7 Kriteria Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Anak-Anak



"Ma, kapan kita pergi ke tempat yang ada kereta api kecil itu? Razqa kan belum pernah ke sana."

"Ma, Papa itu jalan-jalan ke mana? Kok Rayyaan sama Razqa nggak diajak?"

Nah lho, nah lho. Si Kakak sudah bisa minta jalan-jalan dan liburan. Alasannya karena mau ajak Razqa ke sini dan ke situ. Sejak Rayyaan punya adik memang baru sekali sih kami pergi jalan-jalan yang agak jauhan. Liburan singkat ke Pesisir Barat. Nggak lama kemudian kan Papa berangkat ke Bali bareng teman-teman kuliahnya, dan Rayyaan jadi nanya lagi dong kapan liburan ha ha.

Namanya sudah lama nggak pergi jauh bawa balita (plus sekarang anaknya sudah dua), jadi ada rasa deg-degan. Apalagi saya nih tipe Mama rempong bukan tipe Mama backpacker jadi rasanya semua-mua mau dipacking he he. 

Nggak hanya itu, untuk urusan tempat menginap juga harus mencari yang reviewnya bagus dari pengunjung. Tentu aja demi kenyamanan anak-anak saat liburan. Sebenarnya memang menginap di tempat seperti guest housepun nggak masalah ya. Tapi kalau biar lebih berasa aja aura liburannya he he. Sebelum booking hotel bagi saya ada beberapa kriteria memilih hotel untuk liburan bersama anak-anak.

1. Lokasi Strategis


Saat berkunjung ke suatu daerah kan maunya bisa datang ke beberapa tempat wisata atau tempat yang ngehits ya. Jadi penting banget memilih hotel yang lokasinya strategis, jangan terlalu jauh di pinggiran kota. Terlebih jika mengajak anak-anak. Supaya lebih mudah dan hemat waktu serta tenaga untuk berkunjung ke tempat yang ada di itinerary kita. 

2. Bersih, Aman, dan Nyaman


Bagi saya kriteria ini juga wajib. Saya pernah baca review tentang hotel yang nggak direkomendasikan karena kurang bersih. Istirahatpun jadi nggak nyaman. Apalagi kalau hotelnya kurang aman. Pasti jadi was-was mau mengajak anak-anak. Jadi sebelum menentukan pilihan, kita juga perlu membaca reviewnya tentang kebersihan, keamanan, dan kenyamanan hotelnya.


3. Mendapat Menu Sarapan atau Tidak


Saya sih memilih hotel yang rate per malamnya sudah termasuk menu sarapan ya. Alasannya ya supaya pagi-pagi nggak repot cari sarapan dulu ke luar hotel, atau ya nggak perlu biaya tambahan lagi untuk sarapan. Lebih disukai kalau ada menu omelet dan menu-menu lain yang masuk kategori pasti disukai anak-anak he he.

4. Ada Kolam Renang 


Emm sebenarnya sih ini nggak wajib ya ha ha. Tapi lebih disukai sih kalau ada kolam renangnya. Jadi lebih berasa bener-bener liburan deh kalau ada waktu untuk santai sejenak di pinggir kolam, minum jus dan ngemil sambil mengawasi anak-anak main air. Kebayang nggak? Duuh jadi pengen cepat-cepat liburan deh. 

5. Fasilitas Air Hangat dan Tempat Tidur Ekstra


Fasilitas air hangat di kamar mandi sepertinya sudah jadi hal umum ya di setiap hotel. Paling enak memang mandi air hangat setelah lelah berkeliling tempat wisata. Lalu tidur di kasur yang empuk. Berhubung anak-anak tuh tidurnya suka heboh, buat jaga-jaga lebih baik pesan kasur ekstra.


6. Free WiFi


Nah yang satu ini juga wajib deh. Kan lumayan bisa menghemat kuota he he. Selain untuk kirim-kirim kabar ke keluarga di rumah, kita bisa manfaatkan WiFi untuk langsung mengunggah foto-foto liburan di Google Drive. Jadi nggak perlu khawatir foto terhapus atau kapasitas SD card makin tipis. 

7. Harga Sesuai Budget


Nah yang ini nggak kalah penting dong. Kita harus memesan hotel yang rate per malamnya sesuai dengan budget liburan kita. Biasanya ada rupa ada harga ya. Kalau ingin lebih nyaman dan fasilitas lebih ya biasanya ratenya lebih tinggi. Tapi yang penting apa yang kita bayar sesuai dengan fasilitas dan pelayanan yang kita harapkan. Beruntunglah kalau kita dapat promo hotel alias potongan harga dari tarif normalnya.


Trus gimana cara cari hotel yang sesuai dengan keinginan kita? Saya sih nyarinya pakai aplikasi PegiPegi yang saya unduh di Google Play. Kenalan dulu sama aplikasi ini ya

Spesifikasi Aplikasi PegiPegi


Nama: PegiPegi
Pengembang: PegiPegi
Rilis: 9 Juli 2015
Versi: 2.0.2 (Update 25 Nov 2018)
Ukuran: 18,37 MB


Cara Mencari dan Booking Hotel dengan Aplikasi PegiPegi


1. Yang pertama tentu aja kita unduh dulu aplikasinya.

2. Selanjutnya pilih opsi Hotel.

3. Kemudian pilih tempat di mana kita akan menginap dan berapa lama waktunya (dari tanggal berapa sampai tanggal berapa).

4. Pilih hotel sesuai budget dan yang fasilitasnya sesuai keinginan kita. Kita juga bisa membaca review yang ditulis pengunjung lain.


5. Kalau sudah menentukan pilihan, kita bisa langsung memesan kamar menggunakan aplikasi PegiPegi ini.


6. Saat memesan kita bisa menambahkan permintaan khusus seperti tempat tidur tambahan.


7. Selanjutnya pilih metode pembayaran. Buat yang nggak pakai CC macam saya, nggak perlu khawatir, ada opsi pembayaran lain kok seperti internet banking dan ATM.


Praktis banget ya pesan hotel pakai aplikasi PegiPegi ini. Apalagi kita bisa mencari aneka promo hotel juga. Lihat deh ada kamar di hotel yang reviewnya oke banget, dah tarifnya sedang promo setengah harga!


Uwoowww menggiurkan sekali. Mau mencari hotel dengan fasilitas yang lebih atau harga yang lebih terjangkaupun bisa.  Karena PegiPegi sudah terhubung dengan lebih dari 7.000 hotel di Indonesia. Kalau ada kamar yang tersedia, kita sudah bisa pesan dari sekarang dan membayarnya.

Jadi nggak ada lagi ya ceritanya begitu sampai tempat baru mau cari hotel. Big no banget apalagi kalau mengajak anak-anak. Dengan aplikasi PegiPegi lebih mudah mencari hotel yang sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.


1 comment on "7 Kriteria Memilih Hotel untuk Liburan Bersama Anak-Anak"

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9