yang biasa disebut esport memang sedang banyak disukai anak-anak muda di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan esport di Indonesia sangat pesat. Pada tahun 2020, jumlah pemain esport di Indonesia mencapai lebih dari 20 juta orang. Setiap tahunnya ada lebih dari 50 turnamen diadakan di Indonesia. 

Pada 29 Agustus 2020, esport resmi dijadikan cabang olahraga prestasi oleh Kemenpora dan KONI. Di sejumlah sekolah menengah, esport bahkan menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler. Sejumlah tim esport di Indonesia bahkan sudah meraih prestasi di tingkat dunia. Tidak heran jika kini banyak anak juga memilih menjadi atlet esport atau gamer profesional sebagai cita-cita termasuk kakak-kakak di yayasan sekolah Razqa.



Untuk menjadi gamer profesional butuh proses, komitmen, dan perjuangan keras. Seorang gamer profesional juga harus memiliki fisik yang prima, kecepatan berpikir, dan manajemen waktu yang baik. Jadi anggapan kalau ingin jadi gamer  tidak perlu sekolah atau tidak perlu rajin belajar itu ternyata salah ya.

Memilih Ponsel Gaming

Karena banyak game memiliki kualitas grafis yang tinggi, pencinta game juga butuh ponsel yang memadai. Punya anak, keponakan, atau kerabat yang hobi main game dan ingin lebih serius menjadi gamer profesional? Ini dia hal yang harus diperhatikan dalam memilih ponsel gaming:

1. Chipset 

Chipset atau System on a Chip (SoC) merupakan otak dari sebuah ponsel. SoC berfungsi mengatur pemrosesan data, kamera, modem, grafis, dan lain-lain. Semakin bagus kualitasnya maka semakin tangguh juga ponsel yang digunakan untuk bermain game. 

2. Kapasitas Baterai

Banyak game online memiliki grafis HD (high definition) atau kualitas grafis yang tinggi. Misalnya saja PUBG Mobile, Genshin Impact, dan Real Racing. Game seperti ini membutuhkan daya ponsel yang besar. Pencinta game tentu memerlukan ponsel dengan kapasitas baterai yang besar.

3. Kapasitas RAM

RAM atau random access memory juga penting dalam memilih ponsel untuk game. Kapasitas RAM yang tinggi sangat dibutuhkan dalam memainkam game dengan grafis HD.

4. Kapasitas Memori Internal

Aplikasi game dengan grafis HD biasanya berukuran besar, jadi game tersebut juga membutuhkan ponsel dengan kapasitas memori yang besar.

5. Layar Ponsel

Jenis layar AMOLED untuk ponsel gaming lebih direkomendasikan. AMOLED atau active matrix organic light emitting diode adalah pengembangan dari OLED atau organic light emitting diode. Layar dengan teknologi AMOLED memiliki konsumsi baterai lebih rendah, layar yang lebih jernih, dan lebih responsif. Layar ponsel untuk game idealnya berukuran 6 hingga 6,7 inci

ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone Ultimate

Ada kabar gembira nih bagi gamer di Indonesia. ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone Ultimate dirilis di Indonesia bulan Juli 2023. Kedua ponsel ini menawarkan performa, efisiensi daya, serta pengalaman gaming tanpa kompromi. ROG atau Republic of Gamers adalah sub-merek ASUS yang didedikasikan untuk menciptakan perangkat keras serta perangkat lunak gaming terbaik, dan terus menjadi pilihan utama para pencinta game dan penggemar teknologi di seluruh dunia



Berikut adalah spesifikasi ASUS ROG Phone 7 dan ROG Phone Ultimate yang membuat keduanya tepat dipilih sebagai ponsel gaming untuk gamer aktif dan professional. 


Performa Tanpa Kompromi

Chipset, RAM, dan ROM

ASUS menyematkan chipset Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform yang 15% lebih cepat dan hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Teknologi Snapdragon Elite Gaming membuat penggunanya bisa menikmati tampilan grafis yang lebih realistis.  Chipset ini disandingkan dengan RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB dan ROM UFS 4.0 512 GB yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan data dan efisiensi energi

WiFi dan Multi-Link Operation 

Ponsel ini juga sudah didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect™ 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation. Teknologi ini memungkinkan kecepatan WiFi yang lebih tinggi, stabil, dan latensi yang rendah sehingga transmisi data menjadi lebih cepat.

Aplikasi Armory Crate

Sebagai pelengkap terdapat Armory Crate, aplikasi yang dikembangkan oleh ASUS ROG yang berfungsi untuk menyesuaikan sistem pada beranda ketika ponsel digunakan bermain game. Keberadaan Armory Crate membantu para gamer mendapatkan performa terbaik sehingga permainan lebih nyaman dan bebas hambatan.



Layar AMOLED 165 Hz

Dari sisi layar, seri ASUS ROG Phone 7 menggunakan AMOLED 165 Hz. Layar ini berukuran 6,78 inci dengan tingkat kecerahan 1.500 nits dan tingkat pengambilan sampel sentuh 720 Hz. Artinya layar mampu merespon sentuhan pengguna sebanyak 720 kali per detik sehingga akurasi dan respon layar lebih cepat. Dalam pembuatan ponsel ini, ASUS ROG juga bekerjasama dengan Pixelworks® untuk akurasi warna yang luar biasa

ROG Vision  

ROG Phone 7 Ultimate menampilkan ROG Vision, tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel. Fitur ini akan memunculkan animasi yang berkaitan dengan keadaan sistem seperti pengisian daya, panggilan masuk, dan lain-lain. Gamer bahkan bisa membuat animasi yang dipersonalisasi sendiri



Efisiensi Tanpa Kompromi

GameCool 7

Selain menggunakan chipset Snapdragon® 8 Gen 2 Mobile Platform yang 15% lebih cepat dan hemat daya, seri ROG Phone 7 juga menggunakan sistem pendingin GameCool 7. Sistem pendingin ini adalah yang terbaik yang pernah ada untuk mendinginkan CPU (central processing unit) dari segala arah.

Siklus cepat baru vapor chamber di ROG Phone 7 telah didesain ulang sepenuhnya untuk meningkatkan efisiensi pembuangan panas hingga 168%. Ini memungkinkan seri ROG Phone 7 menjalankan game dengan kecepatan penuh sambil mempertahankan suhu rendah.



AeroActive Portal

Pada ROG Phone 7 Ultimate pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal terkemuka dunia. Sistem pendinginan ini menghasilkan peningkatan penting dalam kinerja game dan daya tahan baterai.


Gaming Tanpa Kompromi

Speaker dan Sub-Woofer

Speaker yang mumpuni akan menunjang gamer dalam bermain. Tim ASUS ROG bekerja sama dengan pakar audio di Dirac untuk menghasilkan suara berkualitas tinggi. Pada seri ROG Phone 7 terdapat speaker kembar di bagian depan dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya.

Selain itu terdapat juga sub-woofer dalam dalam pendingin AeroActive 7 yang meningkatkan volume bass hingga 77 %. Ponsel gaming ini juga dilengkapi dengan jack headphone 3,5 mm dan Dirac Virtuo™ Bluetooth headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater

X Sense dan X Capture

ASUS ROG menambahkan fitur perangkat lunak baru X Sense membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar. Misalnya saat ada item baru yang muncul di peta permainan dan ada musuh yang datang mendekat. Selain itu terdapat fitur X Capture yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan seperti saat memenangkan pertandingan.



Kontrol Ultrasonik AirTrigger

Ponsel gaming tanpa kontrol gerak yang baik akan menyulitkan gamer. Seri ROG Phone 7 menggunakan kontrol ultrasonik AirTrigger yang mendukung berbagai gerakan. Terdapat juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic kuat yang memudahkan gamer melawan musuh.



Setelah membaca informasi tentang ponsel ini, tentu setuju dong kalau seri ASUS ROG Phone 7 yang bergaya futuristik ini cocok sekali untuk menunjang performa para pencinta game. Ponsel ini memiliki baterai 6.000 mAh sel ganda dengan pengisian cepat HyperCharge 65W dan hadir dalam dua pilihan warna yaitu Phantom Black dan Storm White. Dengan ASUS ROG Phone 7 Series, pencinta game dapat bermain dengan kecepatan penuh, mempertahankan suhu rendah, dan daya baterai yang tidak cepat habis.

Harga ASUS ROG Phone 7 Series 

Selasa 18 Juli 2023 ASUS ROG Phone 7 Series resmi diluncurkan di Atrium Mall Gandaria City Jakarta Selatan. Acara ini mengambil tema ROG Phone 7 Consumer Launch Event. Di acara ini juga ada Fun Match Activity, Cosplay Competition, Meet and Greet dengan  Profesional Player dan Tech Reviewer, ROG Phone Master Class, serta berbagai macam quiz yang bisa diikuti oleh seluruh pengunjung dari berbagai  kalangan usia. Di acara peluncuran juga dirilis harga resmi dari ASUS ROG Phone 7 Series: 

ROG Phone 7 Ultimate (16/512GB) Rp 18.999.000

ROG Phone 7 (12/256GB) Rp 13.999.000 

ROG Phone 7 (8/256GB) Rp 10.999.000


Promo ASUS ROG Phone 7 Series

Ada kabar baik yang lain nih, ROG Phone 7 Series ini sudah bisa dipesan. 

Ada 2 promo untuk ROG Phone 7 yaitu:

1. Early Bird Promo:

Periode tanggal 18-31 Juli 2023. Untuk setiap pembelian ROG Phone 7 series konsumen akan mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun garansi resmi (dengan total hadiah senilai 2 juta rupiah). Promo ini berlaku di semua mitra penjualan resmi ASUS offline, seperti: Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Exclusive Store dan ASUS Authorized Partners. Serta mitra online, seperti: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan ASUS Online store.

2. Consumer Launch Promo:

Periode tanggal 18-23 Juli 2023 di Atrium Gandaria City Mall. Selain mendapatkan eksklusif merchandise ROG 7 Devilcase dan 2 tahun garansi resmi, konsumen juga akan mendapatkan tambahan spesial merchandise seperti: ROG exclusive Jacket, MLBB limited edition T-Shirt dan juga 1000 MLBB diamonds (dengan total hadiah senilai 3,5 juta rupiah). Promo ini berlaku khusus untuk konsumen yang telah melakukan pre-order dari tgl 8-17 Juli secara offline di Erafone lalu melakukan pickup/pengambilan produk di event venue ataupun untuk konsumen yang akan melakukan pembelian langsung di event venue.

Bagi para pencinta game, jangan sampai ketinggalan promo ini dan nikmati pengalaman mobile gaming ke level berikutnya dengan ASUS ROG Phone 7 Series, ponsel gaming terhebat di dunia. 

Comments

  1. Aku ga terlalu suka gaming tapi liat ini ngiler juga pengen punya :")

    ReplyDelete
  2. Wah sekarang banyak banget ya ternyata gawai yang spesifikasinya khusus game. Pasarnya mulai banyak juga. Bahkan waktu saya beli hape juga seperti itu kak.Dikasih informasi tentang performanya untuk nge-game. Tidak menutup kemungkinan di masa depan dunia game mendapat tempat yang cukup strategis. Karena banyak digandrungi anak-anak muda.

    ReplyDelete
  3. Wuih.. buat esport, Asus ROG Phone 7 ini pasti bikin nagih pas main ya? Komplit buat pecinta games dari baterai sampai
    kontrol ultrasonic air trigger nya ada. Recommended banget. Ntr kuinfoin buat temanku juga. Terima kasih infonya, mbak..

    ReplyDelete
  4. Ponsel gaming yany diidamkan bagus buat yang suka mabar nih, anti panas, anti ngelag deh hpnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top