5 Manfaat Menggunakan Aplikasi Absensi Untuk Perusahaan


Mengelola kehadiran karyawan adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap HR. Yang terpenting dalam mengelola waktu dan kehadiran adalah memastikan bahwa data yang dikumpulkan merupakan informasi yang akurat dan bisa dipercaya untuk pengambilan keputusan bisnis.

Tak hanya itu, informasi kehadiran karyawan turut membantu memperkuat penjadwalan tenaga kerja yang lebih baik dan merupakan data aset utama bagi setiap organisasi.


Aplikasi absensi yang dapat mengelola kehadiran karyawan menawarkan berbagai manfaat bagi pengusaha dan karyawan jika ditangani dengan benar. Berikut adalah lima manfaat dari aplikasi absensi untuk perusahaan yang bisa dipertimbangkan sebelum menerapkannya.

Manajer Dapat Mengidentifikasi Potensi Masalah Kehadiran


Alasan utama tim HR mengelola kehadiran adalah untuk mengetahui apakah ada masalah HR yang harus ditangani. Selain mengolah izin cuti karyawan, waktu kedatangan, izin sakit, dan waktu libur bagi karyawan, aplikasi absensi juga bermanfaat untuk memastikan jam kerja yang tidak disalahgunakan.


Hal ini penting untuk memantau sejauh mana data absensi akurat, kredibel dan tidak ada penyelewengan atau kecurangan.

Karyawan Dapat Bekerja Dari Jarak Jauh


Beberapa pengusaha enggan menerima pekerja jarak jauh. Hal ini dikarenakan kekhawatiran bila tanpa pengawasan secara langsung, karyawan akan menghabiskan jam kerja untuk segala sesuatu yang mungkin tidak berhubungan dengan pekerjaan mereka. 

Padahal, untuk jenis pekerjaan tertentu yang membutuhkan tingkat kreativitas tinggi, bekerja jarak jauh bisa meningkatkan produktivitas karyawan.


Karena, mereka bisa mengatur sendiri jam kerja secara fleksibel. Dengan aplikasi absensi,  mengelola kehadiran dengan fitur pencatatan jam jarak jauh memberikan akuntabilitas tanpa batasan. Ini adalah pilihan terbaik untuk tipe bisnis yang menerapkan teknologi untuk karyawan milenial.

Memastikan Karyawan Dibayar Penuh Tepat Waktu


Aplikasi absensi sangat berguna untuk penggajian sebab dapat memastikan karyawan yang bekerja jarak jauh, karyawan kontrak (freelance) atau karyawan paruh waktu  dapat dibayar tepat waktu dan akurat. 

Pengusaha dapat secara akurat menghitung upah lembur, dan membayar karyawan tepat waktu. Selain itu, perusahaan dapat menyimpan catatan akurat mengenai jam kerja karyawan dan menunjukkan penilaian tingkat kinerja karyawan di berbagai departemen.


Beberapa karyawan mungkin bekerja lebih keras daripada karyawan yang lain dan memiliki jadwal lembur yang konsisten. Frekuensi dan pola jadwal kerja yang berbeda – beda ini  dapat dijadikan acuan dalam proses pengambilan keputusan dalam mendistribusikan kembali beban kerja atau memberikan reward kepada karyawan berprestasi.

Meningkatkan Moral & Produktivitas Karyawan


Aspek penting untuk meretensi karyawan dengan tingkat kepuasan dan kebahagiaan tinggi adalah proses permintaan cuti yang bisa ditangani dengan segera. 

Perusahaan yang diwakili tim HR harus memiliki aplikasi absensi yang bisa mengelola permintaan cuti dengan lebih mudah dan sederhana.

Karyawan akan merasa stres atau kesulitan fokus dalam pekerjaan, jika permintaan cuti mereka tidak segera diproses. Misalnya, dalam keperluan mendesak, karyawan meminta izin untuk mengantar anak dan istrinya ke dokter, atau ada rencana liburan keluarga yang tidak bisa dibatalkan. 

Di sinilah manfaat aplikasi absensi yang mempermudah persetujuan atau meninjau izin permintaan cuti para karyawan. Lingkungan kerja mendapat manfaat karena karyawan lebih bahagia dan lebih produktif.

Membuat Keputusan Perekrutan yang Lebih Baik


Karena produktivitas tergantung pada ketersediaan data kehadiran real-time, pengusaha harus menggunakan metode yang efektif untuk mengumpulkan informasi. Penilaian kerja karyawan dapat mengukur sejauh mana tingkat produktivitas para karyawan dan memungkinkan tim HR untuk melakukan perekrutan kandidat baru dan penjadwalan yang lebih baik di masing – masing departemen.

Terbukti, aplikasi absensi memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Mengelola aplikasi absensi dengan baik dapat membantu karyawan lebih bertanggung jawab atas waktu kerja dan membantu perusahaan menyimpan data penting untuk membuat keputusan bisnis. 
Untuk itu, cobalah menggunakan aplikasi absensi dari LinovHR yang terbukti reliable dan fungsional untuk tim HR. Hubungi tim sales LinovHR sekarang untuk trial gratis.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9