Heni Puspita

Blogger Mom | Photography Enthusiast | Home Education Facilitator

7 Tempat Wisata di Bandung Pilihan Artis Korea


Selama ini kalau menonton reality show Korea Selatan, saya selalu kagum bagaimana tim kreatifnya mengemas acaranya menjadi menarik sekaligus bisa mempromosikan tempat wisata yang ada di negara mereka. Tapi ternyata tempat wisata di Indonesia berhasil mencuri perhatian artis-artisnya, lho. Masa siiiih???

Beneeeeer!!!

Ada sebuah acara TV Korea berjudul Battle Trip, di mana artis-artis yang menjadi bintang tamunya memilih tempat wisata yang ingin mereka kunjungi. Kegiatan mereka selama berwisata tentu saja didokumentasikan dong. Mulai dari ke mana, melakukan apa, hingga makan apa.

Setelah pulang ke Korea, mereka akan berbagi cerita tentang pengalaman mereka tersebut. Acara ini juga bisa menjadi referensi pemirsa di Korea yang ingin berlibur lho.


Banyak tempat menarik yang dikunjungi bintang tamunya dan ternyata Indonesia tak luput dari perhatian artis Korea! Salah satu tempat yang pernah dikunjungi artis asal Korea adalah Bandung.

Siapakah artis Korea yang melakukan perjalanan ke Bandung? Mereka adalah Lee Suji dan Song Daeun. Bagi yang belum familier dengan mereka, Lee Suji adalah seorang komedian wanita terkenal yang juga pernah membintangi beberapa drama. Sementara Song Daeun adalah seorang aktris. Mereka juga menjadi host dalam sebuah acara radio.


Alasan Suji dan Daeun memilih Bandung adalah karena tema Battle Trip kali itu adalah Hidden Destination atau kurang lebih Tempat Tersembunyi.


Selama ini tempat wisata yang identik dengan Indonesia adalah Bali. Suji dan Daeun ingin menunjukkan sesuatu yang baru pada pemirsa di Korea. 

Mereka memilih Bandung karena popularitasnya di Indonesia sebagai destinasi wisata akhir pekan. Tak hanya itu, Bandung dinilai memenuhi dua syarat untuk wisata yang penting bagi Suji dan Daeun, yaitu banyak spot foto menarik dan banyak makanan enak!


Kalau membahas tentang Bandung, orang Indonesia pasti tau nih kalau bakal susah sekali memilih tempat wisata yang paling oke. Karena banyak sekali destinasi yang kece. 

Rasanya sebulanpun nggak akan cukup ya untuk mengunjungi berbagai tempat menarik di sini. Namun akhirnya Suji dan Daeun yang menamakan tim mereka SuDa Signal ini menemukan tempat yang ingin mereka kunjungi. Jalan-jalan ke mana aja ya?

1. Keliling Bandung dengan Bandros


Di hari pertama tim SuDa Signal memutuskan untuk ikut Bandung Tour on Bus alias Bandros. Ternyata ada bis pariwisata kecil dengan warna yang berbeda-beda, yang bisa dinaiki untuk jalan-jalan keliling kota Bandung. Bus ini disediakan Pemkot Bandung untuk para turis. 


Bus dengan warna yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda. Bagaimana caranya naik bandros ini? Datang saja ke shelter bandros yang ada di depan Taman Balai Kota Bandung, Alun-Alun Bandung, dan Museum Geologi. 


Harga tiketnya cukup terjangkau yaitu Rp 20.000,- per orang dan ada pemandu tur juga yang akan bercerita tentang sejarah berbagai tempat di kota Bandung yang dilewati. 



Bentuk bandrosnya ternyata European style sekali ya. Tim SuDa Signal pun happy naik bus ini karena berasa jadi tuan puteri naik kereta kuda he he. 


2. Art Café di Jalan Braga


Setelah naik bandros kuning, SuDa Signal memutuskan untuk jalan-jalan di Jalan Braga. Eh di jalan ini ada zebra cross untuk berbentuk kotak-kotak untuk permainan engklek. 


Selain itu yang menarik bagi mereka adalah nuansa khas Eropa yang ada di kota ini. Ternyata mereka juga tahu lho kalau julukan bagi kota Bandung adalah Paris van Java.



Di jalan ini mereka mampir ke Art Café untuk mencicipi makanan dan menikmati suasana yang ada di sana. Kalau ada di tempat yang instagramable tentu aja nggak lengkap kalau nggak cekrek-cekrek dulu. Setelah itu mereka mencicipi menu yang ada di tempat ini yaitu nasi goreng, mie goreng, dan iga bakar. 



Orang Korea terkenal suka makanan spicy jadi merekapun dengan pede memesan nasi goreng yang ekstra pedas. Tapi sepertinya orang Indonesia masih lebih doyan pedas ya ha ha. 



Karena mereka sempat dibuat kaget dengan pedasnya nasi goreng yang mereka pesan. Meski begitu, menurut mereka nasi gorengnya enak dimakan dengan kerupuk udang yang disajikan. 


Selanjutnya mereka mencoba mie goreng. Nah menu ini cocok banget dengan lidah mereka, karena orang Korea juga suka makan mie khan he he. Apalagi mie gorengnya spesial pakai telur. 


Terakhir mereka mencoba menu iga bakar dengan nasi dan emping yang mouth watering alias membuat ngiler. 

Uniknya iga bakar ini kalau dimakan tanpa tambahan apapun, dimakan dengan nasi dan emping, serta dimakan dengan kuahnya, bisa menghasilkan cita rasa yang berbeda. 

3. Floating Market Lembang 


Puas dengan menu yang mereka santap di Art Café, SuDa Signal jadi ingin berjalan-jalan lagi. Lumayan juga lho jalannya jauh sampai ke Lembang, lebih tepatnya ke Floating Market. 



Wah tempat ini memang layak banget dikunjungi. Tapi sebelum keliling-keliling, ganti kostum dulu yuk. SuDa Signal memilih outfit yang terbuat dari kain khas Indonesia yaitu batik.


Setelah berganti baju, yuk mencoba berbagai makanan yang ada di sini. Tapiii, di sini nggak bisa berbelanja dengan uang biasa ya. Pengunjung harus menggunakan koin khusus untuk bertransaksi. 


Namun koinnya nggak bisa ditukarkan kembali dengan uang ya, jadi tukarkan saja seperlunya. Kalau kurang, pengunjung bisa menukar lagi. Ada banyak kok booth penukaran koinnya.


Makanan pertama yang dicoba SuDa Signal adalah pisang goreng krispi dengan taburan saus mangga dan keju parut. Mungkin di Korea nggak ada pisang goreng ya he he. But they loved it. 


Selanjutnya mereka membeli bakpao karakter yang imut. Sangking imutnya rasanya sayang untuk dimakan he he. 


Menu makanan yang juga wajib dicoba kalau datang ke Indonesia adalah sate. Tau dong kalau sate yang sedang dibakar itu aromanya khas dan menggugah selera sekali? 


Tapi di sini ada yang sate yang spesial. Selain sate ayam ada juga sate kelinci! Tapi hanya Daeun yang berani mencoba sate kelinci he he.



Selanjutnya mereka membeli pencuci mulut berbahan durian yaitu durian bakar dan durian segar yang tanpa penambahan apapun. 


Mencoba durian ini butuh keberanian bagi mereka karena aromanya yang super strong. Tapi ternyata mereka lebih menikmati durian versi segar yang disajikan dengan es serut di bagian bawahnya. 

4. Picknick Kaliki 


Di malam hari, Suji dan Daeun mendatangi sebuah rooftop café yang unik yaitu Picknick Kaliki. Ada sebuah mobil VW yang jadi bagian dari dekorasi café ini. Pengunjungpun banyak yang berfoto di depan VW Combi ini. 


Tim SuDa Signalpun tak mau ketinggalan. Bahkan mereka sengaja menyiapkan properti foto khusus yang dibuat sendiri supaya foto mereka terlihat lebih cute.



Sesi foto kemudian dilanjutkan dengan menyantap menu pizza yang disajikan di sini. Pizzanya berbentuk persegi panjang. Karena rotinya tidak terlalu tebal jadi pizzanya bahkan bisa digulung. Roti pizza yang tipis terasa lebih crunchy dan mereka jadi lebih bisa merasakan topping dagingnya.


5. Dago Dream Park 


Di hari kedua mereka pergi ke Dago Dream Park. Tempat ini terkenal karena banyak spot foto yang menarik. Bahkan mereka menyiapkan kostum khusus lho, yaitu baju ala putri dari negri dongeng. 


Tujuan utama mereka adalah berfoto di atas karpet Aladin. Di sini pengunjung serasa naik karpet terbang betulan deh. Spot foto ini juga aman untuk anak-anak karena setiap pengunjung dibekali tali pengaman.


Meski begitu awalnya Suji dan Daeun sempat was-was juga he he. Namun setelah terbiasa akhirnya mereka bisa mendapatkan foto yang keren sesuai keinginan mereka.



6. Restoran Kampung Daun


Dari Dago Dream Park, SuDa Signal melanjutkan perjalanan ke Kampung Daun. Selain terkesan dengan suasana di tempat ini, mereka juga sangat menyukai makanannya. 


Di sini mereka memesan nasi goreng seafood, sup iga, dan udang bakar serta tumis kangkung. Tak disangka-sangka, menurut mereka tumis kangkungnya mirip salah satu jenis kimchi yang ada di Korea. 


Tak hanya itu, sup iganya juga membuat mereka merasa sedang menyantap makanan Korea. Wah ternyata masakan Indonesia banyak yang sesuai dengan lidah orang Korea!


7. Dago Bakery Punclut 


Tempat terakhir yang mereka kunjungi adalah Dago Bakery Punclut. Kastil yang ada di tempat ini membuat mereka seperti berada di film Harry Potter. Aneka dekorasi lampu juga ikut membuat tempat ini menjadi lebih menarik dan banyak di kunjungi. 


Di sini mereka mencoba es krim brownies, banana split, dan es kopi. Tak hanya itu mereka juga mengulas perjalanan mereka selama dua hari di Bandung. 


Bagi Suji khususnya yang belum pernah berkunjung Eropa, dua hari berada di Bandung membuatnya merasa mencicipi pergi ke Eropa. 


Ini karena banyak arsitektur bangunan di Bandung yang bernuansa Eropa dan ia ingin lebih banyak orang mengenal dan berkunjung ke Bandung. Sementara bagi Daeun, Bandung sangat unik karena seperti perpaduan Eropa dan Asia Tenggara.


Salah satu pemandu acara Battle Trip bahkan mengajak pemirsa yang ingin berkunjung ke Indonesia untuk tidak hanya pergi ke Bali.


Melainkan juga mencoba berbagai tempat menarik seperti Bandung. Wah kalau artis Korea saja dibuat terpincut dengan Bandung, boleh dong ya kita berbangga hati.



Ada yang ingin berkunjung ke Bandung juga? Masih banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi misalnya dengan beli paket tour ke Bandung murah.


Kita bisa menikmati beberapa tempat yang dikunjungi oleh Suji dan Daeun untuk mengenal sejarah, menikmati keindahan alam, dan yang tak kalah penting berburu spot foto dan berbagai kuliner lezat! 

Comments

  1. Seru banget ya artis Korea main ke Bandung. Emang seru kalau ke Bandung, udaranya segar asyik buat jalan kaki. Senang bisa pernah ke Bandung, tapi enggak sempat ke destinasi di atas, hiks...

    ReplyDelete
  2. Wahh iya kami lihat episode yang satu ini... Battle trip ngambil shooting di Bandung dan itu keren banget

    ReplyDelete
  3. Tulisannya seru banget dengan image-image yang juga seru. Bacanya suka euy, berasa lagi ngikutin Kdrama. Tapi memang sih, Bandung ini banyak banget tempat keren yang wajib dikunjungi. Belum lagi Bandrosnya yang unik

    ReplyDelete
  4. iiihh, seruu banget yaaak
    Aku pengin naik BANDROS kalo lagi ngetrip ke BDG.
    Udah pernah k floating market Lembang dan aselik itu seruu bgt siihh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Wuih,, lengkap banget perjalanan duo artis Korea ini menikmati keindahan wisata Bandung dan kulinernya. Boleh dijadikan referensi bagi pengunjung lokal juga. Siap, tunggu aku di Bandung ya :)

    ReplyDelete
  6. Bandung nggak hanya surga wisata alam tapi juga wisata kuliner ya...orang korea aja doyan hehe

    ReplyDelete
  7. Wah artis Korea aja ke Bandung kak, masa kita orang asli Indonesia engga ya kan? Huahaha
    Emang Bandung ga ada matinya nih, cuma skrg kayanya agak macet yah kak apalagi kalau weekend gitu huf

    ReplyDelete
  8. Wuah jadi pengin ke Bandung, mau juga keliling Bandung naik bandros. Banyak tempat2 menarik di Bandung ya dan kulinernya juga keliatan enak2 bangeeet.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah... Bangga pisan euy. Kok nggak nyobain batagor sama peuyeum dia, ya? Hahaha

    ReplyDelete
  10. Bandung emang bikin jatuh cinta siapapun yang berkunjung ke sana. Dari semua yang ditulis di atas, kebanyakan aku udah pernah kunjungi. Ahhh... bikin kangen Bandung ni mbaaa

    ReplyDelete
  11. Waahhh mereka sdh ke bandung aja sementara diriku masih di sini aja. Hiks. Yup, tempat2 yg dikunjungi 2 artis korea tersebut mmg tmpat2 yg populer di Bandung. Seneng bgd tau respon mereka yg ternyata amat menikmati bandung. Semoga ini mmbuat bandung semakin banyk dikunjungi oleh wisatawan luar negeri aamiin

    ReplyDelete
  12. Seru bangeeeet!!! Yakin deh ini naikin banget pariwisata Bandung. Bangga pisan euy abdi jadi tatanggi na urang Bandung hehe

    ReplyDelete
  13. Kereen banget!!!! Ini pasti mendongkrak pariwisata Bandung ya..aku aja ngeliatnya ko Bandung kaya di luar negeri yak hehe. Bangga pisan euy jadi tatanggi na urang Bandung.

    ReplyDelete
  14. Pengen banget mbak ke semua destinasi wisata itu. Jadi pengen ke Bandung lagi mau jalan2 bareng keluarga.

    ReplyDelete
  15. Wow mupeng banget ini mbak.... secara aku sudah sangat tertarik dengan Bandung karena wisatanya yang nge-hits.....dan ternyata ada wisata ala Korea...wiiih serasa kita memerankan Drakor ya hahahha....duuuh lapar mata nih mbak.....

    ReplyDelete
  16. Duh aku kalah ma org Korea udah nyampek sana aja sementara aku blm sampai mana2 pas ke Bandung hehe. Aku catat ah bbrp destinasinya, moga kapan2 kalau ke Bandung lg bisa napak tilas tempat2 yg pernah dikunjungi ma artis Korea itu

    ReplyDelete
  17. Saya sepertinya pernah sekilas nonton mbak nggak tahu di tv apa di YT. Seru banget mereka membahas Bandung ini. Bahkan saya yang sudah ke sana berkali-kali pun nggak tahu banyak dengan tempat-tempat yang mereka kunjungi. Jadi bikin penasaran pengen ke Bandung lagi.

    ReplyDelete
  18. Aiihh ntah knp jd turut bangga melihat indahnya Indonesia dari sudut pandang orang Korea sendiri. Cantiknya Indonesiaku :)

    ReplyDelete
  19. Dari beberapa destinasi tempat wisata pilihan artis korea baru 2 yang aku kunjungi nih.. artinya harus segera ke bandung juga nih.. masak kalah yak sama artis korea hehe.. orang indo sendiri belum eksplore semuanya

    ReplyDelete
  20. 7 tempat wisata di Bandung itu memang terkenal dengan keindahannya. Wajar saja wisatawan asing termasuk Korea senang jalan-jalan ke Bandung

    ReplyDelete
  21. Aku suka nonton battle Trip, yang episode Bandung itu juga. Lucu ya lihat aksi seru keduanya saat ngetrip di Bandung. Kocak, berasa ikut jalan-jalan bareng mereka

    ReplyDelete
  22. Waduh artis Korea aja ada yang udah injak Bandung. Saya kalah nih, belum pernah ke sana. Btw seru ya tempat-tempat yang mereka datangi. Pengen juga deh bisa ke sana nanti.

    ReplyDelete
  23. aku baru tau ada bakpao selucu itu di bandung jadi pengen hiji, btw aku aja belum pernah lho naik bandros

    ReplyDelete
  24. Bagus juga ya idenya mengenalkan tempat-tempat di Indonesia dengan mendatangkan bintang dari luar negeri. Apalagi Korea gini ya, idola anak muda di seluruh dunia. Indonesia jadi bisa viral setelah jadi destinasi wisata mereka kan.

    ReplyDelete
  25. duh kalau aku.. orang korea udah lengkap jaan-jalan ke bandungnya aku cuma sempat ke beberapa tempat saja di bandung

    ReplyDelete
  26. hahaha artis Korea pun ngefans yaaa mba sama Bandung. Toss dulu kitaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29
Twitter @henipuspita29

back to top