Tutorial Membuat Konten Instagram Menggunakan Canva

Tutorial Membuat Konten Instagram Menggunakan Canva

Sesuai dengan namanya, smartphone makin lama makin pintar dan aplikasinya makin beragam. Dulu andalan saya kalau mau otak-atik gambar tuh pakai Photoshop atau Photoscape. Otomatis ya harus buka laptop. Tapi sekarang saya lebih sering memanfaatkan berbagai aplikasi di smartphone untuk mengedit gambar termasuk membuat konten Instagram baik untuk akun pribadi maupun komunitas.


Aplikasi yang saya gunakan adalah Canva. Aplikasi sejuta umat banget tho? Ya karena memang praktis alias mudah digunakan. Lha wong tinggal pilih desain, edit, simpan, kelar.

Meski memang sebagian besar gambar di Canva ada yang berbayar, tapi banyak juga yang bisa digunakan secara gratis tis. Kalaupun nggak nemu gambar yang diinginkan, ya bisalah cari-cari gambar .PNGnya di Google. Sekarang coba bikin kontennya yuk.

Baca juga: 5 Aplikasi Foto Editor dan Desain Grafis yang Mendukung Aktivitas Ngeblog.


1. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh dan memasang aplikasi Canva di handphone. Yakali mau buat konten pakai Canva tapi nggak punya aplikasinya? Eh sebenarnya bisa sih pakai browser, buka www.canva.com


Tapi demi kebaikan, nggak usahlah ya buka situs Canva dari browser handphone, ribet Bo! Wong udah ada aplikasinya kok masih nyari yang di browser. Kecuali kalau pakai laptop, bisa membuka situs Canva tersebut.

2. Setelah itu buka aplikasi Canva dan kita akan melihat berbagai jenis template. Misalnya saja ada template kiriman dan sampul Facebook, poster, undangan, kartu nama, hingga konten Instagram.



Konten Instagrampun temanya bervariasi. Misalnya tema makanan, ulang tahun, kutipan, bahkan yang temanya hari pahlawan juga ada lho. 

3. Pilih salah satu template yang ingin kita pakai, klik EDIT.

Baca juga: Cara Beli Aplikasi Android di Playstore tanpa Kartu Kredit.


4. Merasa nggak cocok sama isi tulisan bawaan templatenya? Sama he he. Tenang aja, bisa kita ubah kok baik isi tulisan, jenis, ukuran, hingga warna fontnya.



5. Teks atau tulisannya bisa kita ubah atau geser posisinya. Bisa ke atas, bawah, samping kanan kiri dan bisa juga kita rotasi.

6. Warna dasar templatenyapun bisa kita ubah, misalnya menjadi warna putih.



7. Merasa tampilannya terlalu polos, bisa juga kita tambahkan grafik atau gambar, misalnya ditambahkan gambar bunga. Tidak semua gambar bisa ditambahkan secara gratis, jadi pilih gambar yang tidak ada ikon koinnya ya.


Kalau ada ikon koin berwarna putih artinya kita harus membayar untuk bisa memakai gambar tersebut.


8. Gambar bunga ini juga bisa kita ubah warnanya. Supaya lebih serasi, saya ubah sedikit warnanya menjadi biru ya supaya sesuai dengan warna gambar bulatan kecil-kecil di template ini.


9. Klik ikon di pojok kanan atas untuk menyimpan gambar ke galeri handphone (folder Canva).

10. Kita juga bisa memodifikasi lebih lanjut, misalnya menambahkan gambar berupa persegi panjang, tapi kita perkecil ukurannya dan ubah warnanya menjadi biru.



11. Seperti ini nih hasilnya. Hmmm buat apa ya?


12. Tambahkan gambar (dari galeri handphone kita sendiri ya, bukan bawaan Canva) ikon medsos.


13. Lalu tambahkan tulisan berupa nama akun medsos kita dan atur posisinya supaya rapi. Begini nih hasil akhirnya.




Kalau ingin membuat konten Instagram yang ada foto sekaligus tulisan bagaimana? Mudah banget, tinggal cari template yang cocok (yang bisa ditambahkan foto), lalu edit tulisannya dan simpan.

Baca juga: Cara Membuat Watermark Foto dengan Picsart.





Ternyata dengan sedikit latihan kita bisa kan memanfaatkan Canva untuk membuat konten Instagram. Jangan merasa nggak kreatif, kan banyak banget template yang bisa dipakai, tinggal dimodifikasi sesuai selera dan kebutuhan.

Saya berikan beberapa contoh konten Instagram yang pernah saya buat dengan menggunakan Canva ya. Selamat mencoba!






31 comments on "Tutorial Membuat Konten Instagram Menggunakan Canva"
  1. Mantap suka banget ulasannya mbak Heni terimakasih ya...

    ReplyDelete
  2. Eh bagus-bagus ya gambar bikinannya mbak Heni.

    Selama ini saya banyak pakai Canva untuk bikin quotes simpel-simpel gitu. Ga kepikir bisa seatraktif buatannya mbam Heni.

    Aku copas idenya ya Mbak 😁

    ReplyDelete
  3. Canva emang mantep mbak. Saya pernah bikin undangan nikah pake canva. Hehe

    ReplyDelete
  4. dapat inspirasi baru nih buat bikin desain, tapi kalau saya belum pernah bikin buat konten instagram mbak, saya biasanya bikin gambar untuk blog dan biasanya pakai yang versi web

    ReplyDelete
  5. Manfattt sekali inspiring sekaliii

    ReplyDelete
  6. Wah... jadi pengen buka app canva nij setelah baca ulasan yg cukup jelas begini...

    ReplyDelete
  7. selama ini makai canva masih sebatas buat postingan blog. tapi emang sekarang banyak banget fiturnya canva asal rajin utak-atik pasti jago ya, mbak

    ReplyDelete
  8. Saya juga kalau ngedit foto buat apapun pakai canva juga mba. Soalnya gampang ya dan cepet juga. Hasilnya kayak dikerjain ama profesional hahaha

    ReplyDelete
  9. Canva jadi andalan saya mbak. Lebih senang bikin template sendiri, sekarang. Meski belum bagus tapi puas jadinya.
    Btw... Keluarga Multimedia...ini tugas Bunsay kah?

    ReplyDelete
  10. Saya bahkan iseng bikin logo pun senangnya pakai Canva. Bisa dimodif jadi unik. Terima kasih banyak sudah sharing.

    ReplyDelete
  11. Infonya bagus banget nih mba hen, tapi aku mau tanya. Kalau untuk konten blog, bagus pakai pilihan facebook atau blog aja di canva?

    ReplyDelete
  12. Oinsel saya jelas tak menujang untuk buka aplikasi Canva, bisanya di netbook. Punya akun cuma masih bingung cara bikinnya, ha ha. Tutorial ini bermanfaat meski dari segi tampilan jelas berbeda dengan layar netbook, setidaknya menambah referensi agar saya bisa bikin desain sendiri. Penting banget bagi narablog agar bisa mendesain gambar untuk menunjang tulisannya di blog, seperti bikin infografis atau apalah. Cuma butuh waktu juga untuk mempelajarinya. Sertta kesabaran dan kwetekunan.

    ReplyDelete
  13. Wahhhh tambahan ilmu banget ini.. aku jarang baret pakai canva untuk infografis or image blog.. jadi lebih hidup ya jadinya setiap image dalam
    blognya.. well noted mbak.. akan aku coba praktik yaa.. thanks for sharing

    ReplyDelete
  14. Saya tau canva ini udah lama banget, sejak taun 2014 kalau ga salah.
    Sejak zamannya canva masih leleeeeettt banget kalau dibuka, dan cuman ada websitenya doang ama bisa didonlot di iphone aja.

    Sekarang enak, udah bisa di semua hape yang android juga ya.

    Sayangnya, saya kurang kreatif deh, ga kayak mba Heni keren2 ih disainnya :)

    ReplyDelete
  15. Canva, Mpo suka pakai. caranya biatnya gampang dan gratis. Mpo suka otak atik canva dan bisa buat blog jadi bagus.

    apalagi bisa ganti pixel sesuai ukuran yang kita mau.

    ReplyDelete
  16. buatku canva sih buat blog aja mba belum pernah buat Instagram dan biasanya bukanya di PC hehehe jadi pengen cobain nih di HP biar feed IG menarik dan juga follower naik ((Halah)) ujungnya fakir follower hahhaa

    ReplyDelete
  17. Toss mba heni, akupun pecinta canva sejati hehe karena tools nya memang mudah digunakan

    ReplyDelete
  18. I love this app as well. It’s perfect for ad in my Instagram or blog posts. Even the templates are incredible and already colorful. So easy to make one

    ReplyDelete
  19. Wah, makasih tutorialnya ya, Mbaak. Akutu punya apps Canva ini di hape, tapi belum kuutak atik hingga sekarang. Keknya mo mulai cobain nih :D

    ReplyDelete
  20. Aku juga pake canva mba. Suka banget soale gampang banget mengapikasikannya. Dan kalo bikin tulisan gitu bisa banyak kreasi

    ReplyDelete
  21. Aplikasi favorit saya banget nih. Canva memang Sangat membantu dan memudahkan kita untuk bikin konten visual ya mbak. Btw thanks tutorialnya. Saya baru tahu klu pas editnya itu bisa ditambah hiasan seperti bunga. Biasa pake gambar yang sudah ada flowernya. Jadi mau segera praktik deh.

    ReplyDelete
  22. Asyik ya, sekarang Canva ada aplikasinya di smartphone. Jadi lebih praktis kalau mau buat konten di IG.

    ReplyDelete
  23. MasyaAllah keren banget make canva ya
    Simpel tapi cakep mba Heni, jadi pengen juga bikin
    biasanya aku makenya untuk di laptop di hape bisa juga ya

    ReplyDelete
  24. Aku masih belajar nih pake canva. Padahal canva tuh bagus banget ya. Banyak fiturnya juga

    ReplyDelete
  25. Aku juga lagiiiih seneng utak-atik canva buat bikin desain postingan. Lebih sering buat blog, sih. Buat post IG juga keren ya, mbak

    ReplyDelete
  26. Canvaaaaaa....
    Ini aplikasi favoritku banget nih, Mbak. Pokoknya andalan. Cuman, kalau aku pakai aplikasi di HP, sering kelupaan mengganti format png menjadi jpeg. Hihi.

    ReplyDelete
  27. Saya juga pakai canva mbak untuk konten blog. Bbrp untuk konten Instagram. Bagus memang aplikasi ini, saya suka banget

    ReplyDelete
  28. Di Canva ini keren dan lucu-lucu banget. Selain buat IG ada template sosmed yang lain bahkan oke banget buat ide-ide bikin poster atau flyer. Hehehe Malah adik desain kartu undangan dari Canva. Hehehe

    ReplyDelete
  29. Saya jarang nih edit2 pakai canva, kata org2 paling mudah ya?
    Jd pengen install Canva lagi dan laihan bikin desain2 lucu buat IG maupun foto di blog atau infografis sederhana gtu mbak :D

    ReplyDelete
  30. sejak kenal Canva, saya juga buat judul postingan blog pasti pake edit Canva, biasanya saya pilih Instagram post, emang lebih banyak pilihan temanya :)
    headernya pun dapat dari Canva, sukaaa deh :D

    ReplyDelete
  31. canva ini juga salah satu favoritku mba, warna-warnanya cenderung soft, dan template-templatenya juga kereennn

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9