Wednesday, February 21, 2018

Nekat Mau Nyobain Narkoba? Baca Dulu Nih Dampak Negatifnya!

Nekat Mau Nyobain Narkoba?
Baca Dulu Nih Dampak Negatifnya!

Minggu lalu marak berita seputar artis ditangkap karena penyalahgunaan narkoba. Ada aktor yang juga anak penyanyi rock senior. Ada selebritis yang banyak diberitakan karena kekayaannya dan kegemarannya melakukan ritual kejawen, dan ada juga anak seorang penyanyi dangdut senior yang ditangkap bersama kakak dan iparnya. Gimana ya perasaan keluarganya?



Ya pasti sedihlah. Tapi maksud hati bukan mau sok bijak nasehatin artis-artis ini πŸ˜… Soalnya kalau menyangkut narkoba, nggak usah jauh-jauh ngeliat kalangan artislah. Beberapa kenalan sayapun pernah tersandung kasus narkoba πŸ˜“.

Jadi... Mereka ditangkap karena mengedarkan narkoba. Salah satunya mungkin karena faktor kepepet, karena desakan ekonomi πŸ˜–. Walaupun tetap sih ya nggak bisa jadi pembenaran. Saya nggak tau kabarnya sekarang. Mudah-mudahan sudah bebas dan punya mata pencaharian yang halal. 

Terus terang ya saya nggak habis pikir kalau ada orang yang bisa tenang-tenang aja memproduksi dan mengedarkan narkoba. Hati nuraninya sudah mati mungkin ya 😩😩😩.

Silau sama materi karena bisnis narkoba ini duitnya gede banget. Trus mau gituh nyiksa diri sendiri dan bikin kaya orang lain πŸ˜? Ih sorry lah ya, iya kaaan?

Gambar: pixabay.com

Indonesia memang jadi incaran produsen dan pengedar narkoba. Berita terakhir Satgas Polri dan Bea Cukai berhasil 😨menggagalkan penyelundupan 1,6 ton sabu  πŸ˜¨ di Batam, 20 Februari 2018 lalu!!! 

Dari sisi pemakai sendiri ada beberapa alasan yang membuat mereka melalukan penyalahgunaan narkoba. Ada yang ingin terlihat keren, ada yang karena solidaritas (baca: ikut-ikutan), coba-coba/ingin tahu, beban pikiran/stress, mencari tantangan, hingga bentuk pemberontakan diri πŸ˜΅.

Oh iya, teman masa kecil saya ada dua orang yang pernah nyicipin narkoba. Udah lama gitu nggak ketemu. Pas ketemu (waktu itu saya kelas 2 SMA), saya kaget lihat tangannya penuh bekas sayatan hiks. Saya beneran speechless πŸ˜’.

Sementara teman yang lain sih saya nggak ketemu, cuma dengar kabar aja kalau ybs terlibat penyalahgunaan narkoba. Saya nggak tau lagi kabar mereka gimana. Tapi semoga sudah insyaf dan bersih dari narkoba.

Hmm... Baca-baca tentang penyalahgunaan narkoba jadi tambah kerasa ya, parenthood jaman sekarang tu makin banyak tantangannya πŸ˜’.

Tapi nggak cuma usia remaja yang masih labil aja yang bisa terlibat penyalahgunaan narkoba. Ada juga kan orang-orang yang sudah dewasa, bahkan usia sudah 40, 50tahunan tapi masih tergoda juga πŸ˜ž.

Gambar: pixabay.com

Bukan cuma artis, tapi bisa aja orang-orang itu ada di lingkungan kita. Misalnya keluarga, teman, tetangga. Naudzubillah jangan sampai sih yaaa. 

Termasuk kita sendiri, jangan sampai tergoda penyalahgunaan narkoba. Kalau stress piknik aja atuh, halan-halan ke mana gitu daripada duitnya dibeliin barang haram πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Jadi sebagai pengingat untuk kita semua. Kalau nekat mau nyobain narkoba, baca dulu nih dampak negatifnya!



Menghabiskan uang! 

Tau aja narkoba itu mahal. Jadi jangan mau ngabis-ngabisin uang buat bikin kaya produsen/pengedar narkoba yang senang-senang di atas penderitaan orang lain πŸ˜•. Apalagi kalau sampai jual-jualin barang berharga di rumah demi narkoba.

Dikucilkan masyarakat. 

Pecandu narkoba memang sebaiknya dirangkul supaya kembali ke jalan yang benar ya. Tapi ya di kehidupan nyata nggak semua orang bisa or berani lho mendekati pecandu narkoba karena sometimes pecandu jadi anti sosial πŸ˜Ά.

Orang-orang yang nggak tau atau nggak bisa membantu ini biasanya ya pilih cara termudah, nggak mau gaul or dekat-dekat pecandu narkoba. Apalagi para ortu, nggak mau anaknya dekat-dekat karena takut terpengaruh.

Menjadi beban pikiran keluarga. 

Ya siapa yang nggak sedih coba kalau ada anggota keluarga terlibat penyalahgunaan narkoba? Orang tuanya apalagi, pasti deh kepikiran. Apalagi kalau udah ada cerita anak sampai bohong-bohong, nyuri-nyuri barang berharga milik keluarga buat beli narkoba. Kasiaaaan!!! πŸ˜€

Melanggar ajaran agama. 

Bagi yang Muslim, penyalahgunaan narkoba sudah ditetapkan haram oleh para ulama. Bahkan ada hadist yang menunjukkan ancaman yang keras bagi orang-orang yang sengaja mengonsumsi sesuatu yang bisa menyebabkan kebinasaan untuk dirinya sendiri. Tempatnya adalah neraka jahanam. Naudzubillah... πŸ˜­

Dipenjara. 

Sudah ngabis-ngabisin uang, mencelakakan diri sendiri, buat malu keluarga, dosa, dipenjara pulaπŸ˜–. Lengkap banget nggak bonusnya kalau pakai narkoba? 

Dampak negatif bagi kesehatan tubuh. 

Ada yang memakai narkoba dengan alasan biar nggak gampang ngantuk, capek, bahkan supaya produktivitas dan kreativitas meningkat. 

Memang nggak ada efek samping untuk kesehatan? Adalaaah!!! πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯πŸ₯

Mau yang mana? Gangguan jantung, otak, tulang, kulit, pembuluh darah, pencernaan, syaraf??? 

Belum lagi ada kemungkinan kena penyakit menular macam HIV AIDS, hepatitis, TBC, herpes, dsb akibat penggunaan alat secara bergantian.

Yang paling parah dampaknya bagi kesehatan adalah menyebabkan kematian. Sudah sering kan dengar berita ada yang meninggal karena kecanduan dan over dosis obat terlarang?

Dampak bagi kejiwaan. 

Nggak cuma fisik lho yang diserang narkoba, kesehatan mental juga. Bisa bikin depresi, gangguan jiwa berat, melakukan tindak kejahatan, sampai tindakan bunuh diri! πŸ˜¨πŸ˜¨πŸ˜¨

Gambar: pixabay.com

Masih berpikir narkoba bisa jadi jalan keluar permasalahan hidup atau bikin keren? Mari berpikir berulangkali dululah ya sebelum nekat mencoba narkoba. 

Sumber: 

https://muslim.or.id/9077-narkoba-dalam-pandangan-islam.html

http://www.bnn.go.id/read/artikel/11867/dampak-langsung-dan-tidak-langsung-penyalahgunaan-narkoba

https://m.detik.com/news/berita/d-3457198/bnn-gaya-hidup-jadi-salah-satu-faktor-artis-pakai-narkoba

5 comments:

  1. Kaget banget pas lihat berita anak mantunya elvi hamil 6 bln..huhu. antara kasihan,sedih lihatnya dan rada gemes..
    semoga kita dijauhkan dari hal2 yang negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya Mba. Yang makai bumil pula. Kasian banget bayinya :( Yang aku baca, Indonesia terus2an jadi sasaran empuk memang karena harga bagus, permintaan tinggi, hukum kurang tegas.

      Delete
  2. Ampun deh, ini emang yah kasus narkoba dari dulu gak kelar2 dan para artis tercyduck melulu nih...

    Bener2 tugas berat kita buat jagain anak2 jangan sampe tergiur yah....
    *kekepin anak2 sekenceng2nya*

    ReplyDelete
  3. Miris kalaau ada berita seseorang yang dulu baik-baik saja jadi terjebak ke narkoba. Semoga kita dijauhkan dari hal buruk ini. Dan makin banyak yang sadar akan bahaya yang mengancam jika kekeuh menggunakan..:(

    ReplyDelete
  4. Sekali udh kecanduan, walopun kemudian di rehab dan bersih, ttp aja msh berpengaruh ke daya pikirnya. Jd lambat mba . Sepupuku begitu. Sempet lama kecanduan, skr udh bersih, tp kalo diajak bicara kayak ngawang dan mikir lama dulu.. :(

    ReplyDelete

Silakan berkomentar yang sopan, tapi jangan beri link hidup di postingan ya. Terima kasih sudah berkunjung :)


Hubungi lewat: itshenipuspita@gmail.com
Jangan lupa follow IG @henipuspita29 @letsplayandlearn
Twitter @henipuspita29